Perjuangan Orang Gaptek


Ngajarin teknologi ke emak-emak butuh seni. Inget jaman pertama-tama baru ada HP, para emak tuh susah banget diajarin SMS. Bisa nelfon sendiri aja udah untung, coz temen nyokap gw ada lho yang cuman buat nelfon aja mesti dipencetin sama suaminya (suami si tante itu lho, bukan suami nyokap gw..). Bu De gw lain lagi, dia kalo nerima SMS, mau ngbukanya mesti nungguin anaknya yang ngbukain. Giliran udah bisa nulis SMS sendiri, SMS pertamanya yang dos-q tulis adalah, “Intan goblok.” (maksudnya, si Intan yang di sinetronnya Meriem Bellina itu goblok)

Nyokap gw, tipe ibu-ibu gaptek yang doyan SMS, segera menyadari ngga mungkin ngontrol gw tiap hari cuma pake SMS yang cuma muat 160 karakter. Maka si Mama berusaha ngjangkau gw dengan komunikasi favorit gw, yakni e-mail. Tapi repotnya, nyokap gw kan ngga punya e-mail? Ada juga bokap gw yang punya e-mail, itu juga cuma dipake buat menggalang temen-temen arisan hajinya buat mancing bareng.

Tapi coz nyokap gw ngeyel mau ngomong ama gw, nyokap gw belajar e-mail juga biarpun mesti nebeng punya bokap gw.

Makanya tersebutlah hari ini gw nerima e-mail dengan sender-nya nama bokap gw, tapi subject-nya ngga biasa: Ayam.

Setelah gw buka, ternyata isinya begini,
“Ini mama sdg belajar ngetik ntk ngemail mbak… Sebaiknya memasak ayam diptg kecil2 sj la youw..”
Dan selama berbaris-baris berikutnya nyokap gw menjabarkan instruksi lengkap tentang cara masak ayam tim, dengan metode a la rumah. Lalu e-mail ditutup dengan begini, “Sudah, lain kali disambung lagi. Nant ada jilid 2.. Okey..”

Ngga ada salam pembuka, ngga ada salam penutup. Gw melongo melihat kemajuan pesat nyokap gw. Nyokap gw yang dulu cuman nyalain komputer buat main game dan ngga tau apa bedanya Microsoft Word dengan Excel, sekarang nulis e-mail ke gw dan ngoceh soal cara masak ayam.

Kita semua berkembang.
Dulu kakak gw meneteskan air mata waktu gigi seri anaknya copot. Itu artinya anaknya udah gede.
Sekarang gw terharu baca e-mail dari nyokap gw. Mama ngga gaptek lagi..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *