Andai Aku Jadi Pria


Andai aku jadi pria, aku tidak perlu cari semak-semak belukar yang lebat hanya untuk menghindari orang dan semut merah yang melihatku pipis sambil jongkok.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu tiap bulan buang-buang duit untuk membeli satu paket pembalut yang ada sayapnya untuk siang hari dan yang ekstra panjang untuk malam hari. Dan akt tidak perlu sedia minuman haid di tas pada hari-hari tertentu untuk mencegahku mencakar siapapun yang berani menggangguku.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu bangun dua jam lebih awal hanya untuk mandi, keramas, mengoleskan moisturizer, menyemprotkan parfum, memilih baju, memilih sepatu, memilih tas, mengganti baju, mengganti sepatu, mengganti tas, memasang make-up, menyisir rambut, dan turun ke dapur untuk membuatkan sandwich dan teh buat kekasihku yang masih enak-enak mendengkur.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu repot-repot mencukur bulu ketiak tiap dua kali seminggu atau repot-repot membedakinya supaya kalau aku tidak sengaja mengangkat lenganku orang akan melihat hutan hujan tropis kena salju.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu memisahkan braku dari mesin cuci supaya kawatnya tidak sampai merusak ukurannya yang semula A menjadi C. Dan aku tidak perlu minder kalo toko bra yang kudatangi tidak menyediakan ukuran 32 atau bahkan 38.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu belajar memasak hanya karena takut tidak disukai calon ibu mertua. Dan aku tidak akan menghabiskan waktu di dapur hanya untuk menghapal yang mana jahe, yang mana kemiri, yang mana pala, yang mana lengkuas.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu membusungkan perutku selama sembilan bulan sambil mencari posisi enak buat tiduran sambil duduk. Dan aku tidak perlu mengakhirinya di atas meja jagal sementara bidan yang galak menjahit selangkanganku yang robek di bawah biusan lidokain 2% setelah aku mengeluarkan hasil karya kolaborasiku dengan kekasihku.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu dituduh kekasihku sebagai “high-maintenance” hanya karena aku menyiapkan ekstra anggaran untuk membeli krim anti-aging ketika usia sudah mulai menginjak 25 tahun. Dan aku tidak perlu sepanik kemaren ketika ada pengumuman bahwa krim anti-aging bikinan Thai yang selama ini kupakai ternyata telah masuk daftar cekal BPOM.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu kuatir salah menyetir dengan membelokkan mobil di jalan yang salah, dan orang tak perlu membunyikan klakson keras-keras sambil memakiku, “Dasar cewek!”

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu semarah ini waktu Brad Pitt meninggalkan Jennifer Aniston, tidak perlu berang ketika Tom Cruise mencampakkan Nicole Kidman, dan tidak perlu mencaci waktu Ariel Peterpan selingkuh dari Sarah Amalia. Dan tidak perlu ikut-ikut menyebut Angelina Jolie, Penelope Cruz, dan Luna Maya sebagai perusak rumah tangga orang.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu terharu untuk setiap film “Pretty Woman” yang kutonton berkali-kali, apalagi menatap sayu ketika Julia Roberts pergi meninggalkan hotel yang diinapi Richard Gere sementara Roxette menyanyikan “It Must Have Been Love”.

Andai aku jadi pria, tidak perlu perutku mulas melihat warna kebiru-biruan di dagunya yang baru cukuran, ketika mencium aftershave-nya yang harum, apalagi sampai mengerang perih sekaligus bahagia waktu mulutku terparut oleh janggutnya yang mulai tumbuh 2-3 hari kemudian.

Andai aku jadi pria, aku tidak perlu resah menunggu ditembak, dicium, dilamar oleh orang yang kusukai, sehingga hatiku takkan segalau ini apalagi jika dia tidak menelepon, mengirim pesan, atau sekedar menyalakan lampu apartemennya untuk membuktikan bahwa dia akan selalu ada untukku; dan bahwa aku seharusnya bisa membuatnya mencintaiku, tapi takut dibilang agresif.

Kenapa aku malah jadi perempuan? Aku ingin mengejar, tapi aku tak boleh mengejar dan malah harus menunggu untuk dikejar. Kalo harus menunggu, kapan mau dapetnya?

Tuhan, jika kecantikan adalah sebuah dosa, maka tolong ampunilah dosa saya..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

44 comments

  1. Ade says:

    Jadi inget lagunya Beyonce
    Nyanyi dulu ah..

    If I were a boy
    I think i could understand
    How it feels to love a girl
    I swear i'd be a better man

  2. Hahaha..Mas Stein ngerti aja kalo tujuan utamanya cuma narsis doang..:D

    Kapan-kapan saya bikin deh tulisan Andai Aku Jadi Waria..Lha saya jadi perempuan aja udah kayak gini, apalagi jadi waria??

    Ngomong-ngomong, Bu Dokter nggak asik banget kalo baru bangun pagi. Soalnya yang diomongin pertama kali, "Yaah..kok sudah pagi..??"

  3. Iwan says:

    Mungkin sudah ketemu yg Vicky cari. Artikelnya lengkap, dari film sampai telepon.
    Diperjuangkan Vic, dengan cara perempuan.

  4. ireng_ajah says:

    Kayanya banyak yg dukung supaya ganti pic yg diprofil dgn pic yang diatas..

    Itu foto udah mandi..dandan rapi..

    Pengen liat pic bu dokter baru bangun pagi..

    hehehehehehee…

  5. Bandit Batak says:

    gak ahh, ntr ada yang komen dengan isi "andai aku jadi pria". bisa2 aku bilg lagi ke yg komen:" terharu aku^_^. napa gak kamu post aj di blogmu, niat bgt nyaingin blogku"..nah, kalau dia melakukan hal serupa seperti aku, penuhlah internet ini dengan judul posting:
    "Andai aku jadi pria"
    "Andai aku jadi wanita"

    makin kelihatanlah kalau manusia gak mensyukuri yang diberikan Tuhan..halah

    hehehehe…just kidding

  6. reni says:

    Jadi wanita yang cantik sih harus disyukurin, mbak.
    Tapi memang.., untuk urusan cinta sih kayaknya cowok lebih bebas. Bisa nembak duluan, sah-2 aja ngomongin perasaan ke lawan jenisnya.
    Dan yang pasti.., cowok sih gak perlu modal tampang, asal kantong tebel aja pasti gampang cari cewek cantik hehehe… (contoh artis kita banyak tuh hehehe).
    Jadi.., karena mbak Vicky cantik, hati-hati aja ya…. hahahaha

    **kabuuuuurrr….**

  7. Poltak Butarbutar says:

    hahaha….Km nakal jg ya. So, beruntungkan menjadi seorang wanita punya dua surga.Pria aja surganya ada pada wanita,he…he…

  8. Poltak Butarbutar says:

    Sebenarnya kamu harus bersyukur menjadi seorang wanita, karena surga itu ada ditelapak kaki wanita.Berbahagialah kamu diciptakan sebagai wanita, karena dunia akan sepi tanpa kehadirannya dan andaikan kamu jadi Pria, aku ngak akan mau melihat wajah cantikmu itu karena pastinya kamu bukan wanita tp waria, hahaha….

  9. Bandit Batak says:

    Andai aku jadi wanita, aq gak perlu takut kehilangan masa depan klm gak lulus skola, gak keterima di kampus terbaik, dan gak bekerja di perusahaan monafit. aq tinggal menerima lamaran dari kekasihku yang bisa melakukan kewajibannya sebagai seorang pria.

    Andai aku jadi wanita, aq tidak perlu repot bangun pagi dan pergi ke kantor secepatnya supaya tidak dipecat. Aq cukup menyediakan secangkir kopi hangat utk kekasihku dan memberinya ciuman kening 1 kali

    Andai aku jadi wanita, aku mungkin gak perlu repot mencarikan mahar utk pernikahanku

    Andai aku wanita, aku mungkin gak perlu kesal ketika chatting tp gak dibalas2. Aq mungkin hanya perlu menulis namaku "Cewek cantik", dan para pria akan datang menyapaku

    Andai aku jadi wanita, aku mungkin gak perlu gelisah tiap malam ketika ingin menembak kekasihku.

    Andai aku jadi wanita, aku mungkin gak perlu pusing memikirkan nafkah keluargaku dan gak perlu repot mencarikan uang utk membelikan baju baru utk kekasih dan anakku

    Andai aku jadi wanita, aku akan menjadi seorang ibu yang selalu dikasihi oleh anak2ku, tidak seperti kekasihku mungkin yang ditakuti oleh anak2 sebagai manusia kasar

    Andai aku jadi wanita, banggalah aku sebagai seorang ibu yang selalu dinyanyikan lagu "kasih ibu sepanjang masa"

    Andai aku jadi wanita, banggalah aku krn dunia mengenangku dalam sebuah "hari ibu"

    Andai aku seorang wanita, aku gak perlu menguatkan otot2ku dan menghajar pria lain yg berani mengganggu keluargaku

    Andai aku wanita, aku pasti menjadi makhluk yg paling bangga krn tanpa aku manusia gak akan ada. Sebab manusia diciptakan dengan sepasang kromosom, XX dan XY, yang setiap pasang pasti ada kromosong X yng berasal dari seorang wanita. dan banggalah berterima kasilah aq diciptakan Tuhan krn pendetaku mengatakan bahwa wanita adalah perpanjangan tangan Tuhan

    tapi inilah rencana Tuhan. aku jadi pria yang harus melakukan kodratku sebagai seorang pria, krn aku yakin itu rencana indah Tuhan, supaya kasihNya dipermuliakan..

    Be your self ^_^

  10. Well..hahaha!
    Bulu ketiak nggak bisa dikepang, kenapa nggak disaranin rebonding sekalian?! Kami para perempuan sangat mencintai pria-pria kami, tapi masa' mertua bikin kami jiper?

    Tapi gw punya kabar baik buat para ayah. Memang betul anak-anak nyari nyokapnya kalo mereka sakit. Tapi kalo mereka butuh fulus nyarinya ke mana, coba? Ya ke bokapnya dong! Semua ada porsinya lah..

    Dan tidak, tidak, tampang pas-pasan bukan kutukan, hahaha!

  11. Arman says:

    Ah sebenernya gak ada yang mesti kok vick… Kalo mau kencingnya sambil berdiri di depan pohon juga boleh aja… Kalo mau bulu ketiaknya panjang ya bisa dikepang toh?… Kalo cewek mau nembak atau ngelamar duluan juga sah2 aja… Kalo gak bisa masak tapi dicereweti mertua ya nyari mertua yang lain aja…

    Semua itu kan adalah pilihan… Hehehe 😛

    Btw ya ada 1 hal yg gua iri dari perempuan. Sebaik dan sesabar apapun cowok jadi seorang bapak, secerewet dan segalak apapun cewek jadi seorang ibu, pas si anak lagi sedih/sakit, selalu ibu yang dicari… 🙁

  12. Andai aku jadi pria, aku akan bertanya kenapa aku tidak boleh pakai kosmetik untuk memperbaiki wajahku yang asimetris..

    Baiklah, aku harus bilang sesuatu tentang foto ini. Aku juga seneng tampangku kayak gitu (itu tampang perempuan yang hatinya sedang berbunga-bunga setelah digombalin), tapi aku nggak bisa taruh itu jadi profil. Soalnya..ada background yang lebih baik dari itu.
    Jangan kuatir, aku punya banyak stok baju merah kok. Dan ekspresi tampang kayak gitu pasti akan muncul lagi, asal ada provokatornya aja, hehehe..

  13. Fanda says:

    Tentang yg Pretty Woman, duhh..aku banget tuh! Tapi, dgn semua ke-tidakberuntungan menjadi wanita (yg aku baru sadari sekarang bhw daftarnya segitu panjang), aku tetap akan memilih jd wanita seandainya aku bisa reinkarnasi.

    Aku bangga memiliki tubuh yg berlekuk indah bagai dipahat oleh Michael Angelo.

    Aku bersyukur bisa memberikan keindahan bagi dunia dengan warna2 cantik bajuku, yg terpadu apik dengan sepatu, tas dan aksesoris

    Aku bersyukur karena ada banyak alat make-up yg bisa membuat yg cantik makin cantik, dan yg kurang cantik bisa lebih menarik. Sementara pria, kalo udah jelek ya nasib!

    Aku merasa beruntung menjadi wanita, krn di manapun aku berada, selalu ada pria-pria yg akan melindungiku. Bahkan ketika di pesawat, aku tak kuat menaikkan koper beratku ke tempat bagasi di atas kursi, cukup dengan menebar senyum manis dan tampang memelas, maka akan ada pria gentleman yg akan menolongku.

    Pendek kata, semuanya cuma dari sudut mana kita memandang aja…

  14. Rudy says:

    Lho emangnya kenapa kalo disunat, nggak sakit-sakit amat kok cuma pertamanya aja tuh???
    Bagi kaum laki-laki disunat itu kan untuk menjaga kebersihan sekitar ala vital karena tahu sendiri kan alat vital laki-laki ama perempuan jauh beda banget???
    Kalo seandainya mbak Vicky jadi laki-laki, beh….berat amat tuh mbak karena harus kerja keras banting tulang bahkan kalo bisa sampek jalan nyungsang (kaki dikepala dan kepala dikaki) hanya untuk cari uang setelah nantinya berkeluarga, capeeek deh???

  15. Satu-satunya alasan saya nggak mau jadi laki-laki adalah karena saya nggak mau disunat!

    Hidup saya sekarang akan jadi lebih mudah kalau saya laki-laki, dengan setumpuk alasan di atas. Tapi saya lahir jadi perempuan, jadi terima sajalah apa adanya.

    Perempuan kelihatan paling cantik waktu baru bangun pagi? Ah bohong itu. Yang benar, perempuan itu paling cantik selalu SEPANJANG hari sampai 24 jam. Nggak percaya? Liat aja foto di atas. Hahaha!

  16. ima-rakhima says:

    disinilah berlaku pepatah.. Rumput tetangga selalu lebih hijau.. (Nyambung ga siy? Hehe )
    Tapi kalau disuruh milih mau jadi laki2 atau perempuan, aku bakal milih tetep jadi perempuan dgn segala kompleksitasnya.. Habis belum pernah ngerasain gimana rasanya jadi laki2 sih.. Dan gak akan pernah mau kayaknya.. ^^

  17. mawi wijna says:

    seandainya saya jadi wanita, saya pasti dengan mudah bisa memahami perasaan wanita sehingga saya ndak bakal dikatai pria (lho katanya wanita ;[ ) yang ndak berperasaan…

    Saran saya, foto yang selalu nongol di sudut kanan atas itu diganti aja sama foto artikel ini.

  18. ireng_ajah says:

    ++ Senyum dulu pas mbaca n abis bacanya ++

    Ada yang lupa bu dokter tulis. Aku lengkapi :

    "Andai aku jadi pria, aku tidak perlu repot2 postingin judul "Andai Aku Jadi Pria" diblogku ini"

    Bener gak ya??

    Btw, kata orang2 cewe itu terlihat cantik pas bangun tidur pagi hari.

    Bener gak bu dokter??

  19. Farid says:

    Untung dirimu tidak jadi pria dan lebih beruntung lagi dirimu menjadi perempuan yang nice, cantik and smart 😀

    Have a nice weekend Vicky 🙂

    *pengen lihat wajahmu yang "blushing" ketika membaca komentar ini*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *