Dampak Negatif Internet, Korban MySpace Gantung Diri


Mana gw tau kalo bohong di internet bisa berakhir di bui?Gw baru baca BBC hari ini nih, di Amrik sono, seorang anak cewek 13 tahun gantung diri, coz depresi berat diputusin pacarnya. (Hm, kok niru-niru kelakuan ABG Indonesia ya?) Yang unik, dia ngga pernah ketemu anak cowok ini, coz mereka cuman ngobrol via MySpace. Duh, kalo ada satu kali lagi gw denger ada ABG pacaran cuman via situs pertemanan dan ngga pernah kopi darat, gw mau tulis surat ke Mendiknas supaya nglarang pelajar ikutan Friendster.
Lanjut!

Yang tidak pernah diketahui oleh sang korban gantung diri adalah, “cowok” yang “jadian” sama dia di internet itu sebenarnya adalah tante-tante berumur 40-an asal Missouri yang iseng-iseng masuk MySpace dengan identitas palsu.

Nah, cukup familiarkah bagimu sekarang?

Si tante ini akhirnya ditangkap dan divonis 3 tahun penjara. Harga yang harus dibayar mahal cuman gara-gara iseng malsuin data di internet. Memang repot dampak negatif internet ini, kita bisa ngaku jadi siapa saja dan menipu orang.

Di Indonesia, kasus kayak gini banyak. Tapi ngga ada orang yang dituntut lantaran ngaku-ngaku cewek seksi di MIRC. Gw sendiri malah lebih curiga bahwa para perek yang beredar di internet itu sebenarnya pria, kerja sebagai eksekutif perusahaan perminyakan, yang lagi iseng cari penghasilan tambahan.

Tapi kalo ada ABG Indonesia gantung diri gara-gara diputusin pacar internetnya, pasti yang disalahin adalah para warnet yang langsung disuruh tutup aja.

Sekedar meluruskan prasangka yang bukan-bukan (dan emang bukan!) mengenai gw oleh para teman gw di situs pertemanan; gw Vicky, ini nama asli gw. Gw cewek, dan foto yang dipampang di profile gw itu asli tampang gw, bukan foto yang dicomot dari kalendernya FHM. Gw orang Indonesia, bukan warga negara Belanda yang lagi iseng cari pria buat dijual di Red Line. Percaya dong ya..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *