Gantungkan Bawang Setinggi Langit


Gw ditegor sama ibu kost coz gw ngejemur baju malam-malam di luar.

Udah 2 bulan gw di Kalimantan sini dan gw masih jet lag juga. Gw belum bisa nerima kenyataan bahwa di sini matahari terbit jam setengah limaan, padahal jam segitu gw masih enak-enak tidur. Bahkan di Bandung pun langit baru putih jam setengah enaman. Ayam aja belum bangun, masak gw mau nglangkahin ayam? Ntar gw ngga enak sama ayamnya dong..

Jadi gw masang ritme hidup dengan nyuci baju sore-sore, lalu gw gantung aja baju-baju gw di teras semalaman. Gw pikir itu baju lama-lama kering juga kena angin malam nan romantis.

E-eh, terus ibu dan bapak kost gw kasih peringatan, “Di Kalimantan, anak perempuan jangan gantung baju di luar malam-malam. Kalo mau ngjemur, di dalam aja.”

Ngga ada alasannya. Kenapa ngga boleh buat anak perempuan? Kenapa ngga boleh gantung baju? Ibu kost gw ngga mau kasih tau.

Gw tadinya mau nanya. Kalo gw udah kawin, boleh ngga gw jemur baju di luar? Kalo gw ngga ngjemur baju, tapi ngjemur kain pel, boleh ngga?

Akhirnya gw mencoba bikin diagnosa banding alasan ibu kost gw melarang gw ngjemur di teras:
1. Jemuran gw nghalangin si ibu menikmati indahnya panorama kebun yang gelap gulita.
2. Ada maling jemuran berkeliaran di Pulang Pisau dan biasa beroperasi di malam hari.
3. Mungkinkah si ibu takut ada roh halus yang seneng nyuri jemuran baju anak cewek?

Alasan ketiga inilah yang justru bikin gw waswas. Kenapa senengnya baju anak perempuan, bukan baju ibu-ibu? Kenapa senengnya nyolong baju, bukan kain pel?

Katanya sih, jin terbang tuh bisa dihalangin masuk rumah kalo di pintu digantungin bawang putih. Kira-kira mungkin resepnya sama buat ngelindungin jemuran.

Masak gw mesti ngegantung bawang putih di jemuran pakaian gw?!

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *