SMS Bocor


Setelah kemaren gw nulis gimana MySpace bisa bikin orang gantung diri, kali ini gw paparin “manfaat” lain dari suatu situs pertemanan.

Pagi ini gw dibangunin sebuah mail alert dari WAYN, situs pertemanan spesialistik untuk backpacker tempat gw selama ini jadi anggota. Nah, gw dapet surat dari seseorang di Jeddah yang nampaknya telah nemuin gw secara acak. Isi surat itu begini,

“Can you translate this for me?

Mak yen mmk ono pjs mngko ngebelo mergo owf4 ora glm sklh. jebul mgg wingi wis mbolos pindo. takoni jwbe wis ora mampu mkr. sing knggo sangu smngg ssk mau bar maghrib tak srhke binti satus ewu. nanging jarene sesuk ora jaluk sangu mrg ora arep sklh perlu mmk ngert wis sbl sbl iki sangune sklk tak wnh smngg2 tak pasrahke bnt. sbn dino sing ngedumi bnt”

Perlu waktu lama buat gw untuk paham bahwa pesan ini ditulis oleh orang Arab yang ngga ngerti bahasa Jawa. Tapi ngga butuh waktu lama buat paham bahwa surat berbahasa Jawa itu ditulis untuk TKI.

Lantaran gw Jawa murtad*, gw konsulin surat nyasar itu ke kakak gw yang lebih Jawa ketimbang gw. Dos-q membenarkan kecurigaan gw bahwa surat itu nampaknya ditulis oleh seseorang yang biasa nerima kiriman duit dari orang yang (mestinya) nerima surat itu, bahwa duit itu telah dipake secara prihatin oleh keluarganya, dan anak yang dinafkahin pake duit itu saat ini sering bolos sekolah. Dan ngliat kata-katanya yang disingkat-singkat, nampaknya surat ini dikirim pake HP alias SMS.

Gw penasaran, ngapain si orang Jeddah ngbuka-buka HP si TKI? Apa dia takut si TKI punya pria simpanan? Atau mungkin dia udah bilang sama si TKI, “Ana pinjem Nokia ente ya, ana mau liat-liat SMS ente..”

Pintar juga orang Arab nih. Ngga ngerti bahasa asli stafnya (baca: pembantu rumah tangganya), dia cari orang yang bisa nerjemah gratis. Dan nyarinya di situs pertemanan!

*Jawa murtad adalah sebutan buat orang berdarah Jawa yang ngga ngomong bahasa Jawa menurut adat Jawa yang dianggap sah
**Gw ngga biasa ngomong bahasa Jawa coz gw ngga dapet nilai bagus untuk pelajaran bahasa Jawa di SD dulu
***Gw ngga dapet nilai bagus untuk bahasa Jawa coz SD gw di Bandung emang ngga ngajarin bahasa Jawa!

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *