Pencet-pencet Pembawa Petaka


Tau penyakit klasik para blogger? Udah capek-capek ngetik postingan, eh..alih-alih pencet PUBLISH, tapi malah kepencet DELETE. Akibatnya, draft yang udah siap posting raib semua, hahaha..!

Seorang blogger dua hari lalu ketiban sial. Foto udah dipasang, draft udah diketik, nggak taunya sang blogger dengan ngelindur malah pencet DELETE. Begitu postingan dipublikasi, alhasil.. postingannya cuman ada foto doang, tapi nggak ada isinya. Haiya..!:'(

Internet emang nyebelin. Kita cuman salah mencet aja, akibatnya bisa fatal. Masih untung postingannya yang ini ada fotonya. Lha pernah ada kasus seorang blogger belum nulis draft, belum pasang gambar, tau-tau malah pencet SEND. Alhasil postingannya ya nggak ada isinya blass.. Dan sialnya kebetulan blog itu udah punya feed yang disambung ke HP banyak orang. Akibatnya, tanpa ampun postingan itu terkirim sebagai feed ke orang banyak, dan begitu mereka buka feed-nya, lho..kok isinya kosong ya?

*tapi tulisan gw kehapus semua gara-gara nggak sengaja pencet DELETE..:@Padahal gw udah ngetik capek-capek dari tadi!*

BT banget, kan? Mau ngetik ulang lagi, kayaknya ogah. Lha seninya ngetik blog itu adalah omongan kita yang spontan tanpa perencanaan. Seolah-olah kalo itu ditulis ulang, mungkin rasanya malah jadi garing, coz sensasi yang timbul pas nulisnya nggak sebagus tulisan pertama. Dan biasanya, kecelakaan ini terjadi akibat hal-hal di luar dugaan, misalnya ya itu, icon DELETE kepencet. Atau kalo lagi enak-enak ngetik, tau-tau mati lampu, dan kompie-nya ya ikutan mati. Draft belum disimpan, dan ilang semua deh.

Kalo dipikir-pikir, kecelakaan itu mungkin “peringatan alam” coz ada yang nggak beres sama blogging kita. Misalnya:
1. Kita keasikan ngetik, ampe lupa mandi, lupa ngasih makan si Meong, lupa matiin kompor, lupa ikutan rapat warga di Kelurahan..
2. Postingan kita potensial mengandung isi yang bisa nyenggol orang lain. Misalnya lantaran isi posting kita ngolok-olok sasakan rambutnya Bu Lurah.
3. Kita make kompie-nya kelamaan. Coz yang kita pake itu kompie-nya kantor, dan ada orang lain mau pake buat numpang buka Friendster (hohoho..ini sering terjadi di tempat gw)

Makanya, jangan segan-segan sama teknologi bernama SAVE. Ngetik baru satu alinea, langsung simpan. Baru lanjut bikin alinea berikutnya lagi. Nanti simpan lagi. Gitu terus. Dan jangan sekali-kali ngetik postingan blog langsung di halaman WRITE POST. Gunakan teknologi COPY PASTE dari naskah asli yang udah kita bikin di Word. Itu sebabnya kita mesti selalu punya draft aslinya sebelum publish. Jadi kalo ampe ada kecelakaan salah mencet ikon, nggak perlu nangis gara-gara draft yang udah capek-capek diketik pada raib semua.

*Gimana dengan para blogger yang ngga bisa ngetik 10 jari, tapi cuma bermodalkan dua jari jempol alias bloggingnya cuman di HP? Ya sama aja. Bikin dulu konsep draftnya di e-mail, lalu simpan. Copy seluruh draft. Nanti kalo udah buka Dashboard blog dan siap bikin postingan baru, tinggal tekan PASTE. Aman kan?

Sudah..sudah..jangan misuh-misuh lagi. Hayo..draft blog kamu yang udah diketik dari satu jam tadi itu udah disimpen, belon?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

10 comments

  1. gajah_pesing says:

    salam kenal…
    kalo saia setuju ama hedi, ketik dulu di notepad lalu pindah ke blog..
    untuk acara ziarah wali blogger, semua boleh ikut asal BDD (Bayar Dewe Dewe), tunggu kabar berikutnya dan senantiasa selalu kabar selanjutnya…

  2. Nulis di Notepad memang alternatif yang bagus. Tapi kelemahannya, Notepad ngga bisa ngatur warna font dan stok gaya font-nya ngga begitu banyak. Padahal blog saya di Friendster selalu ganti warna dan ganti gaya font di tiap posting-nya. Seneng aja liat tulisan warna-warni..

    Postingan hari ini emang saya bikin setelah baca blognya Arai. Jadi buat Arai, makasih banyak ya..:)

  3. nugie says:

    salah mencet seh wajar, apalagi dah kelamaan di depan kompi 🙂 yah lumayan dongkol juga seh klo udah ngetik blog trus lupa nggk ke save.

    pernah ngalamin kaya gitu jg. untung autosave slalu aq nyalain jd rada2 aman hehehe… nggk kebayang klo kerjaan kantor lupa ke save 😛

  4. Gw nggak sadar kalo gw minggu lalu gw ngepost-in “Souvenir Pembawa Petaka”. Minggu ini gw ngeposin blog dengan judul yang sama pula. Kayaknya “petaka” lagi jadi kata favorit gw akhir-akhir ini. Ada apa dengan petaka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *