Email Baru = Dewasa?


Seorang temen lama ngirim pesan ke gw dan gw sambut dengan ngambek. Soalnya sepanjang dua tahun terakhir, email-email gw ngga pernah dia bales. Ternyata, dia ngga bales coz dia emang ngga pernah baca. Dan penyebabnya, coz dia emang ngga pernah buka alamat email itu. Pasalnya, dia udah punya alamat email yang anyar, dan baru sekarang dia sempat menghubungi gw lagi.

Dia sengaja bikin alamat email baru, coz alamat emailnya yang lama rada-rada ngga mencerminkan dirinya. Lagian, katanya sih, alamat yang baru nih tanda kedewasaannya. Kalo gw pikir-pikir, ya siapa juga yang ngerti itu alamat dia kalo emailnya: lucibelle_cute@yahoo.com. Bandingin dengan alamat emailnya yang baru: teresa_sitompul@yahoo.com
(ini bukan alamat sebenarnya, cuman ditulis buat ilustrasi, jadi jangan repot-repot ngirimin spam!)

Bisa diliat kan, mana alamat yang kedengeran lebih profesional, dan mana yang kedengeran mirip ABG labil? Coba bayangin dirimu seorang direktur perusahaan multinasional yang mau merekrut eksekutif gres, apa kamu mau memprioritaskan seseorang dengan alamat email hot_blue81@gmail.com?

Kedengerannya alamat email itu sepele, tapi konsekuensinya panjang kalo udah disebarin kepada para calon klien potensial. Alamat email yang tepat akan menimbulkan efek wibawa, sedangkan alamat email yang kedengeran kekanak-kanakan akan bikin pemiliknya terkesan..amatiran.

Bayangin kalo kamu terlibat dialog kayak gini:
“Kami mau mengadakan konferensi 2 bulan lagi. Ke mana kami kirim undangannya, Pak Dedi?”
“Oh kirim saja ke email saya, masteng kece et yahu dot com.”
“Maksudnya, mustang_kc@yahoo.com? Bapak penggemar sepeda mustang ya?”
“Oh bukan, ngejanya, mas_teng_kece@yahoo.com. Singkatan dari Mas Ganteng and Kece. Hehehe..”

Jangan sembarangan bikin alamat email!
1. Hindari penggunaan kata-kata ‘ganteng’, ‘cute’, ‘charming’, dan berbagai variasinya. Kecuali kalo kamu ngga cakep-cakep amat sampai perlu statement segala di alamat email kamu.
2. Ngga penting bawa-bawa nama selebriti di belakang nama kamu. Angelina Jolie aja ngga pernah make nama Pitt di belakang namanya, kenapa kamu harus pasang email dengan alamat budi_pitt@hotmail.com hanya buat bikin kamu kedengeran (agak) mirip Brad Pitt?
3. Email itu abadi, jangan pake brand musiman. Cuman gara-gara sekarang lagi tren menyelam, lantas kamu bikin email dengan nama dive.girl@gmail.com. Gimana kalo nanti kamu kena musibah stroke dan ngga bisa nyelam lagi? Apa perlu kamu bikin email dengan nama stroke.girl@gmail.com?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *