Gw Nggak Mau Foto Sama Elu!

Seumur-umur nggak pernah tuh waktu kecil saya dirayain ulangtahunnya sambil ngundang badut. Jadi sekali-kalinya ini saya ulang tahun, ternyata saya merayakannya dengan nonton sirkus..

Pesta musim semi Perancis menular juga gaungnya ke Indonesia, bahkan ke Surabaya. Dan dalam rangka pesta inilah, pusat kebudayaan Perancis di Surabaya ngundang artis-artis sirkus buat pentas di Darmo. (Jadi bukan buat merayakan ulang tahun saya, cuman kebetulan aja tanggal pentasnya barengan sama tanggal ulang tahun saya, hihihihi..) Saya dan my hunk sudah jauh-jauh hari merencanakan mau dateng nonton pentas ini. Kebetulan beberapa kolega saya lagi nganggur alias nggak ada kerjaan di malam mingguan, maka saya ngajakin mereka buat ikutan nonton bareng saya dan my hunk, dengan syarat mereka nggak boleh gangguin kami pacaran..

*Dan tentu saja saya harus melupakan rencana mau kitik-kitikan sama my hunk di gedung Perancis itu. Karena setiba di venue, kolega-kolega saya yang centil binti narsis itu malah keblinger kepingin foto-foto di gedung eksotis itu, dan saya juga nggak mau ketinggalan kepingin foto-foto. Alhasil jadilah my hunk pun didaulat buat motret kami, para dokter cewek yang narsis ini..*

Kolega-kolega saya tadinya bingung, ngapain saya ngajakin mereka nonton sirkus. Tadinya mereka kirain sirkus tuh isinya pertunjukan monyet-monyet, gajah, harimau, dan lain-lainnya. Saya sendiri malah nggak mikirin urusan pertunjukan hewan, itu sih saya udah sering lihat di Ancol atau Taman Safari, hihihi.. Lagian nggak mungkinlah masukin gajah segede-gede gaban ke Gedung CCCL di Darmo, gila aja! Saya kirain paling-paling ya pertunjukan trapez gitu. Buat saya sih nggak soal, coz alasan saya kencan sama my hunk ke tempat ini adalah: 1) asalnya dari Perancis, jadi mudah-mudahan pertunjukannya keren, 2) gratis!

Nah, ternyata pas tiba di venue, baru ngeh kalau saya nggak baca undangannya dengan teliti. Ternyata ini adalah pentas akrobat oleh sirkus Chabatz d’Entrar. (Yaa..trapez kan juga bentuk akrobat toh? Teteepp..) Saya kira saya akan menghabiskan ulang tahun saya malam ini dengan nonton orang jungkir balik..

Sekedar review, Chabatz d’Entrar adalah grup sirkus yang memainkan akrobat dalam bentuk teater komikal. Mereka pada dasarnya pamer gerakan-gerakan akrobat, tapi gerakan-gerakannya itu dikemas dalam bentuk cerita drama. Sepanjang pertunjukan mereka nggak ngucapin dialog sama sekali alias bisu, tetapi perlakonan mereka sampaikan dalam bentuk bahasa tubuh, mulai dari mimik muka sampek gestur. Pertunjukan yang digelar selama sekitar 75 menit itu digelar di kebun belakang gedung CCCL, dan kebun itu dipadati sekitar 500 penonton. Saya bertanya-tanya, berapa pawang hujan yang dibayar orang-orang Perancis ini supaya acaranya nggak buyar..?

Sayang panitianya sudah bilang dari awal, bahwa selama pertunjukan, penontonnya nggak boleh foto-foto. Alhasil saya dan my hunk terpaksa ngumpetin kamera-kamera kami di tas. Tapi dasar kolega saya yang nggak pernah nonton sirkus secara live, nggak bisa nahan rasa terpukaunya waktu aktor-aktor sirkus itu berhasil nahan keseimbangan hanya dengan bertumpu pada kayu tipis, dan langsung kolega saya mengarahkan kamera HP-nya. Jepret! Dan dalam waktu bersamaan, tuh foto langsung di-upload-nya ke Facebook. (Dan benar saja dugaan saya, dos-q mau pamer kalau dos-q lagi nonton sirkus..) Saya mau negor dia, bilang kalau pertunjukan ginian nggak boleh foto-foto, tapi saya nggak tega liat air mukanya yang terlalu antusias. Di kota asalnya, boro-boro ada sirkus akrobat, yang ada juga monyet-monyet gelantungan di hutan..

Nah, pas pertunjukan berakhir, para penonton pun rebutan kepingin foto-foto sama artis-artisnya yang kebetulan cuman tiga orang itu. Ternyata nggak semua personel Chabatz d’Entrar seneng meet and greet, ada satu orang yang dengan senang hati mau diajak foto bareng, tapi dua lagi langsung ngeloyor ke kamar ganti dan nggak mau keluar-keluar..

Sebenarnya, normalnya saya dan my hunk udah merasa cukup dan kami biasanya langsung pulang. Tapi kolega saya, yang kayaknya seneng banget bisa nonton pertunjukan Perancis di gedungnya orang-orang Perancis, kebelet kepingin foto bareng salah satu aktor sirkusnya. Alasan dia kepingin foto sama aktor yang itu adalah coz si aktor itu punya mimik muka yang cool.. (yang dalam opini saya sendiri, tipe ekspresi mukanya itu tipe sombong..)Lalu saya bilang ke kolega saya, “Aku nggak (suka) berfoto sama bule.” Karena saya sendiri sudah merasa bule, hihihi.
Tapi kolega saya nampak kemecer banget kepingin foto bareng artis Kaukasus itu, cuman dos-q rada malu-malu gitu. Dan saya sahabatnya, saya kan nggak punya urat malu, hihihi.

Akhirnya saya coba tolongin, saya perkirakan tuh artis-artis pada ganti baju di ruangan mana, dan saya pun cari. Sambil saya ajakin kolega-kolega saya yang keblinger mau foto sama artis tadi. Untung saya berhasil dapet pintu kamarnya, lalu saya ketok. Dan ternyata pintunya dibuka, oleh personel Chabatz d’Entrar-nya sendiri!
Tapi yang ngebuka pintunya itu personel yang mukanya ramah sih, bukan yang muka cool dan di-request kolega saya itu..

Saya langsung gelagapan. Lhaa..mau SKSD ngajak foto-foto tapi kok rada-rada gengsi, hihihi..
“Eh, excusez-moi, Sir..” Saya langsung nyapa si artis dengan bahasa Perancis yang patah-patah. Saya lupa: ya ampun, mestinya kan saya manggil Monsieur ya, bukan Sir..:p
Si artis memandang saya dengan tatapan welcome.
“Vouz allez prendre une appareil photo avec moi?” tanya saya ragu-ragu. Eh, sebentar, ini grammar bahasa Perancis-nya bener nggak ya? Whoaaa..saya panik! Saya udah lama nggak ngomong Perancis!
Si artis, dengan rambutnya yang keriting tebal dan jenggot yang lebat, nampak bingung denger bahasa Perancis saya yang nggak karuan. Saya ngelirik kolega saya yang mau foto bareng. Tatapan matanya seolah menyiratkan, “Bukan elu, tapi sama temen elu yang botak..”
Saya mencoba membenahi kalimat saya. “Je voudrais prendre une photo avec vous et deux de vos amis.” Eeh, saya bicara dengan badan merunduk-runduk..(sama kayak lagi ngomong sama dosen saya kalau lagi mau minta nilai tambahan..)
Si artis makni bingung aja. Lama-lama saya samber pake bahasa linggis aja deh. “I would like to take photo with the two of your friends..”
“Oooh!” si artis baru ngeh. “My friends, they’re in the show.”
Saya bengong. “Show?” Show apaan? Kan pertunjukannya udah selesai? Ada pertunjukan lagi? Di mana? “Where?” tanya saya.
“There,” dia nunjuk nggak jelas.
“Where?” saya nanya lagi.
“Showa, there,” dia ngibasin tangannya, seolah-olah nunjukin orang lagi mandi.
“Shower??” saya baru ngerti. Haiyaa..selalu aja ini akibatnya kalo orang dengan telinga budek kayak saya ketemu orang yang pronounciation-nya nggak jelas. “When will your friends finish shower? I’d like to take photo with them.”
Si artis ngangkat bahu. “I don’t know when. I’m not sure.” gesturnya seolah-olah mau bilang, temen-temennya kayaknya nggak mau “jumpa fans”. Udah capek, gitu?
Tapi pada dasarnya, gesturnya juga mau bilang, ‘Gw mau kok foto bareng elu-elu.’

Saya ngelirik bodinya sebentar. Gelo, nih orang cuman telanjang dada, dengan handuk besar disampirin di pundak, sembari ngebul. Saya sih males foto sama sampeyan, Pak. Pacar saya lebih cakep ketimbang sampeyan.. :p

Saya bisik-bisik ke kolega saya yang tadi mau foto bareng itu. “Katanya, temennya yang lain lagi mandi, kayaknya nggak mau diganggu. Tapi kalo (sama artis) yang ini, lu mau foto bareng dia nggak?”
Kolega saya nampak manyun. “Aku mau ama yang botaaakk..”
Haiyaah..!

Singkatnya, kami pun pulang, dan my hunk bawa banyak sekali hasil jepretan kelakuan ceweknya yang lagi ulang tahun berikut temen-temen ceweknya yang cerewet. Kolega saya gagal foto sama personel yang dia incar, tapi sangat senang dengan pertunjukan yang berhasil dia potret tanpa rasa bersalah.. Dan untunglah kami nggak mutusin berfoto sama si artis berjenggot tukang ngebul tadi..

Saya masih sempat ngomel ke kolega saya pas berjalan pulang. “Kamu itu lhoo..mau foto sama artis kok milih-milih. Dianya tadi udah mau foto sama kita, tapi kamu malah kepingin yang botak. Mbok foto sama yang ada ajalah..!”

Heheee..anyway, terima kasih ya buat semua sanak sodara dan teman yang udah ngirimin saya ucapan selamat ulang tahun. Makasih udah doain saya, semoga doanya mantul ke Anda semua yah! Maaf, belum sempat dibales semua, ini saya lagi nyicil bales ucapannya satu per satu.. Udah ah, saya mau tidur dulu. Selamet malam, semuanya.. πŸ™‚

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

36 comments

  1. yuniarinukti says:

    Jiah.. pesta Ulang tahun yang keren Mbak Vicky.. biasanya kan klo pesta ada makan-makan gitu, tapi ini malah kejar-kejaran sama bule hihi..

    Oya ikut ngucapin juga ah.. met Ultah ya Bu, semoga makin eksis dalam berkarier baik di dunia nyata maupun di maya..

  2. namakuananda says:

    met ultah sukses selalu bu dokter πŸ™‚

    :Nyimak boso prancis:

    jadi inget kenangan gedung di Darmo ini, pameran photo, cinema2, dan sekarang malah ada circusnya, keren πŸ™‚

  3. Bayu Hidayat says:

    selamat ulang tahun yah. semoga makin success percintaan sama hulk nya. uhui.

    wihh keren bahasa perancis nya. gw pengen juga tuh nonton sircus. karna baru bisa nonton dari tv doang

  4. Mulyani says:

    Tapi fotonya bagus lho Vic…ibu2 dokter sesekali kan boleh narsis..
    Selamat Milad ya Vic..semoga sehat selalu dan semua bejalan dengan lancar dan baik…cepet merrid tentunya..Amin

  5. zilko says:

    Halo,

    Orang Prancis memang rata2 pronounciation Inggris-nya agak susah didengerin πŸ™‚ Jadi wajar deh πŸ™‚

    Btw, sy terakhir nonton sirkus kapan yah? Sudah lama bgt, zaman SD kali, hahaha

  6. Susindra says:

    Joyeux anniversaire.
    Merci de venir chez moi hier. πŸ™‚

    C'est doomage quand tu reste en france mais n'apprends pas le Français. Pas si difficile, le Français. essaies-tu.

  7. IbuDini says:

    Gak apa telat dari pada gak sama sekali
    Selamat Milad ya Vicky..semoga panjang umur, murah rejeki dan apa yang menjadi cita2 dan keinginan berjalan dengan lancar dan baik.
    Sehat selalu semoga sukses…

  8. astie nfh says:

    Aheey..
    Mba Vicky ulang tahun.

    Selamat ulang tahun, Mba Vicky.
    Sukses selalu, bahagia selalu.
    Semoga cepet nyebar undangan sama Mas Hunk-nya πŸ˜€

  9. Gaphe says:

    looh… saya koq nggak tau kalo ada pertunjukan sirkus di CCCL darmo ya?.. *maklum, nggak pernah mampir.

    oh iya, HAppy Belated BDay ya Vick.. sorry telat ngucapinnya.. seru juga tuh main-main sama your hunk plus temen-temen. Nguber bule mandi judulnya..

    ternyata kalo praktek bahasa prancis langsung malah susah yah?.. salut buat usahanya.

  10. Thank you, Nge..:)

    Ya capeklah kalo abis show akrobat gitu. Udah gitu kan penontonnya umum, bukan penggemar fanatik akrobat. Pertunjukannya gratis. Praktis deh yang dateng ke situ dan bela-belain minta foto adalah orang-orang yang sekedar kepingin foto sama orang Kaukasus.. πŸ˜€

    Mbok minta fotonya sama artisnya pas artisnya lagi akrobat gitu..

  11. AdeLheid says:

    Happy Bday Vic…
    Semoga bahagia selalu ya πŸ˜€
    Gpp lah ngga foto sama si Aktor, kan lebih ganteng yayangnya drpd si Aktor hehehe… tp temennya Vicky yg kecewa ya πŸ˜€ Mgkn mereka cape kali ya, males meet n greet.

  12. Lha gw mau sebut namanya tapi takut kena pasal pencemaran nama baik. Serem juga ntie kalo dia ngamuk ama gw lantaran ketengsinan, bisa-bisa diam-diam dia susupin gw ganja berbalut bakmi.. :p

  13. Tiara says:

    Vickoo kutuu…coba yaghhh diperjelas ntu kolega nyang mau ngebet foto sama yg botak & ndut…plus yg paparazi take picture in the show…not kolega si cantik & sexy nnii..^0^

  14. Matur suwun, Hoeda, Susan.. (Naah..kalo yang ini pasti semua orang ngerti!)
    Nasib lu Susan tinggal di Miri jadi nggak kecipratan traktiran gw, apalagi nonton sirkusnya si tukang akrobat, hihihi..

    Mau konsul apa seeh?
    *sambil sibuk cari-cari sendal wedge yang gw pake semalem*
    *kagak ada ulekan, sendal wedge pun jadi*

  15. Viiiiccc,sorry telat ngucapinnya. Happy b'day yah cantik. Semoga makin sukses terus untuk segalanya (karier kedokteran lo, hubungan lo sama Mr. Hunk, dll). Dooohhh jauh amath yah dirmyu jadi gw kaga bisa menta traktiran hihihihi

    Btw gw seneng banget neh kalo ada adgenag teaterikalnya. Jadi pengen nonton, apalagi gretongan. Tanyain dunks Vic ke sirkus itu kapan mereka mo show di Miri?/

    Btw lagi gw kemaren baru ajah USG. Tar gw scan deh ke lo, sekalian konsul greting lagi huehehe *ampyuuunn, jangan getok gw pake ulekan yah Say*

  16. Hoeda Manis says:

    Bahasa Prancisnya selamat ulang tahun apa sih? Joyeux anniversaire ya? *nggak pede*

    Eniwei, furaha ya kuzaliwa, Aunt Vicky. Semoga selalu sehat, panjang usia, selalu dilimpahi kebahagiaan, juga…

    Ntar dulu, ntar dulu. Barusan ngomong apa sih? Furaha ya kuzaliwa tuh apa?

    Itu selamat ulang tahun dalam bahasa Swahili.

    Haiyaaah! Ngomong Prancis nggak pede, malah ngomong Swahili!

    Yo wis, pokoke selamat ulang tahun ya! πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *