Dilarang Nge-Tag Foto Banyak-banyak!

Ini foto sekelas saya di Program Pendidikan Dokter Spesialis Universitas Airlangga. Kami foto sekelas rame-rame, lalu seseorang mengunggahnya ke Facebook dan menge-tag foto ini ke temen-temennya satu per satu, termasuk saya. Permasalahan timbul karena begitu sudah sampek di Facebook, foto ini jadi burem, alhasil wajah temennya satu per satu jadi sulit dikenali.

Saya mencoba menolong dengan menge-tag beberapa wajah yang saya kenali. Tapi lagi asyik-asyiknya nge-tag foto, tau-tau di layar dapet peringatan bahwa saya nggak bisa lagi nge-tag karena foto ini sudah mencapai batas maksimum untuk nge-tag foto. Ternyata, Facebook cuman membatasi satu foto hanya boleh di-tag ke 50 orang. Padahal sekelas saya ada 180 dokter!

Bah, sekarang saya ngerti kenapa foto massal rame-rame nggak pernah memuaskan hasilnya kalau di-upload ke Facebook.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

33 comments

  1. facebook memang pelit unt urusan hosting.. ga bs psng link eksternal,upload video HD,photo HD pun ga bs.. pasti d compress ma FB..

    mungkin klo tag dbatasin karena bs d anggap spam klo kebanyakan..

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Saya sudah berulang kali pasang link eksternal kok di FB. Upload video cukup di Youtube saja, nanti linknya ditaruh di FB.

      Foto juga nggak perlu bagus-bagus amat. Toh penikmat FB sebetulnya bukan penikmat foto. Kalau mau menikmati foto dengan kualitas prima ya di Photobucket saja..

  2. Iya, ini dokter umum semua, San. Dari berbagai program spesialistik ada semua. Sodara lu mau dokter yang kayak gimana? Ntie gw pasang foto sodara lu di milis angkatan gw, hihihi..

  3. Huehehe, ituh dokter semua yah Vic?? Dokter apaan ajah?? Ada yang masih jojoba ga (bujangan)?? Gw mo jodohin ama sodara gw neh 🙂

    Btw gw mah belom punya pengalaman nge-tag poto ke ratusan jamaah,jadi baru tau kalo nge-tag tuh dibatasin

  4. Bayu Hidayat says:

    iya juga yah. kalo lgi foto rame rame gak bisa tag. padahal kan pengen commend gitu. hmmm apa mungkin yang buat facebook ngak kepikiran orang bisa foto sekali 180 orang yah. hihi

  5. Kalo aku nggak suka di-tag foto tas-tas atau sepatu-sepatu yang jelek-jelek, Mas. Mereka bilang barangnya bagus, padahal menurutku modelnya udah kuno. Nawarin ke aku kok nawarin barang out of date..

    *tutup mata*

  6. Iya, aku yang di tengah depan itu, yang cantik kayak bidadari, hihihi..

    Mbak Ria, tolong aku dimasukin ke daftar "nggak-suka-ditag"-nya Mbak Ria ya.. Aku juga kalo di-tag foto yang nggak aku senengin, langsung sama aku fotonya dihapus, hihihi..

  7. DewiFatma says:

    Aku malah baru tau kalo ng-tag foto maksimal 50 orang aja. Abis aku jarang nge-tag sih.. Seringnya malah di tag sama temen…

    Vicky yang di tengah depan itu, bukan?

  8. temen2 gue kebanyakan gak suka di tag… Dan gue suka lupa akibatnya jadi diomelin lagi deh… BTW, itu diskusi foto 180 dokter bisa meledak tuh FB (makana dibatasi cuman 50…wkwkwkwk)

  9. Sebenarnya orang seneng di-tag kalau dia seneng sama foto tersebut. Tapi orang bisa jadi nggak seneng di-tag, kalau dia nggak seneng sama foto itu, atau diskusi komentar di bawahnya berubah jadi ajang arisan di dalam arisan yang topiknya melenceng dari tema foto yang di-tag..

  10. Latree says:

    wah sekarang bisa sampai 50? udah lumayan itu. kayanya dulu cuma 30 loh…

    foto di FB otomatis diperkecil kalau iplodnya via mobile devices. kalau dari komputer, meskipun ditampilkan fit to space, tapi bisa didownload sesuai ukuran aslinya… setahuku sih.

    @fahmi: makanya sekarang males ngeadd temen yang jualan. ada yang demen ngetag akhirnya kudelete dari friendlist. haha..

  11. @zizydmk says:

    Mungkin kalau ditag kebanyakan akan dianggap spam kali ya. Entahlah, saya belum pernah nge-tag sebanyak2nya…. paling ngetag 2-3 orang saja.

  12. Yoga, sebenarnya fitur yang menyenangkan dari nge-tag foto ke orang-orang itu adalah bisa didiskusikan oleh orang-orang yang di-tag dalam suatu kolom yang bersamaan. Kita mengharapkan bisa nge-tag ke 180 orang supaya bisa didiskusikan oleh ke-180 orang tersebut. Jadi kalau fotonya diunggah dua kali saja, tentu diskusi akan terpecah jadi dua ruangan, sehingga mungkin efeknya nggak seenak yang kita inginkan.

    Exitoos, kadang-kadang saya pasang link eksternal juga lho. Cuman memang rada terbatas sih, kadang bisa, ya kadang enggak.

    Mbak Reni, ini bukan 180 orang spesialis kandungan. Gila aja, hihihi.. Campur-campur, Mbak, dari berbagai macam program studi spesialis. Mbak Reni nggak nanya ya itu yang dari Madiun ambil spesialis apa?

    Mas Fahmi, sebenarnya memang nge-tag itu suka disalahgunakan oleh para toko online itu. Biasanya kalo udah tukang nyepam itu ta' blokir ae..

    Mas Joe, iya nih, memang di sini kesiyan yang nggak kebagian tag. Paling-paling kalo dia mau terlibat dalam foto ya mesti komentar di bawah foto itu.

    Mbak Adhini dan Fenty, hihihi..syukurlah aku masih bisa dikenali. Ta' kira dengan ukuran wajah yang begitu mini di foto ini aku jadi sulit dikenali, hahahaha..

  13. IbuDini says:

    Wahhhh rame sekali ya……yang terlihat hanya Vicky di foto itu…posisi mantap.

    Kalau gak bisa dikirim lewat email aja Vicky..kasihan kan yg gak dapat

  14. efahmi says:

    syukurlah ada batasan jumlah tag foto di facebook. coba bayangkan kalo nggak dibatasi, betapa menyebalkannya toko2 online tukang spam itu ngetag foto dagangan bra dan cd-nya secara membabibuta, baik ke cewek2 maupun cowok2…

  15. Exitoos says:

    facebook memang pelit unt urusan hosting.. ga bs psng link eksternal,upload video HD,photo HD pun ga bs.. pasti d compress ma FB..

    mungkin klo tag dbatasin karena bs d anggap spam klo kebanyakan..

  16. Gaphe says:

    biasanya sih foto yang sama diunggah beberapa kali, lalu ditag dengan berbeda.

    trus emang kalo di FB kan kualitas foto secara otomatis diperkecill sama FBnya.. jadi yaa diterima aja, namanya juga gratisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *