Halloween Merangsek ke Indonesia


Setan main gendang, bunyinya bertalu-talu kedengeran di seluruh gedung mal. Menyusuri koridor-koridor, lewat depan counter sepatu mahal, bikin SPG-SPG parfum noleh, dan ganggu selera orang-orang yang lagi ma’em di food court.

Pengunjung, ada yang kontan berteriak histeris, biasanya cewek abegeh labil yang kemenyek. Tapi kebanyakan pengunjung malah berbondong-bondong penasaran kepingin lihat.

Bandung Supermal, sebuah mal yang cukup prestisius di Kiara Condong, kemaren masih malu-malu merayakan Halloween. Manajemennya merekrut remaja dan banyak anak kecil, mendandaninya macem-macem. Ada yang jadi genderuwo, ada yang jadi pocong, ada yang jadi suster ngesot. Mereka berbaris, dan karnaval kecil itu bikin long marching keliling mal. Supaya nggak terkesan serem, setan-setan paling depan didaulat buat nabuh ketipung.

Banyak yang bilang, Halloween bukan budaya Indonesia. Tapi tetap aja seru buat dirayain. Dan karena kita inovatif dan bukan tukang niru, rame-ramelah kita merayakan Halloween dengan pawai kostum a la setan Indonesia. Dan memang ternyata lebih asyik kan?

Cintailah produk-produk Indonesia. Biarlah setan-setan Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

26 comments

  1. Grandong kayak gimana? Nini tuwung kayak gimana? Saya ngeliatnya aja belom pernah, apalagi tau kostumnya. Sepertinya Eric lebih paham dunia persetanan lokal ketimbang saya, wkwkwkwk..

  2. Ericova says:

    knapa ya g pake budaya bangsa sendiri, grandong atau nini tuwung kan lebih serem..pocong aja orang dah takut pake kostum setanya bule lg :p wkwkwk

  3. Elsa says:

    setuju Mbak Vicky…
    aku juga kurang setuju tuh kalo kita merayakan halloween pake setan luar negri

    kan setan made in Indonesia jauh lebih menyeramkan!

  4. Ahahaa..usul yang bagus, Na. Tahun lalu Paris van Java Mall ngegantung Labu Jack O'Lantern di tamannya. Tapi belum pernah saya nemu mal ngegantung pocong di pintu masuknya.. 😀

  5. efahmi says:

    ah pasukan hantu2nya nggak komplit. nggak ada tuyul ikut dalam rombongan karnaval situ… (semoga tuyulnya nggak sedang gerilya nyopet dompet penonton hahahahahaaa)

    btw halloween itu buat orang IT sama saja dg natal. karena 31 OCT = 25 DEC hehehehe 😀

  6. Pak Joe, nggak tau, belum pernah ada pertandingan hantu Indonesia vs hantu bule, hihihi..

    Gaby, aduuh..aku ngiri kepingin sekolah di sekolahnya Gaby. Aku mau deh jadi perwakilan lomba hantunya. Aku kepingin jadi Alice Cullen, hahaha..

    Ayu, tentu saja karnaval itu mengganggu. Pengunjung yang mau beli sepatu jadi batal gara-gara lebih tertarik liat karnaval, hahaha..

    Iman, iya, malnya di Jalan Gatsu, tapi perasaan saya itu masuk Kecamatan Kiara Condong, hehehe..

    Arman, permen?? Hahaha..yang ada juga dikira orang gila kali, pocong minta-minta permen..

    Ireng, yah, kayaknya memang tinggal pilih satu per satu..

    Yoga, gimana yah, saya sih nggak serem liat setan ngesot di mal. Saya malah ketawa, soalnya bedaknya kok lama-lama luntur dan jadi clemang-clemong..

  7. Gaphe says:

    Mari dukung setan Indonesia Go Internasional!.. hehehe. Biar bukan cuman Korupsi, bencana, de el el yang terkenal dari Indonesia, syukur-sukur setan lokal juga bisa. ^_^

    lah, bukannya nyeremin yak ada setan ngesot di mall

  8. ireng_ajah says:

    Setan Indonesia itu lebih banyak jenisnya..

    Kuntilanak?? ada. Genderuwo?? ada. Pocong? Ada. Tuyul? ada. Wewe Gomebel? ada. Dundul pringis? ada. dll

    Tinggal pilih aja tapi sekarang udah bukan lagi jamannya 10rb dapat 3

    hahahay….

  9. Iman says:

    saya suka nih reportase dengan bahasa jujur :))

    kebayang klo yg d mall itu banyak non abegeh labil… si rombongan capek2 cuman di liatin garing ama pengunjung mall..

    mall kiara condong dmn? taunya di gatsu? maklum br seminggu di bdg huhu

  10. Itik Bali says:

    Saya sih ngga terlalu mikirin apa itu budaya Indonesia atau bukan
    kalo mo ngerayain ya dirayain aja
    asal ngga mengganggu dan bikin enjoy

  11. sepatubalet says:

    Dulu waktu aku SMP, Halloween merupakan salah satu event wajib yg pasti diadakan tiap tahun. Lombanya macem2. Ada menghias labu, trus menghias kelas, juga sama lomba tokoh hantu pake perwakilan tiap2 kelas gitu. Dan satu hari itu kita ke sekolah pake baju bebas dan gak ada pelajaran. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *