Cincin Itu Bukan Milik Gw


Gw salah pilih tempat PTT! Harusnya gw minta ditugasin di Lampung aja, bukan di Kalimantan Tengah, supaya gw bisa motret gerhana matahari cincin dengan lancar jaya.

Kemarin, Senin, 26 Januari 2008. Gw baca di koran hari itu mau ada gerhana matahari, tapi katanya cuman jelas di Anyer dan Lampung. Gw yang lagi nongkrong di Palangka udah pasrah aja, pasti ngga bisa liat deh. Seumur-umur gw ngga pernah liat gerhana, padahal gw selalu melakukan persiapan segala rupa begitu gw dengar gosip mau ada gerhana.

Nah, kira-kira jam 4-an sore, gw dalam mobil travel, perjalanan Palangka menuju Pulang Pisau, gw lagi chatting sama kolega-kolega gw Dini dan Christo. Lalu tau-tau Dini ngomongin gerhana sore itu. Katanya sih, keliatan di Kalimantan bagian tengah. Gw udah ngga peduli, gw kan di sisi kiri supir, mobil berjalan ke arah timur, ngapain juga mbalik badan buat liatin matahari.

Tapi gw mendadak tersadar bahwa kami masih di Kereng Bengkerei, dan mobil sedang bergulir ke selatan. Spontan gw noleh ke supir, dan..itu dia! Matahari bersinar, dan su-er..ada cincin menyala di sekelilingnya! Cincin yang indah sekali..

Gw buru-buru snapshoot, tapi hasil di display cuman figur bulat terang, dan gambaran cincin ngga keliatan sama sekali. Gw kecewa, dan segera jepret lagi, mumpung mobil kita masih menghadap selatan. Tapi lagi..kamera gw ngga cukup tajam buat ngejepret cincin itu.

Huu.. Sayang ya? Seumur hidup gw cuman tau gerhana matahari cincin dari buku doang, tanpa tau yang sebenarnya, dan kini gerhana itu terjadi tepat di depan gw, dan gw ngga bisa ngabadiin momen langka itu.

Mungkin kalo gw emang mau niat motret gerhana, gw akan tetap tinggal di teras rumah host gw di Palangka, bukannya di mobil travel ini. Tapi gw mengabaikan kemungkinan gerhana nampak jelas di Palangka, hanya coz secuil kalimat di koran bahwa gerhananya cuman jelas di Anyer dan Lampung.

Seringkali kita begitu menginginkan sesuatu, tapi kita ngga mau berjuang meraihnya hanya karena melihat peluang memperolehnya itu terlalu kecil. Akibatnya ketika yang kita inginkan itu betul-betul jatuh ke tangan kita, kita ngga siap menerimanya. Dan pergilah yang kita inginkan itu begitu saja, padahal kita nyaris memilikinya.

Kapan, pemandangan gerhana matahari cincin itu jadi milik gw lagi?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

  1. teeka says:

    Kata tv sepuluh tahun sekali lewat ke indonesia. Kt temen2 kantor 10 taun lalu, waktu kita SMA juga pernah ada? Maaf kabar kabur, coba googling aja deh..

  2. Iwan says:

    yakin dh u bakalan dpet lg tu moment, kalao gak salah gerhana matahari cincin tu setaon sekali kn (tlg diklarifikasi lg). Beda ma yg total, butuh puluhan taon (umur 50 th ke atas, kayaknya bakal ada lagi yg total)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *