Laporan Dugem

Ada aja orang bikin promo demi jualan penganan. Minggu ini saya ketawa ngakak gara-gara lihat sebuah kedai yoghurt di mal di Bandung bikin diskon buat jualan yoghurt-nya. Diskonnya lumayan sih, sekitar 3 atau 50% gitu, saya lupa. Tapi yang lucu, diskonnya cuman berlaku di siang sampek sore hari selama bulan puasa. Begitu bedug adzan magrib, harganya langsung balik lagi ke normal. Ini sih namanya godain orang puasa, hahaha.. Oh ya, saya mau bikin laporan aja atas kegiatan dugem saya sepanjang minggu kemaren. Syukur banget deh biarpun saya lagi didera mumet oleh proyek bikin textbook kedokteran, saya masih sempat dugem di sela-sela hectic. Kemaren sore saya janjian dugem sama kolega-kolega di mal kesukaan kami dan saya sempat nyusurin koridor kuliner. Hampir semua restoran manggil-manggil saya dan di depan setiap pintunya berjejer tulisan “tajil gratis”. Tajilnya sih nggak beda-beda amat, paling ya kolak lagi, kolak lagi, dikemas dalam mangkok plastik dan ditumpuk di meja depan buat mancing orang untuk mampir. Yang saya bingung, sebenarnya restoran di koridor itu kan beragam, ada restoran yang jagoannya adalah sushi, ada yang jagoan sop buntut, ada yang jagoan bitterballen, tapi kok ya tajilnya tampangnya semua. Jangan-jangan penyuplai tajilnya dari satu tempat, hehehe.. Tapi akhirnya saya dan kolega mutusin buat dugem di sebuah restoran Thai aja, lalu pesen sapi lada item dan ayam yang dimasak apa gitu, saya lupa. Agak lucu juga ma’em di restoran Thai tapi dikasih tajil kolak. Mbok tajilnya teh Thai gitu lho, kan lumayan.. Nggak cukup kenyang di restoran Thai (atau memang masih kepingin yang lain?), kami geser cari-cari dessert. Semula kolega saya kepingin nyeruput es krim, tapi liat es krim di kafe Krimer Dingin kok males gara-gara es krimnya mahal tapi cuman dapet dikit. Saya ngusulin kita nyeruput yoghurt aja, dan saya bilang kalau saya lagi kepingin nongkrong di Sali Kecut atau di Mangga Merah. Kolega saya lebih tertarik sama Mangga Merah, soalnya katanya Mangga Merah lagi promo free upsize. Nggak ngerti deh free upsize itu apa. Pas kita sampek di kedai Mangga Merah, ternyata saya lihat di depan kasirnya ada tulisan, kalau kita nge-twit sambil nyebut username-nya Mangga Merah, dikasih topping gratis. Whoaa..saya langsung mundur, pura-pura berdiri di seberang gang, terus cetek-cetek HP. Kolega saya, yang juga sama-sama tweepsy, juga perlahan-lahan mbuntutin saya dan ikut-ikutan update status. Selesai update status, baru saya masuk ke kedai. Si pedagang kasirnya, bilang sama saya, “Mbak, sekarang kami lagi promo, jadi Mbak kalau pesen dapet bonus satu topping ekstra. Terus karena Mbak (barusan) sebut @ Mangga Merah di Twitter, jadi Mbak dapet bonus satu topping lagi. Jadi Mbak dapet total tiga topping. Mbak mau pilih yang mana?” Saya, bengong-bengong bego, ‘”Eh, apa?” Ya oloh, saya mbatin. Sesungguhnya orang-orang yang tidak punya account Twitter termasuk orang yang merugi. Saya lirik-lirikan sama kolega saya sambil berusaha keras nahan ketawa. Tapi betul, singkatnya saya cuman mesti bayar satu topping, tapi saya dapet tiga topping gara-gara saya nge-twit dan nyebut namanya si kedai. Kolega saya yang satunya lagi melihat kami dengan bingung. Dia nggak punya Twitter, jadi dia nggak dapet topping gratisan, hahaha..! Eh ya, beberapa hari lalu saya sempat dugem juga di Sushi Alur. Kalau di sana juga nggak kalah yahud, mereka kasih diskon 15% buat pengunjung yang bayar sambil mamerin kartu pelajar. Tadinya saya kecil hati, coz saya kan bukan anak SMA lagi, hehehe.. tapi kemudian saya suruh adek saya pamerin kartu mahasiswanya. Ya ampun, ternyata tuh kartu lolos dan kita pun cukup bayar 85% aja. Sebenarnya buat saya nggak ada bedanya sih, soalnya pajak restorannya sendiri 15%. Artinya gara-gara kami bayar pakai kartu mahasiswa adek saya, kami jadi bebas makan tanpa bayar pajak PPN. Yang bikin saya ketawa dalam hati, adek saya kan udah diwisuda lima bulan lalu.. Demikian laporan dugem saya kali ini. Sekarang saya jadi punya hobi baru, kalau lewat restoran apapun mesti mata saya jelalatan cari-cari tulisan promo atau diskon. Eh ya, kalau Sodara-sodara punya info promo di tempat dugem manaa gitu, kasih tahu saya ya..hehehe..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

21 comments

  1. Bung Respati, e-mail Bung Respati apa?

    Biskut, saya nggak cuman nyari diskon restoran. Saya juga nyari diskon kolam renang atau gym supaya bisa hemat biaya sarana olahraga..

    Mbak Ina, aku malah baru ngeh kalau kue talam itu jajanan Thai, hehehe. Eh ya, gimana kalau kita murid pascasarjana atau murid program doktoral, berarti kita mahasiswa juga toh? *wink*

    @Rian, yeah yeah..

  2. padahal kue-kue Thai yg seperti kue talam trus yg dari tepung beras yg dalemnya kacang ijo itu cocok banget dijadiin takjil…benar kali Vic takjilannya dari sumber yg sama…he..he..kalo dugem yg beginian mau deh aku diajak Vic, tapi tunggu tampangku masih ada tampang mahasiswanya ngga ya? he…he…

  3. Ayo..ayo..bikin account supaya dapet ekstra topping gratis.
    Dugem di mal beda sama mesjid, coz di mesjid kan nggak ada yang jual makanan Thai, kecuali kalo mesjidnya di Chiang Mai, hehehe..

  4. riesta says:

    Ya ampuuuun,,,salah niy pagi2 ke sini…bikin ngiler smua…
    Wah,,,mbak buka aja id.openrice.com mbak..bikin akun di situ,,,banyak voucher promo yg bsa diprint…tapi cma daerah jabotabek aja siy..mbak di bandung kan ya???tapi lumayan mbak,,sapa tau pas lagi jalan2..hehehe

  5. depz says:

    ow dugem versi bu dokter tuh bgini 😀
    gw pikir "buka2an botol"
    or bagian itu ga dcrtain ya? 😀

    sumpah gw ngakak baca "Sesungguhnya orang-orang yang tidak punya account Twitter termasuk orang yang merugi"

    sprti baca ayat di kitab suci aja? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *