Mobil Ilang, Laptop Ilang

Gw pernah ditanya, mana yang lebih berat, kehilangan laptop, atau kehilangan file di dalam laptop? Gw pun jawab, boleh nggak gw milih dua-duanya, hehehe.. Soalnya laptop tuh masih mahal buat gw, dan bikin file di laptop itu juga perlu kerja keras setengah mati.

Gw pernah menghadiri sebuah workshop yang menampilkan pembicaranya seorang dokter ahli paru. Pada ceramahnya dia bilang bahwa kalo para penonton mau nyatet omongan dia, catet aja. Soalnya dia nggak mau nanti orang-orang ngantre mendekatin dia buat minta transfer file presentasi dia di laptop milik dia, ke flash disc masing-masing. Bukannya pelit ya, coz dia sendiri udah nyediain CD yang memuat presentasi dia, nanti penonton tinggal ngopi sendiri sama panitianya. Yang dia takutkan adalah kalo ada orang nggak jelas nyolokin flash disc ke laptop dia, dan ternyata tuh flash disc ada virusnya. Dia takut tuh virus nggak diundang bisa ngerusak laptop dia, padahal di laptop dia itu ada ratusan file yang isinya jurnal-jurnal hasil donlotan dia di internet. Tau sendiri kan, nyari jurnal itu kan susah, ngumpulinnya repot, jadi kalo kita udah nyimpen hasil unduhan itu di laptop truz laptopnya rusak dan semua file jurnal itu ilang, bisa nangis darah kita nanti..

Dari situ kolega gw itu mengajari gw bahwa ternyata kadang-kadang kehilangan file itu lebih berat daripada sekedar kehilangan laptop. Kalo laptop kan bisa beli lagi, tapi kalo kehilangan file berarti kehilangan catatan dari ilmu pengetahuan yang udah kita dapatkan dengan susah-payah. Itulah yang menjadi dasar pemikiran kenapa gw nulis ini, selain juga simpati gw kepada salah satu kolega gw yang baru aja kena musibah.

Kolega senior gw baru kehilangan mobilnya. Mobil itu digondol maling tiga hari lalu, pas kolega gw lagi kerja di Cibabat, daerah Cimohay di Jawa Barat. Padahal di dalam mobil itu, kolega gw nyimpen laptopnya, termasuk flash disc-nya juga. Dan..ini yang bikin gw ikut sedih, bahan-bahan kuliah Ph.D-nya yang berada di dalam situ pun ikutan lenyap.

Saat ini, kolega gw lagi sekolah ngambil S3 di Bandung. Makanya beban hidupnya jadi lebih berat, coz kolega gw sering lembur buat belajar cari jurnal ini-itu buat bahan kuliahnya. Hasil-hasil kuliah itu disimpennya di dalam laptop dan flash disc-nya, dan sekarang kedua barang itu raib bersama mobilnya dibawa maling siyalan..

Mungkin mobil bisa diganti yang baru. Mungkin laptop bisa diganti yang baru. Tapi adakah yang bisa mengganti bahan-bahan kuliah yang udah diperoleh dari sana-sini dengan susah-payah?

Dengan ini, gw mengetuk pintu hati siapapun yang merasa melihat Toyota Altis warna item dengan nomer plat D 1707 MY, itu mobil kolega gw yang dirampok. Tolong segera lapor Kepolisian Resort Kota Cimahi di 022-665-2095, atau di 022-664-0444. Mudah-mudahan Tuhan membalas segala kebaikan Anda. Coz kita semua tau persis, bahwa ilmu pengetahuan yang bermanfaat, termasuk yang berada dalam laptop dan flash disc kolega gw yang hilang bareng mobil itu, adalah amal jariyah yang nggak akan putus pahalanya meskipun yang menurunkan ilmunya meninggal dunia..

P.S. Gambar di atas bukan mobil kolega gw, tapi gw ambil pagi ini dari http://mobil-bekas.net.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

36 comments

  1. iya apa lagi saya kan, klip miyabi ada cukup banyak, hasil hunting sana sini dan proses tukar menukar yang sangat penuh unsur politis, makannya kalo sampe ilang lumayan stres juga, hahaha…

  2. jensen99 says:

    Oh, misalnya saja di youtube, dimana ada pengguna yang upload video2 yang menyalahi aturan/hak cipta, trus disomasi oleh yang punya hak, sehingga videonya dihapus admin. Diantaranya (yg sempat saya donlot) ada klip Tesla-Love Song, Whitesnake-The Deeper the Love, Slaughter-Fly to the Angels, dan masih banyak lagi.
    Andai klip2 ini hilang dari PC saya, gak bisa donlot lagi, sdh gak ada. 😉

  3. Aku nggak pernah ngerti gimana cara kerja orang-orang itu; mereka seolah-olah selalu tau bahwa ada laptop dalam mobil. Sekarang aku nggak pernah berani bawa laptop ke mana-mana, kecuali kalo laptop itu bisa masuk dalam tas. Dan sangat tidak menyenangkan, coz aku bawa payung dalam tas aja udah cukup berat, apalagi bawa laptop. Biarpun laptop sekarang udah banyak banget yang mini.

    Sangat berharap barang-barang itu kembali. Kolega gw jauh membutuhkan itu daripada maling yang sekedar nuntut isi perut.

  4. kehilangan apapun pasti sedih..

    ]gak mau disuruh milih ah 🙁

    turut simpati buat koleganya ya bu dokter…

    semoga terketuk nuraninya dikemabalikan file2 itu (kalo bisa semuanya dikembaliin deh…

    salam, EKA

  5. Fanda says:

    Pelajaran pertama: JANGAN pernah naroh laptop di dalem mobil meski kita cuma tinggal ke toko 5 menit doang. Entah gimana perampok selalu bisa men-scan mobil mana yg ada laptopnya. Lebih baik ribet dan berat bawa laptop kemana-mana.

    Kedua: SELALU bikin backup dalam bentuk CD atau lainnya dan ditaruh di RUMAH. Back-up frequently (terserah frekuensinya. Kalo aku biasanya sih beberapa bln sekali). Flashdisc utk yg dibawa kemana-mana.

    Kalo kehilangan laptop, paling harganya 5-10 juta. Tapi klo kehilangan seluruh file, taroh aja selama kuliah S3, silakan dihitung semua biaya kuliah dari awal sampai sekarang deh, termasuk transport dll dll. Apalagi waktu kita yg sudah terbuang.

    Maka, kalo kehilangan laptop paling kita akan misuh2 selama beberapa hari sampai kita beli laptop baru yg lebih canggih dan lalu excited karena punya mainan baru. Tapi kalo kehilangan file? Duhh…amit2..jangan sampe deh!!!

  6. Deka says:

    Saya pernah kehilangan data kuliah selama satu tahun di komputer. Sudah berbagai cara di coba tetap saya tidak kembali. Sejak saat itu data-data penting saya walaupun tidak rutin saya backup, saya bagi menjadi dua, satu di komputer satunya laptop. Mengenai Mobil itu, kalo saya lihat tar laporin ke markas terdekat deh.

  7. jensen99 says:

    Saya gak punya laptop sih, tapi nilai file2 dalam PC saya jauh lebih mahal daripada PCnya sendiri. Misalnya saja gambar2 atau video2 yang sudah dihapus sumbernya di internet, ga bisa dicari ulang. Belum lagi waktu dan bandwith yang dibutuhkan tuk cari dan donlot dengan kecepatan inet di negara ini.
    Soal melindungi data digital, rasanya ide2 teman2 diatas dah lengkap semua.

    Mobilnya kecil kemungkinan terlihat disini, jadi saya gak ikutan nyari. Tapi saya yakin plat nomornya pasti dipalsukan kalo dipake jalan, jadi sebaiknya ada ciri lain yang bisa diberikan.

  8. Terima kasih, Pak Joko. Mudah-mudahan pelajaran tentang back-up ini bisa kasih hikmah buat kita semua.

    Betul juga, kalau kita mau pasang antivirus di kompie kita, kita nggak perlu takut kompie kita dicolokin flash disc apapun. Yang jadi masalah cuman satu, Pak Joko: Kita udah pasang antivirus, tapi lupa ngupdate-nya, hahaha..

  9. Jokostt says:

    Ikut prihatin atas musibah yang dialami temannya, Mbak Vicky.

    Untuk masalah file yang ilang, Backup….Backup….Backup….
    Rasanya hanya itu solusi preventifnya.

    Kalau masalah Laptop dari penceramah yang ketularan virus di cerita Workshop tadi. Saya nggak setuju kalau sampai sebegitunya. Kan sudah ada anti virus, Firewall atau Deep Freeze seperti yang banyak dipakai di Warnet2. Masak masih takut virus? He He

  10. Kalo aku terjemahin, cuman bencong yang nyembunyiin back-up files-nya. Sedangkan orang-orang sejati membagi file-nya di internet dan membiarkan seluruh jagat menjiplaknya 😀

    Tapi aku suka ide penghematan hard disc itu..

  11. zam says:

    backup. backup. backup.

    kalo perlu backup-an itu disebar. didistribusikan. tentu yg didistribusikan file-file yg emang bisa diakses publik (foto-foto, mp3, dsb), kalo yg personal sih mending dibackup ke DVD/hardisk eksternal.

    jadi inget pepatah si Linus Torvalds, "Only wimps use tape backup: _real_ men just upload their important stuff on ftp, and let the rest of the world mirror it 😉 "

    membaginya di internet juga bisa jadi cara utk ngurangi "beban" space harddisk.. 🙂

  12. Im3th says:

    kasian amat…moga2 tuh mobil n leptop cepat ketemu deh. cuma saran say, kalo gw laptop gw backup ke portabel , semua data gw back up di portable hd. dan portable hd gw taro terpisah dari tempat leptop. krn gw parno takut leptop gw tiba2 crash.tapi yg emang kalo lagi apes, gak bisa ngomong ya…pokoke harapan gw semoga teman kamu cepat ketemu mbl n leptopnya.

  13. REYGHA's mum says:

    Duh sedih,kesel,patah hati pasti ya temenmu….aku juga pernah file satu komputer ilang karena virus dan terjadi pada saat aku mau resign …maaf ya pak bos ngga sengaja. Sampe ganti Hard disk lho untung kita biasa saling back up data di kompuer yang lain.

  14. wah, kasihan banget temanmu itu. duh, jangan hilang dua2nya deh. mahal soalnya. aku juga gak kebayang kalo ilang file cerpenku.makanya aku posting di blog tuh cerpenku.jadi kalo ada apa2 masih bisa dicopas dari blog.

  15. Pucca says:

    ok vick, nti kalo di jalan gua ketemu mobil itu gua langsung lapor lu, D 1707 MY kan? ok gua inget..
    emang sialan tu maling.

  16. Ya, aku juga udah baca tentang meninggalnya nyokapmu, Ra. Dan aku ikut berdukacita.

    Soal skripsimu, bisa aku bayangin kita udah nulis capek-capek dan tau-tau semuanya ilang. Memang sih kita bisa nulis tema baru, tapi tidak ada yang bisa menggantikan passion yang kita keluarkan waktu kita menciptakan tulisan kita yang lama..

  17. aku juga pernah kehilangan mbak!!! file skripsiku dan itu udah editan…Bisa di bayangkan!!! Hiks karena sudah males garap yang lama aku jadi nulis tema baru dan berbeda …..!!! Tapi yang paling membuatku sedih adalah kehilangan ibuku!!!! karena dia tak bisa di gantikan oleh apapun!!!!

  18. Bang Aswi says:

    Setuju banget, gue lebih khawatir kehilangan file daripada laptopnya. Apalagi bagi gue yang seorang penulis. Makanya, persiapan back-up data jelas lebih penting dari segalanya. Jadi keingetan belum back up data ^_^

  19. mawi wijna says:

    Lha mobil Altis juga bisa hilang toh? Biasanya cuma dipecah aja kaca jendelanya trus diambil barang2nya. Lagipula alarmnya kok ndak nyala? Wah Toyota piye ini??? saya cuma bisa mendoakan semoga Kepolisian Resort Kota Cimahi bisa segera menemukan pelaku tindak kriminal ini.

  20. Betul, Bang Bill, sejauh ini draft e-mail masih jadi sarana penyimpanan data saya yang paling aman. Nggak akan pernah dimalingin kecuali kalo kita kemalingan password. 4shared mungkin boleh juga, asalkan file yang disimpan bukan yang private ya.

  21. sibaho way says:

    buat backup file yang dianggap sangat penting, coba di-upload ke internet semacam 4shared, ziddu, dll. untuk file lain-lain, buat saja daftar link download dan selalu tambahkan setiap kita selesai download. berjaga-jaga siapa tahu kebagian musibah. jangan lupa, daftar itu pun harus di-upload atau masukkan sebagai draft email. jadi tetap save. ini pengalaman saya juga…

    nah soal mobil… saya belum berpengalaman 😀

  22. Nggak, bukan mobil atau laptopku yang ilang. Syukurnya begitu..

    Makanya aku nulis ini buat bantuin menginfokan siapa tau ada yang liat mobil curian itu. Siapa tau sekarang mobilnya udah masuk Makassar, atau lebih parah lagi, dibawa kabur ke Los Angeles..:-)

    Salah satu hikmah yang harus diambil di sini adalah pentingnya bikin back-up. Kita nggak tau kapan kita memerlukan back-up, sebab kehilangan file bukanlah sesuatu yang bisa kita ramalkan sebelumnya.

    Oh, keluargaku pernah kehilangan foto juga. Jadi ceritanya waktu itu kami baru pulang inspeksi ke Thailand. Jaman dulu kan belum ada kamera digital, jadi motret masih pake rol film gitu deh. Nah, pulang ke Indonesia, tante gw nyuci rol film itu di studio foto buat dicetak. Nggak taunya, di sana mati listrik, dan rol filmnya tante gw rusak semua!

    *nangis*

  23. Arman says:

    kehilangan laptop atau kehilangan file dalam laptop?

    ya lebih berat kehilangan laptop dong. kan kalo kehilangan laptop berarti file nya juga hilang. jadi dobel. kalo kehilangan file aja, at least laptopnya gak ilang. 😀

    tapi kehilangan file emang bikin menderita. gua pernah kehilangan file, emang sih bukan yang sampe masalah hidup dan mati.. tapi banyak file foto2 disitu hilang semua! tak terselamatkan.. dan kita gak punya back up nya! huhuhu.. sedih kalo dipikir2.. jadinya foto2 kita dari sejak pindah kemari sampe bulan september taun lalu musnah semua… 🙁 cuma terselamatkan yang pernah dicetak aja… tapi kan gak banyak yang dicetak… sedih dah…

    btw moga2 mobil, laptop, dan terutama file nya temen lu bisa balik ya… lain kali inget2 harus sering2 mem back up file.. terutama yang penting2!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *