Nyusu Nyok!


Anda suka minum susu?
“Suka dong. Saya minum dua!”
Lho, itu susu apa yogurt?
“Eh..serius. Tiap hari saya minum dua kali. Kalo malam minggu malah bisa sampai berkali-kali..”
Wah, anggaran rumah tangga Anda pasti besar sampai minum susu harus berkali-kali.
“Ah..susunya nggak bayar kok. Di mana-mana ASI kan gratis..”
*timpuk!*

Gw pernah cerita ke perawat gw bahwa gw bingung cari susu, lantaran di tiap toko yang gw datengin, stok susunya lagi abis. Dasar, perawatnya malah ngetawain, “Ih..sudah gede kok masih minum susu?”

Gw langsung menatapnya dengan penuh rasa kasihan. Ini dulu sekolah keperawatannya di mana sih kok nggak pernah diajarin nutrisi susu?

Tapi gw kemudian sadar bahwa alasan terbesar kenapa orang dewasa nggak minum susu, lantaran ngira bahwa susu itu cuman minuman buat anak-anak. Di TK dan SD banyak gerakan minum susu, tapi frekuensinya mengecil di SMP. Padahal susu adalah investasi jangka panjang supaya kalo kita udah uzur nanti, badan kita nggak bongkok.

Kakek-nenek bongkok bukan karena mereka udah tua. Mereka bongkok karena tulangnya keropos. Dalam bahasa medis, itu namanya osteoporosis. Sebagian besar penderita osteoporosis adalah perempuan. Tapi banyak juga laki-laki yang udah kena.

Tulang mulai keropos di usia tua lantaran pada umur segitu, cadangan kalsium menipis. Biasanya tulang yang keropos kebanyakan adalah tulang punggung. Kalo tulang punggung udah nggak solid lagi, punggung nggak bisa tegak dan jadinya bongkok.

Yang mengerikan, pengeroposan tulang bisa terjadi di dada. Ini yang fatal coz serpihan tulangnya bisa nusuk-nusuk isinya dada. Padahal kan kita tau, di dada ada jantung? Kalo jantungnya ketusuk serpihan tulang, gimana?

Nah, makanya supaya tulang nggak sampai keropos hingga bikin bongkok, kita sebaiknya nabung kalsium semenjak masih muda. Caranya gampang, minum susu aja tiap hari. Susu khusus kalsium lebih baik. Tapi kalo mau susu yang biasa supaya lebih murah, juga nggak pa-pa. Pada dasarnya, susu yang diminum tiap hari itu mengandung kalsium yang cukup buat cadangan seumur hidup.

Beberapa mitos menyesatkan yang bikin orang nggak minum susu:
SUSU BIKIN GENDUT.
Salah. Susu nggak bikin gendut. Kalo Anda minum susu tapi rajin bergerak, nggak cuman duduk aja mantengin blog gw ini, dijamin Anda nggak akan gendut.
Lagian kan sekarang banyak susu yang rendah lemak?

SUSU BIKIN ENEG
Mungkin Anda nggak tahan lemaknya. Campurin aja sama gula yang banyak. Eneg itu masalah psikis. Mungkin waktu kecil Anda disuruh nyokap minum susu dalam paksaan.

SUSU MAHAL
Omong kosong. Sakit tulang keropos jauh lebih mahal lagi. Tarif obatnya mahal, nggak bantu tulang tumbuh lagi, dan Anda tetap aja nggak bisa nari tango.

MINUM SUSU MASIH KALAH SEGAR KETIMBANG MINUM KOPI ATAU TEH.
Ya ampun, susah amat sih, campurin aja susunya. Susu campur kopi jadinya cappucino, banyak diminum a la Italia. Di Korea malah banyak gerai teh susu campur ager-ager. Diekspor ke Indonesia, booming dengan nama bubble milk tea.

Jadi, sudahkah Anda minum susu tiap hari? Susu beneran lho, bukan ASI istri Anda. Kalo pasangan Anda memang setia, dia bukan mencintai Anda selamanya bahkan sampai Anda bongkok. Tapi yang bener, dia mencintai Anda dan berusaha supaya Anda nggak bongkok.

Nyusu nyok..!

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

25 comments

  1. Hm..aku nggak berkorban apa-apa kok. Ini kan untuk menolong orang lain, dan buat cari berkah Tuhan. Aku malah mikir di sini aku jadi kaya akan wawasan..Jadi aku beruntung sekali.

    Komen sampah yang mana?! Aku nggak pernah buang-buang komentar yang masuk ke blog aku. Aku cuman buang komentar yang kayak gini:
    1. Nggak mau nulis namanya.
    Mau sebagus apapun komentarnya, kalo nggak mau ninggalin identitas, kutendang tanpa ampun.
    2. Komen nggak nulis apapun kecuali promosi link-nya sendiri.
    Hey, siapa yang berani ngiklan di tempatku tanpa apresiasi tulisanku, aku tarikin pajak!

  2. IjoPunkJUtee says:

    AWARD sebagai penghargaan, khusus untuk award dariku, karena dari blog ini, ku dapet inspirasi….a/l :
    1. komen sampah mending gak dibuang sembarangan
    2. berkorban tuk orang laen tuh penting, jauh2 ke daerah untuk mengabdi….SALUT…!
    3. …..

  3. Cucu jangan diminum!! Mau jadi kanibal yaa?

    Teh biasanya nggak mengurangi gizi susu. Teh memang antioksidan yang menetralkan racun di tubuh. Dan susu tidak mengandung racun yang harus dinetralisir oleh teh.

    Betul, susu anget di malam hari bikin cepat tidur. Coz lemaknya bikin jadi kenyang dan ujung-ujungnya bikin ngantuk. Sedangkan hangatnya air bikin badan jadi terasa hangat yang mendorong kepingin tidur. Ini efek yang sama dengan mandi air anget di malam hari.

    Makasih awardnya. Ini kedua kalinya aku dikasih award, dan tetap aja aku nggak ngerti, award-award-an ini buat apa syi??

  4. IjoPunkJUtee says:

    Saya minum Dua…!!!

    Entah bener atau cuma sugesty, tapi klo ku susah tidur, aku minum susu anget, 2 gelas….

    Ups, Aku ada award untukmu….diambil ya….
    Award ini ku berikan kepadamu, karena vicky melalui blog ini telah memberi ku inspirasi….

  5. Rudy says:

    Minum cucu, wah…..mau banget nih tapi dimana yah????
    Nanti aja kalo udah sampek dirumah aku bikin cucu dingin aja biar seger soalnya seharian tadi panas banget nih???
    Btw, kalo teh campur susu bukannya malah mengurangi gizi yang ada didalam susu nih mengingat teh juga mengandung antioksidan yang bisa menawarkan racun dalam tubuh, bener nggak tuh mbak???

  6. Wendry says:

    wah saya gak suka susu lagi sejak smp sampe sekarang hehe

    cuma pas sd doank di suruh minum susu setiap hari sama nyokap

  7. Hm, inti dari susu adalah lemak. Lemak nggak akan ilang biarpun dicampur sama minuman lain, kecuali kalo dicampur sama sabun. Lagian siapa sih mau minum susu pake sabun?

    Soal zat-zat gizi lainnya macam mineral dan vitamin, mestinya nggak akan ilang kalo dicampur minuman lain. Setidaknya saya belum pernah baca riset yang membuktikan hal itu.
    Jadi nggak usah segan-segan nyampurin susu kalo memang enak, termasuk dengan kopi..

  8. A N D Y says:

    Susu kaleng memang berguna, tapi ASI lebih berguna. saya juga suka minum susu, sering saya pesan soda susu jika saya makan diresto..jus buah campur susu, kopi susu juga saya suka kok..tapi bila susu dicampur dengan yang lain, apakah tidak mengurangi kadar gizi yang terkandung didalammnya?

  9. Waduh, aku ndak tau tuh hukumnya, soalnya aku bukan Pak Kyai.

    Saat ini belum diteliti manfaat gizi ASI buat orang dewasa, soalnya nggak ada yang mau bikin penelitian itu, hahah!

    Tapi ada ibu-ibu yang terpaksa berhenti nyusuin anaknya coz ASI-nya habis. Ya, ASI bisa habis! Sialnya bayinya belum 2 tahun, jadi terpaksa bergantung sama susu kaleng. Sayang kan? Jadi daripada ASI dibuang-buang buat bapak, mendingan dikasih semua ke bayi biar anaknya kuat seperti bapaknya, oke?

    Dan jangan kuatir, ibu yang nggak lagi masa menyusui nggak akan keluar ASI kok. Jadi silakan bapak mencari gizi di tempat lain..

  10. senna says:

    oya dok mau tanya, kalo kita minum asi istri, itu hukumnya gimana? kan salah satu orang yang ga boleh dinikahi itu, ibu persusuan kita.

    nah terus gizi asi itu masih baik ya untuk orang dewasa? soalnya yang gw tau dia itu ngebantu bayi ,sel darah putih (leukocytes) yang sanggup membunuh bakteri dan virus,
    Interferon sejenis protein yang berfungsi mengidentifikasi kehadiran virus. nah bukannya itu udah dalam diri dewasa?
    Lusozyme sejenis ensim untuk melawan infeksi
    buat bikin kekebalan tubuh ama nutrisi, buat kita juga ya?

    oya, PERTAMAX, n thanks mba, udah diijinkan ngebedah semua postingannya.

    -senna-
    rencana mengganti milo dengan ibu susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *