Telor Asin Bakar


Ke Brebes rasanya nggak lengkap kalau nggak beli telor asin, coz memang telor asin itu penganan khas kota Brebes. Di sepanjang jalan utama Brebes jamak banget ditemuin toko-toko yang dagangan utamanya adalah telor asin. Yang saya ambil spotnya ini berada di Jalan Diponegoro yang biasanya dilalui para nomad yang berjalan dari arah Cirebon ke Semarang.

Ada macem-macem telor asin yang dijual, antara lain telor asin isi arwana, telor asin mentah, atau telor asin isi pindang. Favorit saya telor asin bakar, seperti yang saya pasang fotonya ini, yang mana telornya dibakar sampek kulitnya gosong, dan kuning telornya berubah jadi merah. Dibanderol Rp 33.000,- untuk isi 12 butir.

Kadang-kadang mereka jual kuning telornya doang, dijual goceng dapet empat butir. Cuman saya nggak suka ma’em telor asin kalau nggak pakai putih telornya, cuman kuningnya doang. Rasanya buat saya jadi eneg, hehehe.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

28 comments

  1. Kalau dari Bali kayaknya belum ada akses cepat ke Brebes. Paling mampir Semarang aja, di toko oleh-olehnya bisa dapet telor asin bakar dari Brebes. Telor asin bakar ini tahan seminggu ditaruh di hawa terbuka, tapi bisa tahan sebulan kalau ditaruh di kulkas.

  2. inten says:

    wah…menggiurkan. Telur asin adalah favorit saya soalnya kalau telur rebus biasa terlalu plain. Apalagi telur asin yang kuningnya masir (kenyal, berbutir, dan agak lembek)..wuihh..jagoan. sayangnya saya belum ngrasain telur asin brebes. Ada sih di swalayan di jual tapi kalau dari brebes nyampe ke denpasar trus belum lagi waktu ngendon doswalayannya kan setidaknya berapa hari tuh, sudah tidak fresh. jadinya ya hanya beli telur asin lokal saja

  3. Kapan-kapan kalo Viol main ke Semarang lagi, kan lewat Brebes tuh, mampir aja dan belilah telor asin bakar. Gw sih nggak lihat ada yang jual putih telornya doang, Vi, tapi kalo Viol mau, beli aja telornya, tapi buang kuningnya, wkwkwkwk..

  4. Pucca says:

    gua gak tau ada telor asin bakar, lebih enak ya kok disini blom ada ya.. kalo telor asin putihnya doank ada gak vick, karna gua justru doyan putihnya doank 😛

  5. Wijna n Pak Rawins, kalau nggak siap kebanyakan makan telor asin, boleh kok beli sedikit aja. Per butirnya seharga Rp 2.200-3.000.

    Biasanya kolesterol jahatnya nongkrong di kuning telornya. Makanya kalau takut kolesterol, ya jangan makan kuning telornya, tapi putihnya aja.

    Astie n Mas Fahmi, aku belum ngincipin telor asin isi arwana atau isi pindang itu. Mungkin nantilah kapan-kapan kalau ke situ lagi. 😀

    Eh ya, memang telor asin kalo udah jadi bumbu bebek goreng ada rasanya gitu?

    Mbak Meilani tinggal di mana ya? Kalau mau ngincipi telor asin bakar, ke Brebes aja..

  6. fahmi! says:

    aku sudah pernah ngincipi itu telor asin bakar. aku suka. tapi aku belum tau itu yg namanya telor asin isi arwana sama telor asin isi pindang. kayak gimana itu?

    btw, kalo ke surabaya lagi aku mau ngajak kamu makan bebek goreng tulang lunak yg diguyur bumbu telor asin. enak. eh iya, tulangnya bisa dimakan juga.

  7. Paman Tyo, di tokonya malah diajarin ndorong telornya jangan pakai sendok, tapi pakai stik es krim. Hahaha..sama ajalah.

    Mood, bener banget, kuning telornya lebih gurih ketimbang yang nggak dibakar..

    Pak Sabry, saya nggak ngemil telor asin untuk khusus malam Senen ini, coz lagi menghindarin yang asin-asin. Saya lagi seneng nih, Pak, coz seperti yang saya bilang di Twitter kemaren, pegangan saya Spanyol menang..

    Mbak Winny, bener aku seneng telor asin asal pake putihnya. Kalo nggak pake putihnya, rasanya malah nggak enak 🙂

    Mbak Sylvia, syukur deh ada yang jual telor asin di Texas situ. Mereka ngimpor dari mana ya, Mbak? Kok pakai diwarnain merah segala?

  8. sabry says:

    kalo nonton final match belanda vs spanyol, bisa juga tuh cemilannya telor asin. sekali2 ganti dominasi kacang2an.hehehehe…
    saya pegang belanda.mbak vicky jagoin tim mana ?

  9. Mood says:

    Enak tuh telor asin bakar, gw pernah nyobain waktu dikasih sama tetangga.
    Rasa asinnya lebih berkurang, dan kuning telornya lebih gurih kayaknya.

  10. Antyo says:

    Saya suka telur asin yang gak terlalu asin. Selain itu,meski gak ada hubungannya sama rasa, suka yang ada capnya. 🙂

    Cara mendorong telur (yang habis dibelah) keluar dari cangkang? Gunakan sendok, tapi terbalik (tertelungkup). Maksud sya bukan gagang sendok yang dipakai buat ndorong, tapi punggung sendok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *