Provokator Petasan a la Sapi

Ke Lembang rasanya nggak lengkap kalau nggak beli susu sapi. Di Lembang memang cukup banyak peternakan sapi, dan susunya dijual dalam keadaan melimpah, baik untuk keperluan pabrik maupun untuk dibeli secara pribadi oleh masyarakat umum. Bocoran nih, pabrik susu yang produknya diiklanin di tivi dengan jingle yang dinyanyiin Ruth Sahanaya, katanya sih ngambil bahan susunya dari sini lho..

Kalau kita jalan-jalan ke Bandung sebelah utara, nggak ada salahnya beli susu di sini buat oleh-oleh. Posisinya tetanggaan sama terminal angkot Lembang, jadi gampang mengaksesnya. Cari tempat jualan susu, maka kita akan nemuin toko di mana susu dikemas per liter dalam kantong plastik, satu liternya dibanderol Rp 3.650,-.
Nasehat kecil: Kalau Anda mau niat dikit, bawa kulkas mini dalam mobil, supaya susu yang udah dibeli tetap dingin waktu dibawa pulang ke rumah. Kadang-kadang ada juga yang niat bawa jerigen segala.
Selain susu, di sini juga jual susu yang diolah buat jadi yoghurt. Di sini satu cup yoghurt dijual Rp 3.000,-, boleh milih antara rasa stroberi, melon, atau duren. Kalau gw sih lebih seneng yoghurt yang rasa mocca atau rasa anggur.
Tetapi minum susu sapi ini sangat tidak dianjurkan buat orang-orang yang malemnya mau nge-date. Soalnya kemaren, setelah gw minum susu sapi segelas, lobang pelepasan ampas gw bawaannya langsung berisik ruar binasa. Bolak-balik ke kamar mandi cuman buat pup! Lha gimana, habis minum susu malah langsung mules.. Padahal susunya udah dimasak lagi lho di rumah. Apa jangan-jangan sapinya nggak ikhlas ya susunya diperah melulu? :-p
Lha gw nggak ambil pusing. tetep aja gw hajar tuh perut pakai minum susu lagi? Alhasil di rumah jadi berisik gara-gara bunyi prat-pret kok kayak petasan, hehehe..
Bahkan seorang kolega senior gw, malah memanfaatkan susu ini buat ibu-ibu yang susah pup setelah melahirkan. Tips dia, kalau dalam 24 jam setelah persalinan ternyata si ibu nggak bisa pup juga, oleh dokternya langsung disuruh minum susu sapi buat merangsang ususnya. Alhasil ibunya langsung ngomel, β€œDokter, saya habis melahirkan kok malah jadi mencret-mencret..?”
Anda kesulitan buang air besar? Sudah, nggak usahlah minum obat, apalagi sampek ngoles-ngolesin bokong pakai reason. Cukup minum susu sapi aja, dan dalam satu jam pun perut Anda akan terasa lega..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

31 comments

  1. didut says:

    haha gak tau knapa walau simbah punya byk sapi tp gak pernah minum susu sapi murni, gak doyan susu putih πŸ™‚ .. khasiatnya manyaff to ternyata πŸ˜›

  2. mawi wijna says:

    Susu sapi murah, seliter cuma 3.000, saya doyan susu dan segala hal yang berasal dari susu, apalagi kalao dingin, nyam…

    ketika saya baca artikel mba dokter ini saya jadi inget artikel susu di harian Kompas yg terbit hari ini, tanggal 4 Mei 2010. πŸ˜€

  3. jensen99 says:

    Hueh, saya cuma minum susu segar kalo mudik ke Solo. Dan itu terakhir kali terjadi 17 tahun yang silam! LOL
    Disini ya susu bubuk. Yah, setidaknya masih minum susu lah tuk sarapan. Gak suka ngopi soalnya. πŸ˜›

  4. Memang sebenarnya susu sapi ini lebih potensial bikin gemuk ketimbang susu kemasan yang tinggi kalsium. Soalnya susu sapi masih mengandung butter fat, dan butter fat inilah yang bikin gemuk.

    Oh ya, kolom DISQUS itu ya? Nanti deh, ta' pikirin. Buat domain blogspot.com bisa gitu, Ya? Atau mesti khusus buat domain .com sendiri?

  5. Cahya says:

    He he…, susu sapi ya, banyak lemaknya, tidak cocok bagi saya yang jarang gerak.

    Saya lebih memilih susu yang rendah lemak dengan kalsium tinggi πŸ™‚ *he he…, *pilih-pilih*

    [OOT] Usul, tidak adakah rencana mengganti form komentar dengan for komentar pihak ketiga seperti DISQUS atau INTENSE DEBATE biar lebih nyaman diskusinya?

  6. The Michi says:

    aah teteh.. andaikan untuk memiliki susu itu segampang meminum susunya.. sudah saya miliki susu itu.. hehe. mau nyari susu yg di jl.S sayang'y saya ngga suka susu basi teh..hehe

  7. The Michi says:

    waah.. kalau menurut aku teh,kaya'y itumah sapinya dech ngga iklas,, karna bayangin aja.. susunya udh di peres peres di nikahin ngga,,hehe minum susu murni itu enak'y abis lari di sabuga,setelah puas ngeliat ladang2 susu yg berlarian,, hehe

  8. Oh, masih rada jauh. Kalo Vipassana kan kalo nggak salah di Jalan Kolonel Masturi kan? Nah dari Vipassana turun lagi ke arah timur laut -> Jl Raya Lembang -> cari terminal angkot Pasar Panorama Lembang. Toko jual susunya ada di sebelah Pasar, berupa semacam pabrik gitu.

  9. Anonymous says:

    Teh Vicky, alamat penjual susunya dimana? kalo dari vihara (Vipassana) yg di Lembang masih jauh ga? thx ya

    Feli

  10. Reni says:

    Sayang sekali bidan yg membantu persalinanku dulu gak tahu resep manjur ini. Akibatnya setelah melahirkan kemarin dan aku belum bsia pup, aku dibantu dg minum obat… bukannya disuruh minum susu. Padahal kan enakan kalo minum susu.

  11. Pitshu says:

    susu sapi murni bauk na agak amis kan ? lom minum udah eneg duluan, hihihi apa lagi eike selalu eneg kalo liat susu warnanya putih ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *