Pesta Blogger, Helatan Komunitas Online

Seorang temen saya yang bukan blogger pernah nanya, blogger itu kalau lagi kopi darat ngapain aja sih? Saya jawab, kopi darat blogger itu kerjaannya cuman ma’em dan foto, ma’em dan foto, itu doang. Tapi saya nggak pernah mikir bahwa kopi darat kadang-kadang berakhir dengan acara main HP sendiri-sendiri.

Tahun ini saya beruntung gara-gara saya nggak sengaja ikutan Pesta Blogger 2010. Seperti yang kia semua tahu bahwa Pesta Blogger nggak dipusatin di Jakarta doang, tapi juga ada road show-nya ke kota-kota lain di Indonesia (dan sayangnya, Bandung nggak masuk!). Bulan ini kebetulan saya lagi banyak urusan di Surabaya, dan jadilah saya menceburkan diri di road show Pesta Blogger di sini. Saya pikir ini seharusnya jadi acara yang antusiastik, coz saya bisa kopi darat sama blogger-blogger lain yang selama ini cuman ketemu saya di forum komentar di dunia maya.

Pas saya masuk, senyum saya melebar coz di pintu venue saya nemu Hedi Novianto. Yihaa..akhirnya ketemu juga sama mas jurnalis bola ini. Di dalem seneng juga akhirnya ketemu sama Mas Fayyas yang ternyata sama sekali nggak mirip gajah dan nggak pula bau pesing (jadi kenapa dos-q nyebut dirinya Gajahpesing sih??).

Sebenarnya saya rada-rada minder masuk ke sarangnya komunitas online blogger Tugu Pahlawan ini coz saya tahu saya blogger dari “negara” lain, tapi yang paling gangguin saya adalah fakta bahwa mungkin saya di situ yang sudah rada berumur. Lha wong tempat itu isinya anak-anak mahasiswa semua yang masih pada ABG veteran, dan saya kan udah bukan ABG lagi, hehehe.. Sampek-sampek pas saya sempat duduk sama Fenty di depan, saya bisik-bisik sama dos-q, kenapa tempat ini isinya mahasiswa semua, dan ternyata kata Fenty malah acara ini lebih banyak didatengin mahasiswa ketimbang blogger sungguhan. Mungkin harusnya acara ini jangan dinamain Pesta Blogger, tapi dinamain Pesta Netizen aja, hihihi..

Apakah saya dateng ke tempat kopi darat blogger yang salah? Coz sepanjang acara Pesta Blogger di Surabaya itu, tamu-tamu cuman disuguhin ma’em prasmanan dan duduk nontonin talk show. Saya mesti berjuang keras untuk tetap senyum sepanjang acara, biarpun saya rasa saya makin lama makin nggak nyambung dengan acara yang diadakan. Saya lirik tamu-tamu di kiri-kanan saya, my hunk di sebelah kiri saya sudah sibuk dengan HP-nya, nge-twit sana nge-plurk sini. Dan teman-teman di sebelah kanan saya sudah sibuk juga dengna HP-nya masing-masing. Mendadak saya merasa kesepian. Blogger kalo ketemu tuh mbok ya ngobrol, ngerumpi, ngegosip, bukan sibuk update status atau check-in. Atau apakah teman-teman saya lagi pada live tweet?

Mungkin, kalau saya jadi panitia kopi darat blogger skala besar-besaran, dari awal saya udah wajibkan semua tamu buat ninggalin URL blognya masing-masing di meja resepsionis, bukan sekedar ninggalin alamat e-mail. Mungkin saya akan bikin stand-stand makanan model gerobak di sekeliling ruangan, supaya tamu-tamu bisa ngerumpi di pinggir tiap stand bareng kelompok mereka masing-masing sekaligus ngecengin blogger lain di stand seberang. Mungkin saya bakalan undang band buat nyanyi-nyanyi sepanjang acara, tapi fungsinya cuman buat kesenian latar doang. Tapi yang jelas, saya nggak akan membuat tamu-tamu yang para blogger ini duduk doang nontonin orang ngomong di depan.

Bagaimanapun, acara kopi darat nggak akan seru kalau nggak foto-foto. Jadi, mumpung saya lagi jalan-jalan ke daerah lain, saya nggak lupa maksa orang buat motretin saya dengan para jemaah Georgetterox, hehehe. Terima kasih buat Eric Tranggono yang udah motretin saya sama Mas Fahmi. Lha tumben-tumbenan kan, biasanya saya kalau mau foto berdua sama Mas Fahmi malah ngejepret kamera sendiri bak anak alay, hehehehe..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

33 comments

  1. Kimi says:

    Tahun lalu aku ikutan Pesta Blogger. Kesan yang kudapat ya biasa saja. Mungkin karena aku gak kenal banyak orang ya disana jadi kesannya hambar? Mungkin kalau kita banyak kenalan, terus janjian datang, terus gak sibuk dengan gadget masing-masing, mungkin Pesta Blogger terasa lebih asyik kali ya? 🙂

  2. Faizal, saya dapet kenalan baru kok. Lumayanlah beberapa buat nambah jaringan.

    Mbak Ina, hm..aku belum pernah dateng ke pesta blogger di Jakarta sih. Baru ngebayangin macetnya aja udah senewen, hahaha.. Tapi ya memang betul, mbok kalo mau kopi darat ya jangan banyak-banyak. Dikitan orang aja biar bisa ngobrol semua..

    Pak Joko, Cahya, iya, saya jadi ngerti sekarang kenapa yang biasa dateng kopi darat itu bukan yang sudah sepuh ya. Pasti rasanya risih berada terjebak di antara para ABG itu. Kalo ngobrolnya masih nyambung sih enak, lha kalo cara pandangnya aja udah beda, kan susah.. Padahal saya juga kan belum tua-tua amat, masih tuaan my hunk malah, tapi kok ya rasanya rada-rada risih, hehehe..

    Mbak Reni, iya, bulan ini aku lebih banyak ada di Surabaya. Besok rencananya mau kopdar sama Mbak Fanda. Asyik kan? 😉

    Yoga, saya juga nggak tau di Surabaya ada PB kalo nggak dikasih tau teman-teman blogger di Surabaya. Lumayanlah buat wawasan. "Oh..gini tho orang Surabaya kalo bikin hajat..", "Oh..gini tho Pesta Blogger tuh..", "Oh..gini tho rasanya ikutan kopdar di komunitas negeri orang.."

    Vany, sayang juga sih ya. Padahal saya pengen ngobrol lebih banyak. Tapi ya gitulah.

    Fenty, kalo di blog aku yang boleh narsis cuman yang punya blog doang, hihihi..
    Mau main ke rumahmu, tapi ndak tau jalan. Mosok tiga minggu taunya cuman Karang Menjangan-Dharmawangsa thok.. Lha tadi kepikiran buat nyusul Fenty ke Taman Bungkul besok, tapi terus kepikiran: Bukannya Fenty lagi migren ya?

    Mbak Ria, ini roadshow-nya Pesta Blogger di Surabaya. Ho-oh, lain kali HP-nya disita di resepsionis aja ya..

    Slamet, iya ah kapan-kapan mau ketemuan sama orang-orang Semarang. Kan enak bisa nangkring sama Slamet, Didut, Ria..

    Mbak Winny, setuju deh ah! Apa Mbak mau dateng ke PB di Jakarta?

  3. Wiikk, ayune perempuan berjilbab itu *dikeplak karena narsis*

    Ini jadinya kapan undangannya nyampe ke rumah saya sih ? *ge-er bakalan diundang, hehe*

    Sampe kapan sih ? mbok main2 ke rumah aku gituh ? ^.^

  4. vany says:

    wah, nyebelin kalo gt ya, mbak..
    udah ktm, tapi msg2 malah sibuk dg hpnya sendiri bkn berinteraksi satu sama lain biar saling knl…hehehe
    tapi, untungnya ditemenin mas fahmi ya… 😛

  5. Gaphe says:

    ooh.. di Surabaya ada PB ya?.. saya koq nggak tauu..??. huhuhuhu *kemana aja sih Phee*

    Seru tapinya kumpul-kumpul gitu, meski endingnya cuman ngedengerin orang ngomong. hehehe.. tapi ada pengalamannya laah.. saya aja mupeng. hemmm…

  6. Jokostt says:

    Kalau Mbak Vicky saja rada minder karena sudah tidak ABG lagi apalagi saya yang udah tua begini datang di tempat itu. Wah, saya bisa mati gaya dan ikut-ikutan mainin HP pula agar tak salah tingkah dekat dengan para mahasiswa yang masih muda-muda semua. 😀

  7. oh gitu toh pesta blogger…tapi kopi darat di Jakarta tuh kayaknya rameee…banget, ok dan seru banget…mungkin karena yg datang ngga banyak dan hanya sesama blogger aja kali yeee

  8. Depp, kalo musik berdentam-dentam ada. Tapi cewek berbaju minim nggak ada, hehehe..

    Mbak Fanny, memang baiknya blogger kalo ketemu diatur supaya bisa ngobrol dong ya..

    @Bolehngeblog, wah, saya nggak inget kapan pernah ada temu akbar blogger di Bandung. Lha saya udah bertahun-tahun ngeblog aja nggak pernah ketemu sama sesama blogger dari Bandung, hehehe..

    Mbak Fanda, setelah berulang kali kopi darat, aku juga setuju kayaknya setting kopi darat yang enak ya kopi darat dalam geng kecil-kecilan aja. Nggak temu akbar massal. Tapi aku tetep seneng dateng ke temu akbar, asalkan ketemu teman yang kenal kali ya..

    Ratu, kayaknya gw nggak tau deh mau dateng apa enggak yang di Jakarta. Lha mau nginep di mana?

    Wijna, saya rasa juga begitu. Cuman bertanya-tanya aja, kalo udah ketemu netizen secara nyata gitu, apakah rasa penasarannya ilang?

  9. Fanda says:

    Hehe…itulah kenapa aku malas datang ke pesta blogger. Coz dari dulu kalo liat laporan mereka2 yg dtg ke pesta blogger, kebanyakan para mahasiswa gitu. Kayaknya aku bakal ngalamin kayak kamu deh. Mendingan kalo kita ke kota tertentu, adain aja kopdar kecil2an, kayaknya lbh asyik tuh… (hehehe…)

  10. bolehngeblog says:

    dari bandung ke "negara" seberang sempat-sempatnya ikut acara tersebut…kira-kira kapan ya blogger bandung ngadain acara kayak gini..pasti saya hadir (asal hari libur dan biayanya gak mahal..hehehe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *