Pertolongan Pertama Korban Pemerkosaan

Apa yang biasa dilakukan pertama kali jika seorang perempuan menyadari bahwa dia telah diperkosa? Di Indonesia, umumnya perempuan korban perkosaan masih memilih ngumpet lantaran trauma, dan ngumpet itu bisa makan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan sampek berbulan-bulan.

Padahal, banyak banget akibat jelek yang timbul akibat pemerkosaan itu, salah satunya adalah korban menjadi hamil. Dan lantaran kehamilan akibat pemerkosaan adalah kehamilan yang nggak diinginkan, maka hampir selalu aja ada konsekuensi yang menimpa si janin, entah janinnya akhirnya keguguran, atau beberapa terlahir mengalami cacat lantaran ibunya nggak memelihara kehamilannya dengan baik. Lha gimana mau hamil dengan enak, ibunya sendiri nggak menginginkan dirinya hamil, apalagi hamilnya lantaran diperkosa toh?

Pengguguran kandungan akibat pemerkosaan masih kontroversial di Indonesia. Kalangan rohaniwan menentang keras aborsi, apapun itu alasannya. Sementara kalangan pembela hak asasi korban pemerkosaan umumnya mendukung janin untuk digugurkan, karena memperhatikan kesulitan ibu untuk memelihara anak yang tidak pernah dia maksudkan untuk dia hamilkan. Sebetulnya ada jalan keluar untuk membatalkan kehamilan akibat pemerkosaan tanpa harus menggugurkan kandungan, yaitu dengan menggunakan alat kontrasepsi darurat.

Alat ini berupa dua macam pilihan, yaitu bisa dengan pil KB maupun dengan alat khusus yang disebut IUD. Segera setelah perempuan diperkosa, sebaiknya korban segera menghubungi dokter kandungan untuk memperoleh alat ini, agar dirinya tidak sampek hamil.

Bagaimana alat-alat ini bisa bekerja mencegah kehamilan padahal korban sudah kadung diperkosa? Untuk mengertinya, kita mesti paham kenapa orang bisa hamil. Seperti yang kita tahu, untuk terjadinya kehamilan, sperma dari pria harus bertemu sel telur wanita di dalam saluran telur sang wanita, sehingga terjadilah janin. Syaratnya antara lain, 1) sel telur harus matang supaya bisa menghasilkan janin sungguhan; 2) hasil persatuan antara sperma dan sel telur, yang kita biasa sebut zigot, harus bisa ditanam di dalam dinding rahim.

Pil KB yang mengandung etinil estradiol ataupun levonorgestrel, jika diminum oleh korban pemerkosaan, bisa bekerja mencegah pematangan sel telur sang korban. Akibatnya sel telur yang dihasilkan akan layu, sehingga kalau pun sel telur itu sampek ketemu sperma, mereka tidak akan bisa bersatu membentuk janin. Dengan demikian sang korban tidak akan hamil.

Tetapi syaratnya, pil ini harus diminum cepat, paling lambat dalam 72 jam setelah terjadinya pemerkosaan. Kenapa? Coz, sel telur perlu waktu 72 jam untuk menjadi matang dan potensial menghasilkan janin.
Adapun IUD bekerja mencegah mekanisme kedua dari kehamilan yang saya sebut di atas. IUD ini dimasukkan oleh dokter kandungan ke dalam rahim, lalu IUD akan meregangkan bagian dalam rahim. Karena regang itulah, dinding rahim menjadi tipis sehingga zigot nggak bisa ditanam di dalam dinding rahim. Ketika zigot itu nggak tertanam, maka dia akan mati dan kehamilan pun gagal.

Supaya sukses mencegah hamil, IUD ini juga harus dipasang dengan cepat, yaitu paling lambat dalam lima hari setelah terjadinya pemerkosaan. Soalnya, zigot perlu waktu lima hari semenjak pertemuan antara sel sperma dan sel telur itu, untuk bisa nongkrong dengan nyaman di dalam dinding rahim dan berkembang menjadi janin.

Sekarang kita mengerti, bahwa ternyata masih ada harapan bagi korban pemerkosaan untuk tidak sampek hamil, asalkan dia langsung menggunakan salah satu alat KB di atas sesegera mungkin setelah ia diperkosa. Alat KB tersebut sebetulnya bisa diperolehnya pada praktek dokter kandungan, ataupun pada unit gawat darurat rumah sakit.

Kalau mau mendapat pertolongan pasca pemerkosaan yang menyeluruh, sebaiknya setelah diperkosa ia langsung lapor polisi. Polisi, selain akan menginterogasi dan membuatkan berita acara dari perkara pemerkosaan, juga akan membuatkan surat permintaan visum agar korban diperiksa dokter. Dengan surat permintaan visum ini, korban bisa mengetahui seberapa jauh pemerkosaan ini mengganggu kesehatannya, termasuk kemungkinan dirinya hamil. Dan pada saat melakukan visum, dokter bisa langsung memberikan alat KB untuk digunakan korban, supaya korban tidak sampek hamil meskipun telah diperkosa.

Pemerkosaan adalah musibah yang nggak pernah diinginkan perempuan. Tetapi hamil akibat pemerkosaan, jauh lebih tidak diinginkan lagi. Semoga dengan info alat KB darurat ini, polemik mengenai pengguguran kandungan akibat pemerkosaan bisa diredam, dan para korban pemerkosaan bisa mencari solusi yang aman untuk menolong dirinya sendiri.

http://laurentina.wordpress.com

www.georgetterox.blogspot.com

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

50 comments

  1. ada yg bertanya nih ke saya:

    penggunaan pil kb normalnya setelah masa haid, nah apabila kejadian malang terjadi di tanggal 3 sedangkan menurut perhitungan kalendar korban masuk masa haid tanggal 10 utk menggagalkan terjadinya pembuahan pil kb di konsumsi kapan?

    sebelumnya terima kasih utk jawabannya

    1. Halo.
      Pil KB yang digunakan sehari-hari setelah masa haid tidak sama dengan pil KB yang digunakan untuk menolong korban perkosaan.
      Jika kejadian malang terjadi di tanggal 3, sebaiknya korban sesegera meminumnya, paling lambat dalam 72 jam sesudah pemerkosaan, sesuai yang saya tuliskan di alinea ke-7.

  2. Halo Debie,
    Saya ikut berduka untuk musibah yang Debie alami.
    Silakan melapor ke polisi. Debie bisa melakukannya meskipun tanpa pengetahuan orang tua.
    Visum bisa dilakukan kapan pun. Tapi bukti pemerkosaan (yang semestinya terlacak dalam visum) bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu.

    Semoga membantu.

  3. debie says:

    Saya wanita usia jalan 21thn.. hari senin dini hari sekitar 2hari yg lalu.. saya di perkosa.. saya di beri obat perangsang dan di cekoki alkohol..dalam kondisi setengah sadar dn tifak sadar akibat obat perangsang dn alkohol tersebut saya d perkosa lebih dari 5 kali..
    pertanyaanya.. pertama, apakah usia saya tersebut bisa melaporkan krjadian ini ke pihak berwajib sendri tanpa di ketahui org tua?
    Kedua.. apakah masi bsa di lakukan hasil visum stelah kejadian brlangsung selama 2hari? Sementara bekas ciuman d leher dn memar d lengan masi bisa terlihat.. saya sangat sedih sx.. karna saya di tipuin mentah2 oleh dy..
    mohon infonya semua.. terimakasih

  4. harry says:

    kalau UID kayaknya masih bisa untuk mencegah kehamilan, tapi kalau pil kb 90% gak bakal bisa buat gagalin kehamilan. karena pil kb yang saya tahu itu ada aturan minum yang pas dan ada jadwal2nya juga.

    terimakasih

    1. Yang saya maksud bukan semua jenis pil KB, Pak. Tetapi hanya pil KB dari jenis zat tertentu. Dan bukan jenis pil KB yang dijadwalkan untuk diminum setiap hari selama sebulan menggunakan aturan minum tertentu itu.

      Terima kasih.

  5. Mus Rikar says:

    Dok, misalkan korban pemerkosaan itu lambat minum pil kb nya, misalkan 1 atau 2 bulan setelah diperkosa, apakah pil kb nya bisa menggugurkan janin atau memperkuat janin yg didalam perut korban, mohon solusinya Dok

    1. Pil KB tidak akan berfungsi dengan baik jika peminumnya sudah hamil. Tidak akan berfungsi menggugurkan kandungan dan tidak akan memperkuat janinnya juga. Karena minumnya juga tidak pada waktu yang tepat dan tidak akan diminum dengan dosis yang tepat juga.

  6. Visum boleh dilakukan kapan saja. Tapi semakin lama jarak waktu antara tanggal visum dengan tanggal pemerkosaan, maka semakin tidak akurat hasil visum untuk dijadikan bukti pemerkosaan.

    Testpack yang negatif lebih dari dua bulan adalah pertanda tidak hamil.

    Saya lebih peduli jika Dinda Risa memeriksakan diri akan terjangkitnya penyakit menular seksual yang mungkin ditularkan oleh pemerkosa Dinda Risa. Silakan memeriksakan diri ke dokter ahli kulit dan kelamin terdekat untuk memeriksakan kemungkinan tersebut.

    Semoga Dinda Risa dapat mengambil hikmah dari pemerkosaan ini, dapat bertindak untuk mencegah musibah lainnya yang timbul akibat pemerkosaan ini dan dapat melanjutkan hidup dengan tenteram.

  7. Risa says:

    Dok, saya korban perkosaan jg. Saking takut dan malunya saya hanya berkali2 cek testpack slama 4bln brturut- turut (sampai september 2014) dan hasilnya negatif. apa terlambat jk sya bru melakukan visum? apa yg harus sya lakukan dok? sya jg takut hamil. mohon solusinya dok

  8. tika says:

    dok, saya koeban pemerkosaan semalam.
    saya takut melapor ke polisi karena saya malu dan saya masih kulia. dok tolong bantu saya karena saya tidak mau hamil dan putus kulia. saya juga ga mau ortu saya jadi bertengkar.
    bantu saya dok…
    klau minum pil kb brapa butir yang di minum dan pil kb apa yang cocok. apa semua pil kb bisa digunakan.
    1 butir 1 hari ya dok…
    tolong bantu saya dok.

  9. siregar says:

    Aku salah satu korban perkosaan…tapi kejadian nya udah 1bulan lebih yg lalu.skrg aku hamil,dan gak tau harus berbuat apa2.

  10. zufi arzetta says:

    mba,.mohon bantuan pnjelasannya..

    ,..mohon bantuannya

    saya punya pacar yg jauh beda pulau..seminggu yg lalu, dia mengalami musibah, diperkosa seseorang..kami udh berencana ingin menikah, tpi msh terkendala jarak n waktu

    pertanyaan saya..qlo kejadian pemerkosaan itu sudah 1 minggu, apa ada kemungkinan hamil..?? saya berharap tdk. krn saya suguh2 ingin menikah dg nya n ikhlas atas apa yg sudah trjadi
    adakah kiat/cara khusus utk mencegah kehamilan? atau ramuan tradisional.
    krn bagaimanapun saya berharap agar dia tidak sampai hamil..

    saya berharap banyak atas jawaban mbak,..mohon secepatnya dikarenakn peristiwanya trjadi udh 1 minggu :'( terimakasih banyak sebelumnya

  11. irma says:

    mba untuk dosis pil kb yg diminum untuk kasus diatas (korban perkosaan, dll)agar hamil bs gagal itu seberapa ya mb? thanks.

    1. Hai Irma, pil KB itu ada banyak macamnya, sehingga dosisnya pun juga bermacam-macam tergantung jenis pil yang digunakan. Untuk dosisnya bisa ditanyakan ke dokter kandungan yang akan memeriksa Irma 🙂

  12. risdania says:

    naudzubilah bgd,,amit2 jabang bayi *ketok meja 3x..cuma ini bener2 info yg baru aq tau ney,,nambah ilmu deh..smoga ga perlu dijadiin nasehat ke seseorg,,apalagi dipraktekin,,hehe

  13. Ada beberapa penyebab kegagalan pil KB sebagai pencegah kehamilan:
    1. Kesalahan meminum pil. Lupa minum pil minimal satu hari, atau pil diminum berbarengan dengan obat-obatan lain, atau minum pil tidak pada jam yang sama setiap harinya.
    2. Pil terlambat diminum. Pada saat pil diminum, sel telur sudah kadung ovulasi, akibatnya pil tidak bisa mencegah pematangan sel telur. Jadilah sel telur bebas berenang menemui sperma sehingga terjadi kehamilan.

  14. IbuDini says:

    Vic..ada beberapa teman saya yang kecolongan , meskipun sudah minum pil KB tetep aja hamil.

    Dan kakak saya salah satunya…begitu di periksa udah hamil 4 bulan, dan kata dokternya pil kb bisa menjadi penyubur.
    Alhamdullilah sih anaknya gak kenapa-napa dan lahir dgn sehat.

  15. Wah, itu udah out of topic. 😀

    Ibu selalu punya pilihan, Rat. Mau meneruskan kehamilannya atau tidak. Yang jadi problem, kalau nggak mau meneruskannya, di mana bisa menghentikannya dengan cara yang legal. 😀

  16. Quinie says:

    oww.. gitu toh… great info. gua baru tau juga…
    btw, kalo ternyata jadi janin, mau gak mau harus dipelihara kah? any other choice?

  17. Ami says:

    menurutku dalam keadaan darurat, boleh digugurkan. seperti halnya perceraian itu dibenci oleh Allah, tapi dibolehkan. Gimana coba kalo maksain nikah trus masuk rumah sakit jiwa soalnya gak kuat dari sikap jahat suami lahir dan batin. (dari pengalaman pribadi setelah berkonsultasi dengan beberapa psikolog)

  18. 😀

    Ini sama seperti kita megang pisau. Kita tau pisau bisa bikin luka kalo dipake menusuk orang lain, tapi karena kita tahu luka tusuk bisa dioperasi, lantas kita bilang, "Aman! Korban gw nggak akan mati!"

    Memang, memahami artikel itu sangat bergantung pada cara berpikir dan moral pembacanya. 🙂

  19. ini bahaya juga sih. .
    gimana ya kalo ada pemerkosa baca artikelnya terus bilang, 'AMAN! Ga akan hamil korban gua!'

    yak, terjadilah. .

    Ini semua toh ttg moral. .

  20. Indikasi pemberian kontrasepsi darurat tidak hanya perkosaan. Selengkapnya indikasinya adalah:
    1. Perkosaan
    2. Hubungan seksual yang tidak direncanakan sebelumnya, sehingga tidak pakai kontrasepsi
    3. Ada kesalahan dalam penggunaan pemakaian kontrasepsi, misalnya:
    a. Kondom bocor, copot, atau salah makenya
    b. Coitus yang interruptus pada momen yang salah
    c. Salah ngitung masa subur
    d. Sudah pakai IUD di dalam, ternyata IUD-nya nongol keluar
    e. Biasa minum pil KB tiap hari, tahu-tahu lupa minum sampek dua hari
    f. Telat disuntik KB sampek lebih dari dua minggu

    Apakah untuk menegakkan anggapan perkosaan harus memakai visum? Enggaklah. Bisa dengan anamnesa dari pengakuan korban, ditambah hasil pemeriksaan fisik yang menunjukkan luka lecet, hymen yang robek, atau bekas sperma pada vagina.

  21. mikhael says:

    bu dokter saya mau tanya…
    indikasi pemberian kontrasepsi darurat, haruskah melalui mekanisme visum atau cukup dengan pengakuan tersirat bahwa pasien telah diperkosa?

  22. OEN-OEN says:

    yup, semua hal pasti bisa dimanfaatkan buat yang baik ato yang buruk, yang terpenting harus selalu ada kontrol sosial, tapi klo sex bebas udah g sulit ditemui, bahaya juga nih tips 🙂

  23. jarwadi says:

    saya ngga mengira kalau setelah hubungan sexual masih ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk menggagalkan kehamilan

    sebelum membaca artikel ini setahu saya pil kb dan iud hanya efektif digunakan sebelum terjadi hubungan sexual 🙂

  24. Claude, saat ini masih kontroversi pendapat bahwa janin boleh digugurkan sebelum umur tiga bulan. Memang di kitab suci agama saya disebutkan bahwa roh ditiupkan pada janin saat dia berusia tiga bulan. Mungkin ini yang membuat orang lantas mengira bahwa janin itu baru disebut punya jiwa setelah berumur tiga bulan.
    Tetapi saya sendiri punya pendapat lain. Pada saat janin baru berusia dua minggu, dia sudah punya bakal saraf lho. Kalo ada makhluk sudah punya bakal saraf, berarti dia kan sudah punya DNA. Kalo makhluk sudah punya DNA, berarti dia kan makhluk hidup? Mosok makhluk hidup mau dimatikan (atau istilah lainnya, digugurkan) biarpun umurnya belum tiga bulan?

    Ireng, ya, keberanian itu masalah lain. Saya angkat tangan soal itu. 😀
    Yang jelas, keberanian setiap manusia sangat dipengaruhi tingkat pengetahuan manusia yang bersangkutan. Karena itu saya menulis ini, untuk memberi tahu para perempuan, supaya mereka jadi berani minta pertolongan kalo sampek mengalami musibah ini.

    Pil KB sebetulnya dijual bebas. Tapi nggak semua pil KB bisa dipakai untuk mencegah kehamilan akibat pemerkosaan.
    IUD nggak bisa dipakai sendiri. Perlu bantuan dokter atau bidan untuk memasangkan pada penggunanya.

    Paling ideal ya pergilah ke dokter untuk minta tolong. 🙂

    Cahya, enggak lah, psikologi bukan keahlian saya 😀

    Mbak Tobytall, terima kasih buat komentarnya. Menurut kuliah yang diberikan dosen saya, pencegahan kehamilan pada pemerkosaan dilakukan dengan memberikan alat kontrasepsi berupa pil dan IUD. Pil yang diberikan memang serupa pil KB, tetapi dengan dosis yang berbeda dari dosis yang biasa diberikan pada program KB sehari-hari. IUD juga alternatif untuk mencegah kehamilan, bisa menggunakan Copper T atau Nova T. Selengkapnya, macam-macam pil KB dan IUD yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan pasca pemerkosaan dapat Mbak Tobytall baca di Buku Acuan Pelatihan Teknologi Kontrasepsi Terkini (Contraceptive Tachnology Update-CTU) terbitan Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, Jakarta, halaman U-54.

    Pil KB memang berfungsi menggagalkan proses hamil, yaitu dengan mekanisme yang saya sebut di atas, mencegah terjadinya persatuan antara sel telur yang matang dengan sperma, dan persatuan ini yang Mbak Tobytall sebut "pembuahan".

    Pak Joko, benar sekali, saya juga mikir, bahwa informasi ini mungkin bisa disalahgunakan oleh pasangan-pasangan yang berhubungan seks dengan sukarela namun tidak mau hamil. Tidak selalu pil KB ini berhasil menggagalkan kehamilan, Pak, terutama karena ada syarat-syarat yang harus terpenuhi di atas (batas waktu, dosis pil). Pada akhirnya, kita mengakui bahwa penyalahgunaan bisa terjadi pada apapun, dan cuman iman dan akal kita yang bisa mencegah itu.

    John, ya bisa saja pemerkosaan mengakibatkan hamil. Kan John bisa lihat di koran-koran banyak diberitakan perempuan hamil akibat pemerkosaan..

  25. Joko Sutarto says:

    Itu namanya sudah jatuh tertimpah tangga pula. Sudah diperkosa masih hamil pula. Kasihan si wanitanya.

    Pengetahuan ini sangat membantu yang awam yang terkena musibah pemerkosaan. Sepertinya perlu juga saya sebar luaskan.

    Hem, tapi ini juga bisa disalahgunakan oleh pasangan-pasangan tidak sah yang setelah melakukan hubungan, maaf lupa pakai kontrasepsi agar tidak sampai hamil. Wah-wah dilema juga.

  26. tobytall says:

    Saya nggak tau apakah ini masih ada di aturan kepolisian. Tapi sekitar 5 tahun yg lalu, kasus akan ditindaklanjuti kalau pada saat melapor ditubuh korban (masih) ditemukan (jejak) sperma. Padahal, kebanyakan korban perkosaan itu setelah diperkosa secara psikologis merasa dirinya kotor dan akhirnya langsung membersihkan diri. sehingga, ketika melapor ke polisi (dan tidak ditemukan jejak sperma) laporan dinyatakan gagal. Semoga, aturannya sudah diperbaiki.

    Soal pencegahan kehamilan, rasanya utk perkosaan – bukan dipakai IUD/pil kb. Tapi, ada sejenis pil (serupa pil KB) namanya unprotected intercourse pill. Yang bisa mencegah kehamilan pada senggama yang tidak dilindungi. Fungsinya bukan untuk menggagalkan kandungan, tapi menggagalkan pembuahan, asalkan dikonsumsi kurang dari 3 hari setelah intercourse. (catatan: pil ini yang pada akhirnya sering diperjualbelikan untuk menggugurkan kandungan – kalau nggak salah)

    Salam kenal VIcky. Artikelnya bagus deh.

  27. ireng_ajah says:

    Mungkin suatu hari nanti jika aku menjadi "The right man in the right place" bisa pake ini mbak… tapi milih2 gak yo korban yg mau ditolong?? hmmm :D:D

  28. ireng_ajah says:

    Butuh kekuatan untuk berani datang dan bilang "Dok, saya baru saja diperkosa…" apalagi jika cuma sendiri dan belum lagi waktunya cuma 72 jam

    Makasih infonya…

    Btw, pil KB dan IUD itu bebas ato harus ada syarat untuk mendapatkannya?

  29. Katanya janin kalo masih di bawah 3 bulan, masih belum termasuk "manusia" so it's ok kalo digugurkan, apalagi kalo alesannya perkosaan…pernah baca artikel di manaaaa gitu, lupa

  30. Rawins says:

    serba salah memang kalo sampai jadi
    digugurkan kasihan bakal manusia yang ga berdosa
    dilahirkan juga kasihan ibu biologisnya
    bingung dah mau komennya
    mungkin memang harus disebarluaskan tatacara p3k diatas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *