Yahoo yang Aneh

Rada terheran-heran dengan apa yang gw temuin hari ini, tapi itu menjawab segala keheranan gw selama beberapa bulan terakhir.

Jadi gini, Sodara-sodara Jemaah, sebagian besar dari Anda mungkin udah tahu gw punya blog di tiga tempat sekaligus, yaitu di Blogspot, WordPress, dan Kompasiana. Dan tiga-tiganya aktif semua, dan syukurlah Anda semua masih seneng komentar di ketiga tempat itu. Karena buat gw interaksi aktif di blog gw sangatlah penting, maka gw sengaja nyetel notifikasi di blog-blog itu supaya kalau ada komentar datang, gw langsung diberi tahu oleh para host itu via e-mail. Alasannya adalah supaya kalau ada komentar biarpun cuman satu biji aja, langsung gw bales komentarnya saat itu juga.

Nah, ternyata rencana gw nggak berjalan baik. Pernah sekali waktu gw buka dashboard Blospot gw, dan ternyata sudah ada tiga komentar baru nongkrong di daftar antrean moderasi blog gw, padahal gw nggak dapet notifikasi sama sekali di e-mail gw. Kesiyan tuh tiga orang jemaah nungguin kok komentarnya nggak dimuat-muat, lha gw nggak ngeh kalau orang-orang itu sudah berkomentar. Ada apa ini? Mungkinkah Blogspot sedang error?

Lalu, ternyata yang gituan nggak cuman Blogspot doang. WordPress juga suka nggak kirim notifikasi ke e-mail gw bahwa e-mail baru. Itu Kompasiana juga sering nggak bilang-bilang kalau gw dapet komentar baru di tulisan-tulisan gw. Ada apa dengan para host blog ini?

Tadinya gw pikir, itu cuman robot-robotnya Blogspot, WordPress, dan Kompasiana doang yang error. Itu kan mesin bikinan manusia, ya bisa error juga, termasuk “lupa” ngirimin pemberitahuan komentar baru ke gw. Sampai kemudian gw dapet jawabannya hari ini.

Ceritanya gw ini lagi janjian sama panitia sebuah konferensi dokter buat daftar ikutan konferensi itu. Prosedurnya sih standar, gw kirimin biaya pendaftaran via transfer, bukti transfernya gw kirim via e-mail ke panitia, lalu panitia akan ngirimin bukti konfirmasi pendaftarannya ke gw via e-mail. Nah, mestinya tuh bukti konfirmasi udah di-e-mail ke gw minggu lalu, tapi sampai tadi siang gw belum dapet e-mail dari panitia itu juga. Gw telfon panitianya, terus panitianya bilang, “Sudah dikirim kok, Dok.” Padahal gw nggak nerima lho, apakah mereka salah ngetik alamat e-mail gw yak?

Lalu tadi sore gw curhat ke seorang teman gw bahwa gw kuatir perkara tanda bukti pendaftaran itu (kan itu menyangkut biaya yang banyak sekali). Teman gw curiga si panitia emang udah ngirimin e-mail yang dimaksud ke gw, cuman tuh e-mail-nya masuk spam. Sesuatu yang aneh, menurut gw, tapi akhirnya gw cobain periksa kandang spam e-mail Yahoo gw. Dan ternyata eh ternyata, ya ampun, ternyata si panitia itu memang udah ngirimin e-mail yang gw tunggu-tungguin itu, cuman e-mail-nya masuk spam! Dan nggak cuman e-mail dari si panitia itu doang yang masuk spam, tapi juga e-mail notifikasi komentar dari Blogspot, dari WordPress, dan dari Kompasiana. Bahkan e-mail dari seorang teman di Maumere juga ikutan masuk spam, padahal gw sama sekali nggak pernah nandain dia sebagai spammer lho.Yang lucu, ternyata nggak selalu e-mail notifikasi komentar dari Blogspot itu masuk spam. E-mail-e-mail yang ditandain oleh Yahoo secara otomatis sebagai spam itu ternyata adalah yang berisi komentar dari teman-teman tertentu aja, antara lain dari seorang teman di Surabaya, seseorang di Palembang, seseorang di Kebumen, dan seseorang di Jakarta. Lain-lainnya sih, nggak ditandain spam oleh Yahoo. Gilingan, bujubunee..Yahoo tegaan banget sih nandain teman-teman gw sebagai spammer. Pantesan kalau teman-teman itu ngirim komentar ke blog gw nggak pernah ada notifikasinya di e-mail gw, tapi cuman langsung nongol doang komentarnya di blog gw.
Jadi, Sodara-sodara, adakah Anda merasa tidak mendapat e-mail dari teman-teman tertentu akhir-akhir ini? Barangkali mereka nggak pernah berhenti ngontak Anda, tapi Yahoo yang nandain nama mereka sebagai spammer tanpa sepengetahuan Anda. Mari kita cek kandang spam e-mail masing-masing, dan lihatlah berapa banyak e-mail yang mestinya Anda baca ternyata tidak pernah Anda lihat di inbox sama sekali..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

25 comments

  1. de asmara says:

    saya mah udah lamaaa menerima notifikasi komen blog di kotak spam email. nggak pernah ngerti kenapa…
    tapi skrg saya malah menganggap kotak spam sebagai folder khusus penampung notifikasi komen blog ^^

  2. Fanda says:

    Aku juga ngalami yg sama Vick. Malahan sekrg SEMUA e-mail notifikasi komentar masuk ke spam. Akhirnya aku jd sering2 buka spam deh… Entah kenapa?

  3. Jokostt says:

    Benar, Mbak Vicky. Filtering email SPAM di Yahoo memang lebih buruk kalau dibandingkan Gmail. Saya pun sama punya email dari milis beberapa kali juga nyasar masuk ke SPAM/Bulk mail. Kalau sudah masuk ke SPAM otomatis tidak pernah ngepush ke pushmail di ponsel. Jadi akhirnya mau nggak mau harus sering2 pull sendiri, login ke Yahoo-nya.

  4. Hahaha..notifikasi Facebook ke e-mail saya paling-paling cuman message, komentar status, friend request baru, atau tag-an foto dari teman. Lain-lainnya saya matiin. Bikin berisik aja.

  5. mawi wijna says:

    Inbox Yahoo! Mail saya kebanyakan notifikasi Facebook semua mba Dokter. Baguslah klo Yahoo! Mail eror, jadi ndak repot itu ngapusin notifikasi 😀

  6. jc says:

    Bener-bener salut deh sama bu dokter satu ini.. punya tiga blog, tiga2nya aktif semua *leng geleng-geleng geleng-geleng geleng-geleng >> kaya lagunya Project Pop*. Gimana caranya tuh, bu? Hehehehe… Iya memang kebanyakan notifikasi dari blog masuknya ke spam. Dulu selalu diterima di inbox-ku. Curiga punya curiga sih, yg masuk spam itu yang nggak kebuka. Tapi nggak tahu lagi ya. Apa comment dariku juga notifikasinya masuk spam juga? Hehehehe..Makanya aku juga rajin ngecek spam sih.

  7. Jeng Vany, sekarang kerjaanku jadi dobel. Ya cek inbox, ya cek spam box. Sungguh merepotkan. Aku kuatir ada lebih banyak lagi e-mail-e-mail yang belum kubaca dan udah dihapus dari server-nya.

  8. vany says:

    aku jg sering bgt ngalamin kyk gini, mbak…
    bnyk komentar dari tmn2 blogkuw yg msk spam…
    untungnya blogkuw cm 1 siyh…hehehe
    jadi biasanya pas buka email selain ngecek inbox, aku jg ngecek spam…. 🙂

  9. Depp, kayaknya spamnya boss lu kudu diperiksa. Jangan-jangan isinya surat kenaikan gaji, hahaha..

    Bener tuh spam box kudu diperiksa berkala. Hanya Tuhan yang tahu isi tempat sampah kita yang sebenarnya..

  10. depz says:

    bos gw sering tuh marah2 krn ngerasa ga dpt Memo or SE krn imel dr ktr pusat masuknya ke spam

    dan konon katanya yg punya BB, imel yg masuk spam ga akan masuk ke BB
    *gw ga punya BB jd ga ngerti*
    😀

  11. Fajar says:

    Tiga blog, aktif semua, rame semua. *geleng-geleng kepala*

    btw, iya kadang-kadang email tertentu nyasar ke folder spam, gawat tuh kalau yang nyasar email penting kayak bukti registrasi. Email spam kan otomatis dihapus tiap periode tertentu.

  12. Iya, aku punya blog tiga biji yang aktif sekarang. Blog yang di Kompasiana ada di http://kompasiana.com/laurentina. Dulu aku punya blog di Friendster juga, tapi udah nggak aku update selama dua bulan terakhir, coz ide-ide buat blog di Friendster udah aku curahkan di WordPress.

    Syukur deh e-mail-e-mail kalian nggak kenapa-napa.. Sebentar, nanti aku cek filter deh..

  13. Itik Bali says:

    Mbak, mana blognya yang di kompasiana
    pengin lihat dunk
    aku cuma tahu blognya mba Vicky yang di WP, Blogger sama Friendster aja
    cuma yang di FS ga bisa kasih komentar..

    kalo engga dapet notifikasi sih engga pernah mbak
    cuma kalo terlambat sering
    udah masuk komen duluan baru ada notifikasi

  14. Arman says:

    baru tau gua kalo lu punya 3 blog!
    gile padahal di blogspot aja lu rajin ampir tiap hari posting. ternyata punya 3 blog pula… hebat.. hebat.. 🙂

    btw so far, gua selalu dapet ya notifikasi dari wp kalo ada yang komen… baik yang perlu di moderasi maupun yang enggak…

  15. Qori says:

    Kalau ane sampai saat ini gak ada koment yang dianggap spam sama Mr Yahoo. Juga ane gak pake moderatoran, soale gak ada waktu buat nyortir sih mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *