Life Begins at 4


Bukan, judul di atas bukan kurang angka. Menurut gw, hidup bukan dimulai pada usia 40, tapi dimulai pada pukul 4 pagi.

Begitu Pemda Jakarta majuin jam sekolah jadi jam 6.30; keputusan yang bikin para murid, guru, dan bonyok, serentak melenguh seperti sapi; gw cuman bisa bikin tanda spiral pake tangan: kaciaaan deh.. lu.

Pelajar Jakarta ngeluh. Sekolah mulai jam 6.30, artinya mereka harus bangun lebih pagi. Berangkat jam 4.30 aja rasanya sudah susah (coz ngga enak sama ayam tetangga yang bahkan belum bangun), apalagi harus berangkat jam 4. Apa mau papasan sama maling yang ngegondol kentongan siskamling?

Maka kita-kita yang ngga hidup di Jakarta, bisa dengan seenaknya bilang, salah sendiri, kenapa mau sekolah di tempat yang jauh dari rumah? Udah tau rumah di Ciputat, kenapa malah pilih sekolah di Rawamangun?
Pertanyaan bodoh yang malah dibalas jawaban tolol, lha situ sendiri tinggal di sana tapi kok kuliah di kota lain? Rumahnya di Ponorogo tapi kuliah di Bandung? Memangnya di Jawa Timur sana ngga ada perguruan tinggi ya?

Maka kita semua akan bilang bahwa kita harus berangkat lebih pagi daripada jam ayam bangun coz ngga mau kemacetan. Marilah kita amati bareng-bareng sekarang, apakah dengan majuin jam sekolah, maka pagi Jakarta ngga akan dihias macet lagi? Ngga ada yang berani jamin. Jika ternyata lalu-lintas Jakarta tetap semrawut, akankah jam sekolah adek-adek dimundurin jadi jam 7 lagi? Gw jadi pesimis.

Gw sama sekali ngga tau solusi apa lagi yang bisa dipake buat kemacetan Jakarta. Gubernur udah pasang busway, tapi busway itu ngga bisa menjangkau seluruh Jakarta, buktinya rumah grandma gw aja ngga pernah dilewatin busway. Nyuruh angkot supaya jangan ngetem seenak udelnya? Hm, coba kasih makan dulu aja para petugas Tramtib yang perutnya buncit-buncit itu supaya mereka ngga kongkalikong sama supir angkot. Naikin pajak kendaraan? Amit-amit, mau nyuruh orang-orang berhenti punya mobil dan naik otopet aja?

Tapi gw bisa bantu satu hal: Kalo memang aslinya ngga tinggal di Jakarta, jangan pindah ke sana. Kecuali.. kalo kamu sudi berangkat dari rumah jam 4 tiap hari dan papasan sama maling di jalan.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *