Pecinta Berondong

Apakah Anda termasuk pria yang suka sama bronis? Bukan, ini bukan pelesetan dari brownies, kue yang suka dijual di pinggiran jalan-jalan di Bandung dan sering jadi bahan incaran turis-turis dari luar Bandung itu. Bronis adalah singkatan dari berondong manis, alias makhluk-makhluk yang usianya masih muda-muda dan tampangnya kece-kece (duh, kece? Diksi gw jadul banget.)

Ada banyak pria yang senang punya pasangan yang jauh lebih muda daripada usianya, biasanya terpaut jauh sampai 10 atau bahkan mungkin 20 tahun. Ada yang sifatnya cuman ngegebet doang buat dijadiin obyek flirting, tapi ada juga yang sampai dipacarin serius bahkan sampai dinikahi. Yang laki-laki sudah bangkotan itu biasanya disebut pecinta berondong, dan yang perempuan masih kinyis-kinyis itu disinyalir ngidap older-complex.

Nah, seorang laki-laki kemaren cerita ke gw tentang pengalamannya naik haji beberapa tahun yang lalu. Om ini punya istri yang usianya lumayan terpaut jauh darinya, mungkin sekitar 10 tahun lebih gitulah. Selama mereka naik haji di Mekkah ini, si om nekat aja membiarkan rambut-rambut di wajahnya tumbuh lebat nggak keruan. Hampir seluruh rambutnya sudah beruban, kumisnya beruban, jenggotnya beruban, kasarnya sih udah mirip mbah wek gitu deh. Pasangan ini lengket sekali, ke mana-mana mereka berdua gandengan (meskipun mungkin menurut gw itu bukan tanda kemesraan, tapi lebih takut terpisah di tengah lautan jutaan manusia di padang Arafah!). Lalu, rupanya ada yang mengamati mereka dengan seksama. Suatu waktu istrinya disenggol orang, dan orang itu bertanya bisik-bisik, โ€œBu, Bu, maaf ya, saya mau tanya. Dulu waktu Ibu dapet Bapak, Bapak itu sudah punya anak berapa..?โ€

Bwahahahaha! Jadi si tante ini dikira selirnya si om, soalnya si tante kan tampangnya masih muda gitu sementara si om kan tampangnya udah bangkotan banget gara-gara uban-uban di wajah yang nggak dicukur itu. Dikiranya si tante itu istri keberapanyalah dari si om. Terus si tante jawab, โ€œLho, saya istri satu-satunya kok..!โ€

Gw jadi mikirin, apa bener ya ternyata ada konsekuensi gitu kalau perempuan kawin sama laki-laki yang jauh lebih tua. Perempuan yang tampangnya masih muda bisa dijadiin sasaran gossip empuk kalau suaminya jauh lebih tua, coz bisa disangka gundiknya. Apalagi sekarang produk-produk anti-aging buat wanita makin membanjir, tidak dibarengin produk anti-aging buat pria, sehingga kita mesti menerima kenyataan baru: laki-laki tambah umur akan makin nampak tua, tapi wanita yang tambah umur akan tetap bisa selalu nampak muda.

Jangankan perempuan muda yang punya suami tua, gw aja kadang-kadang sering merasa aneh kalau lagi jalan sama bokap gw. Gw memang sering ke mana-mana bareng bokap, soalnya kita berdua kan punya profesi yang sama dan hobi yang sama. Belum lagi kenyataan bahwa gw kan anak sulungnya, jadi paling sering disuruh-suruh jadi escort. Mana tampang gw masih ranum gini, apa nggak sewaktu-waktu ada orang kurang kerjaan yang ngira gw lagi jalan sama om-om, padahal gw lagi pergi sama bokap gw sendiri? Itu sebabnya gw sering ngomel kalau nyokap gw nggak ikut bokap gw pergi sama gw, coz gw takut ada yang ngira bokap gw punya istri muda.

Gw rasa, gw harus menge-set ulang rencana gw buat jadi Nyonya Brad Pitt. Apalagi gw dan Pitt usianya udah terpaut cukup jauh sampai 20 tahun, nanti gw digosipin yang enggak-enggak jadi perebut ayah orang pula. Pitt, kalau kau baca ini: Sudahlah, barangkali kita memang nggak ditakdirkan bersama-sama. Mungkin lebih baik, gw sama laki-laki yang beda umurnya nggak terlalu jauh dari gw aja.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

38 comments

  1. dah lama ga nyambangi blognya bu dokter ini … hehe

    eniwei kok poto yg paling bawah kebalikannya dari tulisan diblog ini ya … keliatannya cowoknya yg jadi selir/gundiknya … xixixi

    *kabooorr*

  2. Oh, saya juga pernah punya pacar berondong. Mereka menyenangkan, hahaha.. Tapi kayaknya nggak cocok sih buat saya. Mereka sih kualitasnya baik-baik aja buat jadi pacar. Tapi mungkin buat saya nggak cocok buat jangka panjang..

    Jadi inget, dulu saya pernah ditanya, saya mau kualitas gimana buat cari suami? Waktu itu umur saya baru 18 tahun, lantas saya jawab, "Tua, kaya, kalau bisa sakit-sakitan. Lebih disukai, yang mau meninggal.." Hahahahah!

  3. vany says:

    ahaay…
    baca ini, saia jd ingat kalo dulu saia prnh punya pacar brondong….hehehe

    btw, kata org cinta kan gak memandang usia, mbak?
    cuma kdg2 aneh ajah siyh liat cewek yg pny suami jauh lbh tua yg mnrkuw lbh pantas jd bapaknya….. ๐Ÿ™‚
    mungkin mereka cari yg lebih dewasa dan lebih mapan dari segi finansial ya, mbak…..hihihi

  4. Dinoe says:

    Menurut saya mbak..perbedaan usia tak selamat ada dampak negatif , bisa saja yg beda usia lebih matang dalam berpikir dan menyayangi pasangannya….btw ….titip slm buat brand pitt ya..ha..ha..

  5. ennggg… semua itu kan terjadi secara alami mbak… lha wong selisih umurnya aja jauh… jadi ya kalau kelihatan lebih tua itu wajar… yang penting itu kan semangatnya… harus tetap muda… ehhh… maaf nih udah lama nggak berkunjung ke sini…

  6. Pitshu says:

    huahhh.. g suka co bronis hahaha :), cuma buat diliat aja, buat jadi temen doank, kalo di jadiin pacar mikir2 nanti siapa yang manjain g, lom lagi g kan insting na emak – emak banget, nanti g memperlakukan pacar g kek anak g lagi hahahaha ^^

  7. de asmara says:

    samaaaa…!! dulu jaman blom merit gue juga suka jalan sama bokap, sambil gandengan tangan or pelukan mesra gitu. & semua mata melirik penuh gosip ke arah kami (i think i know what they have in mind)
    tapi, yah gak kenal ini lah! so, jangan pikirin apa kata tetangga, aku mendukungmu sepenuh hati dengan Brad Pitt!

  8. ninneta says:

    waaaahhhhhhhhh ternyata bradd pitt ninggalin aku karena selingkuh sama kamu yaaa….. aaahhhh tidak… memang brad pitt itu suka begitu deh… menyebalkan…

    **ngarepabis**

  9. Tidak, tidak, saya serius.

    Sebaiknya hubungan saya dan Pitt perlu dilikuidasi.

    Aduh, terima kasih ya saya udah dikira Angelina Jolie baru operasi plastik. Saya kok jadi nggak enak..

  10. mawi wijna says:

    Jangan-jangan setelah artikel ini terbit, klinik bedah plastik jadi laris manis. Karena yang muda pingin permak wajah biar terlihat tua. hehehe. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *