Ciuman Berbuntut Penjara

Bagaimana sebuah ciuman bisa menyeret pelakunya ke bui? Inilah yang terjadi di Delhi.

Sepasang suami-istri muda di terpaksa ditangkap polisi gara-gara mereka ciuman di dekat palang stasiun kereta. Menurut Berita Acara Pelaksanaan yang dibikin bapak-bapak polisi di India itu, perbuatan mereka itu dianggap mengganggu lantaran menunjukkan pencabulan dan “bikin orang lain yang lewat jadi merasa gimanaa.. gitu”.

Bahkan jaksa yang ditugasin untuk nuntut pun kelimpungan. Di mana coba segi pidananya tindakan berciuman di depan umum? Apakah mau dituntut dengan pasal “karet”, yaitu pasal “perbuatan yang tidak menyenangkan”? Siapa coba yang berani bilang berciuman itu tidak menyenangkan, justru ciuman itu asyik banget, weitjee..

Hakimnya juga terheran-heran lantaran kasus ini dianggap ngga cukup valid untuk dibilang menunjukkan pencabulan. Tau ngga, tindakan cabul di India bisa bikin pelakunya harus masuk bui, dengan hukuman paling lama tiga bulan. Hah, tiga bulan dipenjara cuman gara-gara ciuman? Dipenjaranya boleh satu sel sama partner ciumannya, ngga?

Dan menurut hakimnya, aneh kalo suami-istri berciuman di pinggir palang stasiun kereta itu dituduh cabul dan tindakannya dianggap gangguin orang lain. Tindakan itu baru disebut pidana kalo:
1. Cabul, misalnya bagian badan yang dicium itu onderdil-onderdil kita yang memang ngga boleh jadi konsumsi publik (seperti apa onderdil-onderdil itu, misalnya? Ya pikir sendirilah, masa’ mesti gw tulis di sini sih?). Atau..
2. Mengganggu ketertiban umum, misalnya mereka ciuman di tengah jalan, jadi ngehalangin orang yang lewat. Aneh, padahal di India, sapi ciuman sampai ngehalangin jalan aja ngga ada yang protes lho.

Tapi pasangan suami-istri yang didakwa cabul ini malah sibuk menyangkal tuduhan. Pada polisi mereka bilang, mereka ngga ciuman, tapi mereka lagi deketin muka soalnya.. mereka lagi foto-foto pake kamera HP. (Alamak..dasar narsis!)

Saat negara kita masih berisik memperdebatkan pornografi dan pornoaksi, di India ternyata ciuman di depan umum aja masih dianggap tabu. Inget kan, dua tahun lalu, Richard Gere dicekal gara-gara nyium Shilpa Setty dalam acara amal AIDS. Memangnya Gere nyium apanya Setty sih kok sampai India ribut? Cuman muka dan tangannya doang.

Lha mestinya yang dicium apanya dong? Masa’ udelnya?

Yang repot lagi, India pernah mendenda sepasang asal Israel gara-gara berciuman penuh hasrat setelah mereka dinyatakan sebagai suami-istri dalam sebuah acara pemberkatan pernikahan a la Hindu. Mungkin pendetanya udah lama ngga pernah ngerasain cium, jadinya langsung BT begitu turis-turis yang diberkatinya ini ciuman. Berapa hukuman dendanya? $22.

Membuat gw sadar, dari semua pilihan tempat eksotis untuk menikah di dunia ini, gw ngga akan mau menikah di India.

Kasihan polisi yang nangkep suami-istri di stasiun kereta itu. Apa alasannya dia nangkap mereka? Kemungkinannya:
1. Mungkin polisinya sirik lantaran udah lama nggak pernah dicium istrinya sendiri.
2. Mungkin sang terdakwa wanita pernah ditaksir sama Pak Polisi, tapi si cewek nolak, jadi Pak Polisi bertindak.
3. Atau mungkin lebih parah lagi, Pak Polisi pernah naksir juga sama sang terdakwa pria.

Akh!

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *