Kerupuk Dosa

Orang tuh kalau mau dikunjungin biasanya minta oleh-oleh yang normal semacem kue, atau keripik, tapi baru kali ini saya denger ada orang minta dioleh-olehin kerupuk gurilem.Sepupu saya, Inna, sewaktu tahu kalau nyokap saya mau terbang ke Denpasar tempatnya tinggal, tanpa tedeng aling-aling ngasih tahu saya kalau dos-q nitip minta dibeliin kerupuk gurilem. Tadinya saya bingung, kerupuk gurilem itu apaan. Saya kan nggak terlalu ngefans sama kerupuk, saya cuman tahu kerupuk itu yang suka dijual di warteg dan disimpan di kaleng seng, ada yang warna putih, warna kuning, dan sebagainya. Saya mau nanya ke siapa juga nggak tahu, coz saya nggak tahu di mana alamatnya asosiasi pecinta ilmu perkerupukan.Nyokap saya, sampek akhirnya bela-belain ke pasar langganannya di Cimohai. Sewaktu dateng ke pasar, kalau biasanya pertama-tama nyari beras dulu, untuk sekali itu nyokap saya termenung. Sampek ditanya-tanyain para pedagang yang terheran-heran. "Kenapa, Bu? Cari apa?""Ngg.." Nyokap saya menelan ludah. "Di mana ya saya bisa dapet kerupuk gurilem?"Kontan pedagang satu pasar ketawa semua.Yang jelas, intinya nyokap saya nemu juga tuh kerupuk gurilem. Antara kaget dan nggak percaya, nyokap saya membeli dengan penuh rasa waswas. Serius nih, kayak gini ini kerupuk gurilem yang dicari-cari sepupu saya?Setibanya di Denpasar, nyokap saya ngasih oleh-oleh itu ke sepupu saya dengan segan-segan. Tanpa diduga sepupu saya malah kegirangan bukan kepalang dan langsung melahap kerupuk gurilem itu bulat-bulat.
Saya, lihat sepupu saya ngemil, seperti biasa tergiur kepingin ngincip. Dan terkejut saya menyadari kalau cemilan yang nampak dilahap sepupu saya itu hanyalah sebungkus kerupuk. "Where da heck you get that??"
Dengan bangga sepupu saya bilang itu dikasih sama nyokap saya. "Ini kerupuk gurilem!"
Jerit saya, "Itu kerupuk pedees! Bagii!" Saya langsung menyerbu dan ikutan makan kerupuk dengan rakus. "Ini jajanan gw jaman SD!"Hehehe, jadi kerupuk gurilem, sebenarnya adalah satu lagi cemilan orang Sunda yang jaman saya SD dulu disebut kerupuk pedes. Kerupuk putih biasa, dipatah-patahin hingga seruas jari, dimasukin ke kantong plastik, lalu ditumpahin bumbu yang pedes. Kadang-kadang saking pedesnya, kerupuknya sampek-sampek jadi berwarna merah. Nah, waktu kecil dulu nyokap saya sampek waswas kalau saya jajan itu, coz hanya Tuhan dan produsennya yang tahu apa bumbunya. Yah, selain cabe tumbuk dan garam, tentu saja ada vetsin, monosodium glutamat, dan entah apalagi yang intinya bikin ketagihan. Buktinya kalau saya beli satu bungkus aja rasanya kurang, pasti minimal harus beli dua, hahaha..Nah, jaman saya SD dulu, sekitar 20 tahun lalu, satu bungkus kerupuk itu dijual cukup murah, Rp 50,- aja. Lha sekarang, buat ngoleh-ngolehin sepupu saya, nyokap saya beli kerupuk cemen itu sebungkusnya Rp 4000!"Hah? Mahal banget?" tukas saya nggak rela. Sepertinya masa-masa kejayaan jaman SD saya ketika semua barang masih murah meriah sudah berlalu.Hohoho, tapi saya tetap aja ngiler lihat sepupu saya makan tuh kerupuk. Jadilah kami berdua nongkrong di bangku belakang mobil sambil ngunyah kerupuk gurilem seperti dua gadis kecil nggak tahu diri. Padahal sepupu saya udah punya anak, dan saya sekarang kan murid sekolah spesialisasi yang harus sok jaim.. *hoeekk..*Untungnya kami berdua buru-buru kembali ke jalan yang benar dan sudah nggak kecanduan cemilan nggak bergizi yang bermandi MSG itu lagi. Saat ponakan saya yang berumur dua tahun menjamah tangan sepupu saya buat minta ngincip kerupuk, sepupu saya segera ingat bahwa anaknya sebaiknya dilindungi dari bahaya kecanduan bahan kimia penyedap rasa.
"Jangan, Nak," kata sepupu saya. "Ini namanya kerupuk dosa, Nak. Kamu jangan makan ya? Cukup Ibu aja yang makan ya? Kamu makan yang lain aja ya?"Dan saya menggigit bibir saya demi menahan tawa.Semoga, lain kali sepupu saya request oleh-oleh lain yang lebih normal.

http://laurentina.wordpress.com

www.georgetterox.blogspot.com

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

29 comments

  1. Well, saya rasa bumbunya kerupuk gurilem ini sama dengan bumbunya mie lidi.
    Eh, Wijna, saya tahu cireng, cilok, tapi emang ada makanan bernama cimol? Cimol kan CIbadak MOL..?

  2. mawi wijna says:

    hmmm… msg merah itu serupa dengan yang ada di mie lidi ya mbak? Tapi jajanan saat ini, saya pikir juga bernasib serupa, seperti Cilok, Cimol, Cireng, yang enak-enak itu saya yakin hanya Tuhan dan pembuatnya yang mengerti bahan-bahan yang dipergunakan :p

  3. Bayu, itu investasi yang salah perencanaan banget, hahaha..

    Arman, setelah gw pikir-pikir, itu kayaknya tipu muslihat bokap gw buat melarang gw makan gula-gula kapas pas jaman gw masih seumuran Andrew dulu. Tunggu aja sampek dia umur 8-9 tahun, Man, metode nakut-nakutin batuk itu nggak akan berhasil lagi, wkwkwkwk..

  4. Bayu Hidayat says:

    hihhi kerupuk nya pedes banget ya. ahh mau dong. wihh dulu 50 sekrang udah 4000. langsung berpikir untung menyimpan kerupuk ini 20 tahun kemudian. karna investasi bagus tuh.tapi udah 20 tahun lagi kerupuk nya udah jamuran. hihi

  5. Arman says:

    makannya ngumpet di dapur, dan kudu cepet2 sementara si andrew di living room lagi main atau nonton tv.
    tapi si andrew suka kecium baunya sih. hahaha. yah kalo sampe dia nyamper, gua selalu bilang kalo mie nya pedes dan dia baru sembuh batuk (padahal batuknya udah kapan tau), jadi dia gak boleh makan. hahaha.

  6. Mas Eko, sampeyan kok tau kalo masakan yang sampeyan ma'em di warung itu ada MSG-nya? Apakah Mas Eko nanyain pemilik warungnya satu per satu, atau cuman sekedar sugesti sampeyan menggeneralisasi bahwa kalau semua makanan yang dijual di kamar itu mengandung MSG?

    Mbak Dewi, walah..di mana itu jualan krupuk dibumbui balsem supaya pedes? Kan logikanya balsem itu mesti tercium bahan menthol-nya kan? Jadi krupuknya bau menthol dong??

    Vany, wah, maaf, saya nggak pernah baca itu. Logika saya belum bisa menerima bahwa supaya anak tahan MSG harus dicekokin MSG banyak-banyak. Lama-lama akan ada paham baru, bahwa supaya manusia tahan minum obat nyamuk, anak harus dikasih minum obat nyamuk semenjak kecil.. 😀
    Nanti saya rundingkan lagi kalau ketemu rekan-rekan dari Farmasi 🙂

    Yaah, Mbak Ami, jaman aku sekolah dulu, snack-snack cap MSG itu nggak sekedar di depan sekolahan, tapi malah dijual di kantin dalam area sekolahku sendiri.. 😀

    Herman, ya, namanya memang begitu.

    Mas Fahmi, lhaa gimana, aku kan ngiler liat Mbak Inna makan begituan, ya aku kepingin. Aku ndak mau nganterin Mas ke Cimohai cuman buat berburu kerupuk gurileemm! Mas nyetir aja ke sana sendirii! Jauh-jauh ke rumahku cumak buat mintak kerupuk gurilem, huh.. Wis mintak sama Galih aja sana, dia lebih ngerti kerupuk gurilem ketimbang aku..

    Mbak Ina, jangan deh, ntie anaknya kecanduan, hihihi.. Cukup emak dan tantenya aja yang kecanduan, anaknya nggak usah. Kalau kami tumbuh jadi perempuan-perempuan error gini, mungkin lantaran waktu kecil sering ma'em kerupuk dosa.. :p

    Depp, kerupuk gurilem bukanlah snack-nya Ma' Icih. Setahu gw sih bukan..

    Friend Blogger, yaa begitulah..

    Mbak Sylvia, hah, bener gitu digorengnya di pasir?? Pantesan nyokapku rasa waswas gitu ngeliatnya. Sama nyokap ditanyain ke yang jual, "Ini ngegorengnya pake minyak apa?"
    Yang jual langsung tersinggung, "Nyaru ah Ibuu..!"
    Sama sekali tidak disarankan untuk dicoba lagi. Cukup makan satu kali aja buat pemuas kangen, hahaha..

    Dian, iya, saya juga nggak ngerti kenapa namanya gurilem. Gurilem itu makhluk apa sih? Sejenis bumbu? Atau sejenis ikan? Nggak ngerti.. :p

  7. di says:

    Heh heh,,,,,

    Kerupuk itu kalo ditempat sama masih sangat gampang dijangkau mbak,,,,,,tapi kalo beli bijian ya rada ragu-ragu.

    Apa kata emak saya,,,,saya ngemil kerupuk kayak gurilem,,,,*bahkan nama gurilem baru tahu namanya sekarang 😛

  8. BabyBeluga says:

    Kerupuknya yg keropos2 and pake serbuk cabe bukan? Kayaknya jaman aku SMA dulu, ada tuh kerupuk kayak g itu yg disebutnya kerupuk Bondon, oops excuse me my word, tp itu nama asli kerupuknya kok. Masih inget deh kalau anak2 pada beli kerupuk itu, bu guru Accounting sampe merem melek, geleng2 kepala. Beliaw paling gga suka kita makan kerupuk itu sebab menurut dia kerupuk tsb digorengnya di pasir.

  9. depz says:

    kalo belakangan gw suka denger keripik maicih (keripik or kerupuk ya?)

    sama ga vik?
    gw blm pernah nyoba sih
    secara gw ga suka pedes2

  10. kalo sedikit ngga papalah icip2 anaknya Vicky, sisanya yang banyak buat emak ama tantenya…he…he…aku juga suka gitu tau aja ngga sehat tapi pas makan selalu bilang ngga apa-apalah sekali-sekali ini, tapi sekali2nya ini sering banget, sama juga boong dong hihihi…

  11. efahmi says:

    haduuuh gimana batuknya mau sembuh, kamu ikut2 ngemil barang begituan, hah? btw aku sudah ke bandung dan sudah ngincipi cireng, mungkin next time aku perlu mintak anter ke cimohai buat hunting kerupuk gurilem ini hihihi 😀

  12. Ami says:

    ibunya merasa berdosa ya kalo dikasihin anaknya… snack bermandikan bumbu dan penyedap rasa yang melimpah memang banyak di depan sekolahan

  13. vany says:

    tmn saia yg kuliah farmasi justru menyarankan utk mprknlkan chiki, kerupuk, permen2 manis, dan mknan lain yg mgndung MSG pd anak kecil spy nanti terbentuk antibodi thdp MSG & gula. benar gak sih, mbak vick?

    saia sndiri dr kecil suka jajan, trmsuk jajan mknan yg mgndung MSG itu, krn mknan yg ber-MSG itu enak2. Memang, apapun yang terlarang itu selalu enak ya. 🙂
    *maaf curhat sekalian*

  14. DewiFatma says:

    Yaolooohh.. kirain kerupuk apaan, Mbak.

    Kemarin juga ada blogger yang cerita tentang sebuah kerupuk pedes naujubile, trus dia inget kalo di tipi pernah ditayangin kerupuk yang dikasih balsem supaya pedes. Jadinya dia brenti makan tuh kerupuk.
    Aneh aja, kerupuk dikasih balsem biar pweedddess, balsem dikasih cabe biar pwwuuunnnaaasss..! Ueddhhan!

  15. Rawins says:

    baru denger tuh nama kerupuknya…

    soal msg emang baik bu. seperti ibue citra yang ga pernah ada msg di masakannya.

    cuma payahnya kalo aku harus pergi dari rumah dalam waktu lama, pasti langsing deh. cari warung makan tanpa msg susahnya minta ampun. padahal aku kalo ngerasain msg ga pernah bisa makan banyak. dikit doang langsung mual.

    piye jal..?

  16. Joko Sutarto says:

    Bayangan saya waktu baca judulnya saya pikir ini krupuk yang bahannya ada barang haramnya sehingga disebut Kerupuk Dosa. Gak tahunya itu, toh alasannya.

    HaHaHa… Kayak cerita detektif. Teka-tekinya terjawab di akhir. 😀

  17. Pitshu says:

    sama nich udah jarang makan snack yg mengandung banyak MSG :), cuma begitunya makan, biasanya besok beli bungkus paling gede makan sendiri wakakaka.. untung na enggak nagih dan beli tiap hari ^^

  18. Arman says:

    hahaha kerupuk dosa… iya dosa soalnya ngeboongin anaknya… 😛

    gua sampe sekarang juga belum ngasih andrew makan mie instant. masalahnya, gua kan suka makan mie goreng nya mie sedap. tiap kali liat gua makan, si andrew pasti minta. dan selalu gua bilang, pedes ini. hihihihihi.

    makanan2 gak sehat itu emang guilty pleasure banget ya. udah tau gak sehat, makanya kita sampe gak mau anak kita makan, tapi kok ya tetep aja kita nya sendiri gak bisa nahan diri untuk gak makan ya… 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *