Apa yang Salah dengan Briptu Norman?

Semakin marak orang nyanyi-nyanyi lip sync di depan kamera dan hasilnya dioper ke YouTube. Setelah Sinta Jojo, sekarang ngetrend Briptu Norman, polisi Gorontalo (tidak, Udin dari Lombok! Kamu tidak termasuk lipsync!). Saya nonton videonya di Facebook seorang kolega tiga hari lalu. Video berdurasi nggak sampek 10 menit itu sukses bikin saya ketawa terbahak-bahak di tengahnya siang bolong.

Kemaren, saya dapet berita bahwa Briptu Norman Kamaru dihukum gara-gara ulahnya itu. Dos-q dihukum disuruh nyanyi sembari joget di hadapan satuannya. Alhasil polisi-polisi sepasukan itu ngakak berat dan applaus meriah. Sementara itu, di Facebook beredar gerakan Satu Juta Mendukung Briptu Norman Kamaru agar Norman bebas dari hukuman. Pasalnya, ada gejala-gejala Norman dihukum karena dinilai nggak etis sebagai polisi mletot-mletot bibir di depan kamera niruin lagu India dan nguploadnya ke YouTube. Gerakan Satu Juta ini mengklaim bahwa ini adalah gerakan solidaritas terhadap anak bangsa yang punya kreativitas macam Briptu Norman asal Gorontalo.

Gimana yah? Menurut saya, tindakan menghukum Briptu Norman yang lipsync di You Tube itu cukup lebay. Memangnya apa salahnya sih dia joget-joget India sambil lipsync? Kesiyan bener para polisi ini, nggak boleh joget-joget di YouTube. Bahkan presiden aja boleh main gitar sembari nyanyiin lagu ciptaannya sendiri, kenapa polisi yang pangkatnya baru Briptu nggak boleh cuman sekedar joget-joget? Mudah-mudahan bukan karena lagu yang di-lipsync-nya lagu India. Saya punya ide, gimana kalau Pak Polisi ini lipsync pakai lagu campursari, apakah bakalan dihukum juga?

Saya berharap polisi Indonesia memprioritaskan waktunya lebih banyak untuk ngurusin penegakan hukum di Indonesia ketimbang mikirin caranya menghukum polisi yang senang joget-joget. Itu coba geng motor yang suka kebut-kebutan tengah malam di jalan sekitar rumah sakit Dr Soetomo tolong ditangkepi satu-satu, mereka tuh bikin anak-anak kost kayak saya ini nggak bisa tidur. Kolega saya yang cumak naik motor nyaris jadi korban perampokan di parkiran Delta Plaza dua minggu lalu, ke mana aja polisinya kok bisa nggak tahu kalau parkiran di sana rawan rampok? Coba sistem Teknologi Informasinya dipakai buat nangkepin orang-orang yang suka ngirimin spam iklan dalam bentuk SMS, bukan cuman dipakai buat mantengin YouTube ngeliatin berapa juta orang yang udah mengunduh videonya Norman. Dan demi Tuhan, itu orang yang suka ngebom-ngebom gereja dan kedutaan asing, sudah ditangkep apa belum?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

34 comments

  1. yups, sangat setuju. Tidak ada yang salah dengan Briptu Norman, saya juga kasihan ketika ia harus ditangkap oleh Propam hanya gara-gara mengikuti syuting, padahal briptu norman lagi cuti saat itu. Kini muncul Polisi Ganteng. Fenomena polisi yang menjadi tenar seharusnya difasilitasi dengan baik oleh para polisi, bukan dimanfaatkan oleh segelintir pejabat polisi. Salam kenal. 🙂

  2. Gaphe says:

    kalo liat emang bikin ngakak banget koq itu Briptu Norman. kayaknya kalo dia ngelamar jadi bintang sinetron bakalan laku deh.. tulis aja di portofolionya : pernah bikin geger di youtube dengan nyanyi lagi india. hehehe..

    yah, apa yang dilakukan norman setidaknya menghapus kesan polisi sangar. jadi, kalo kena tilang atau kena hukum.. banyangin aja si polisi berkumis itu goyang indiahe. cuman lagi sok jaim aja..

  3. Arman says:

    mungkin masalahnya adalah karena briptu norman ngerekam videonya dengan memakai seragam yang berarti dia sedang bertugas.

    harusnya kalo dia mau bikin video lagi nyanyi dan joget2 ya jangan pas lagi tugas dong. namanya juga polisi, masa lagi jam kerja malah nyanyi2 dan joget2? 😛

  4. Aku jg terhibur banget kok dg polah Briptu Norman… emang harusnya dia dibebaskan berkreasi. Dia kan manusia juga… sama spt kita. Kasihan kalau harus dibatasi kreativitasnya.

  5. Hihihi, emang lucu seh Om Norman. Video keduanya yang nyanyi langsung diiringin temennya maen gitar juga bagus. Ternyata suaranya lebih bagus daripada Daud, sesama Brimob di Indonesia Got Tallent *San, pliiizzz deh konsen pada topik!!*

    Gw juga binun Say kenapa urusan ketebelece macem itu diurusin, giliran yang berat2 kaya Gayus, Century,dll dicuekin. Hadooohhh!!

    Btw apa kabar Vic? Gimana kul lo, lancar jaya? Yup, perkiraan gw berojolan awal September Doain lancar semuanya yaaa 🙂

  6. Pitshu says:

    berharap bisa jadi tenar, atau sekedar daprt tawaran buat iklan kan mayan, jadi orang berlomba2 bikin selucu2nya hahaha.. kali aja bisa jadi kek shinta dan jojo hahah ^^

  7. Belom, gw nggak mau liat video barunya.. Buang-buang waktu aja.. 😀

    Gw di Surabaya, di deketnya RS Soetomo. Jangan kebut-kebutan di sini ya, gw mau tidur.. :p

    Jadi bertanya-tanya, seandainya pulisi yang joget-joget itu anaknya pejabat, bakalan ada isu penghukuman nggak ya?

  8. depz says:

    haha…biasalah
    di negeri ini hal2 yg ga penting menjadi sangat urgen, malahan hal2 penting yg hrsnya lbh diurusin ehh ngga diurus

    hidup briptu norman

    dah tau blm, ada video barunya loh 😀

    vik, lo sby sblh mana sih?

  9. joe says:

    salahnya adalah:
    1) briptu norman cuma prajurit biasa dan bukan keluarga orang penting

    2) pimpinannya tidak bisa menari seperti norman

  10. Setahuku, di acara hajatannya Polri suka ada hiburan poco-poco. Biasanya komandannya paling siyal diajakin naik panggung dan menari bareng artisnya. Bawahannya mesti tepuk tangan buat komandannya, kalo nggak tepuk tangan, lihat saja nanti akibatnya.. 😀

  11. polisi kan juga manusia, boleh dong joged-joged sama nyanyi-nyanyi, atasannya aja coba tanya pasti ada juga yang suka joget2 nyanyi2 cuma ngga pernah di ekspose saja.kecuali polisi yg joged-joged nyanyi2 di diskotik abis nenggak koplo, nah kalo yang ini cepat ditindak, Dan!

  12. Nia says:

    wahhh Briptu Norman bentar lagi pasti jadi selebritis nechh…kalaupun dihukum sm kesatuannya biarin aja, banyak yg dukung dia koq….lagian lebay amat sech masa orang cuma joget2 aja harus dihukum……tapi misalnya dia dipecat, pasti bisa jadi artis koq…sekarang aja si Udin udah jadi artis top heuheuheuuu…..

  13. Mulyani says:

    Vick..tepok jidatnya jangan kuat2 ya nanti jatuh.

    Temen yang tak ada respon yang bikin lucu, dan sepertinya ini polisi udah hobby kali ya kebetulan baru lagu india ini aja yang kedapatan.

  14. Iya tuh, aku juga heran liat ekspresi muka temennya. Kok Normannya joget-joget, tapi temennya anteng diem aja. Kalo aku sih pasti udah ribut tutup kuping. Atau jangan-jangan Norman udah sering kayak gini ya, makanya temennya juga udah nggak terheran-heran lagi, hahaha.. Eh, videonya katanya nggak cuman lagu ini doang? Ada yang versi Kerispatih? Ya ampun.. *tepok jidat*

  15. ika says:

    setuju vick.. gw nonton videonya aja seneng bgt liatnya. menurutku ga da salahnya sih briptu norman malah menghibur. denger2 ada yg br video briptu norman nyanyi lagu kerispatih katanya

  16. jeng, kalau sama org yg gak bisa ngelawan…prosedur harus berjalan sesuai hukum! liat aja yg nyolong ayam, buah-buahan yang udah jatuh dari pohon…tapi coba kalau koruptor… Ooops… ini termasuk pencemaran nama baik gak?

  17. Asep, saya nggak mau nyusul ah. Takut direkrut jadi bintang iklan sosis..

    Vany, ada tauk rampok di parkiran Delta Plaza. Modusnya, pelaku sedikitnya dua orang, naik mobil, belagak pura-pura mobilnya mogok, lalu minta bantuan pengendara motor yang lewat. Mosok pulisi sampek nggak tau? *skeptis*

    Bayu, kapan mau joget di YouTube? Ditunggu lhoo..

    Mbak Ira, terima kasih, nanti aku sampaikan ke bagian pemasaran perekrutan polisi.. *halah*

  18. itikkecil says:

    Sepertinya polisi harus berwibawa supaya disegani oleh masyarakat.
    padahal, Briptu Norman bisa jadi ajang pencitraan lho..
    bisa juga jadi bintang iklan perekrutan polisi. bayangkan di iklannya nanti : "Kamu bisa bernyanyi dan berjoget indihe sambil jaga biar gak bosan" *halah*

  19. Bayu Hidayat says:

    iya ngapain sih ngurusin yang cuma joget joget. yang penting tuh tanggkap penjahat aja. tapi asik jogetannya. jadi terkenal pula dia. ahhh kalo pengen terkenal joget aja lahhh di youtube

  20. vany says:

    heh? serius di parkiran delta plaza ada perampokan, mbk? parkiran motor yg sblh mana? coz setahu saia ada bnyk prkiran disitu. mdgn polisi nangkep pencuri itu ya drpd nongkrong di dpn lampu merah dkt delta dan main tilang seenaknya dg cari2 kesalahan pengendara mobil/ motor yg lwt disitu kalo malam.. 😛

  21. Odrii says:

    Aku ketawa ngakak di kantor pas nonton Briptu Norman iniii..sampe guling2 di karpet, untungnya ga sampe ngeglinding ke ruangan boss-ku 🙂

    Seneng banget yaa, kalo polisi bisa makin deket sama masyarakat kayak gini, jadi nyaman ajah rasanya. Nggak harus galak-melotot mulu kan? yang gini ini harusnya bikin citra polisi makin baik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *