Pulang pisau, Bukan Pulau Pisang!


Beneran, namanya Pulang Pisau. Dalam 24 jam terakhir udah ada 4 orang di e-mail yang nuduh gw salah ketik.

Tulis seorang temen gw, “Vic, moga-moga lu betah kerja di Pulau Pisang sana. Jauh banget ya, pake mesti nyebrang pulau segala. Kalo pulang nanti, jangan lupa bawain gw pisang yang banyak..!”

Padahal gw udah berulang kali nulis tentang Pulang Pisau, masih banyak yang ngira gw dislexia alias salah baca dan salah nulis. Masalah gw bahkan udah dimulai waktu gw masih kelas 6 SD dan gw disuruh bikin kartu pelajar.

Gw bingung buat apa syi SD bikin kartu pelajar? Menuh-menuhin dompet aja! Apa kartunya buat dipamerin supaya dapet ijin masuk bar? Kayaknya ngga mungkin deh.

Makanya gw ngisi formulir yang dikasih Bu Guru dan gw balikin. Petugas SD gw, seorang guru yang merangkap juru ketik, dengan PD-nya ngetik di kartu pelajar gw, “Vicky Laurentina, tempat/tanggal lahir Pulaupisang, 28 Mei 1982.”

Ya jelas gw balikin. Gw bilang, “Bu Guru, yang benar Pulangpisau, bukan Pulaupisang.”

Si guru natap gw seolah gw alien. “Pulangpisau teh di mana? Deukeut Padang?”

Gurauan sotoy yang ngga lucu. “Di Kalimantan Tengah.”

Spontan seisi ruang guru ketawa semua. Ngga jelas ngtawain apa. Si guru juru ketik bukannya nyari kartu pelajar yang baru, tapi malah ngbubuhin tip-ex dan nimpa dengan kata Pulangpisau.

Bagus, kartu pelajar gw ada tip-exnya.

Gw males jadi bahan ketawaan guru SD yang ngga tau apa-apa, jadi semenjak itu saban kali gw disuruh bikin kartu apapun, gw selalu nulis tempat lahir gw Kalimantan Tengah.

Sekarang gw kerja di sini dan gw harus nulis tempat kerja gw dengan detail. Gitu ternyata banyak instansi pemerintah yang masih salah nulis tempat gw. Sering kami dapet surat bertuliskan, “Kepada yth. Kantor Kesehatan Pelabuhan Pulau Pisang”

Gw pernah nulis e-mail ke temen gw di Kuala Lumpur buat cerita tentang rumah baru gw. Lalu dia jawab, “I’ve opened up my atlas and I can’t find out where Pulau Pisau is.”

Temen gw di Cianjur nulis bahwa gw tinggal di tempat yang aneh. Kenapa namanya Pulang Pisau sih? Mungkin di sini, kalo ngga pulang-pulang bisa-bisa kita dipisau..

Gw bilang jangan ngejek. Bisa-bisa dikutuk orang Dayak primitif.
“Ah,” kata temen gw itu. “Paling-paling ntar dikutuk jadi tukau pisau..”

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

  1. senang berkenalan. aku juga orang pulang pisau. aku juga pertama kali pindah kesini suka keliru sama pulang pisau..namanya juga baru….moga aja pulang pisau bisa ganti nama jadi "pulau pusau" hehehe

  2. Senna says:

    HEHEHEHEEEE

    mbak vicky, udah selesai ngebedah semua isi blog nya nih,,, dan pas lagi suntuk2nya belajar buat tes praktikum besok, pulangpiasu jadi lucu bangget… hehehe

    kalo kata kaskus.us “manstap GAN!!!!”

    oke gw salah ketik, pulau pisang ya harusnya….

    peace

    -senna-
    eksis di comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *