Razia Tebang Pilih

Di saat orang mulai menggunjingkan razia tempat makan yang buka di siang hari, saya malah heran kenapa orang belum merazia stasiun-stasiun tivi yang masih nayangin acara masak-memasak pada jam-jam puasa.Razia kok milih-milih? Apakah lebih gampang membredel warung-warung makan pinggir jalan ketimbang membredel Barra Pattirajawane dan Farah Quinn?Tahu yang lebih ironis lagi? Sebegitu tiarapkah iman umat saya sampek merasa perlu rumah-rumah makan ditutup lantaran dianggap menggoda iman umat saya yang lagi puasa?
http://laurentina.wordpress.com
www.georgetterox.blogspot.com

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

25 comments

  1. Beta, acara yang cocok buat saya ini jelas cara masak-memasak, mengingat saya orangnya gampang bosen dan seneng eksperimen bikin masakan baru, hihihi..

    Sulung, sebetulnya nggak ada yang perlu ditakutkan dengan makan terang-terangan kok..

    Mbak Yayan, Reyhan tergoda yah? Hihihi..yaah, biarin deh, namanya juga masih belajar.. 🙂

    Ayu, iya nih, aku ngerti maksudmu. Masih bertanya-tanya sekarang gimana caranya Ayu bisa nyari makan siang di tengah kantor saat semua warung dipaksa tutup..

    Adit, kita berdua sih udah gede ya. Jadi mau ada orang makan di depan kita pas lagi puasa pun, kita juga nggak akan terganggu.

    Mas Herman, akhir-akhir ini saya makin sibuk. Saya cuman bisa nulis sedikit-sedikit, coz waktu saya hampir-hampir tersita seluruhnya untuk pekerjaan. Tapi nggak pa-pa sih, saya jadi belajar untuk menulis lebih efektif, cuman menulis sedikit aja tapi bisa menyampaikan banyak hal. 🙂

  2. herman says:

    saia perhatikan blog mba makin mirip blog saia, yang simple postingannya. hehe..
    cukup 1 gambar+ 1 paragraf, sudah bisa menjelaskan maksud kita…

  3. herman says:

    skrg mau harap pemerintah bertindak adil susah. selama masi ada uang, hanya orang kaya yang bisa menikmati hukum, termasuk kasus tebang pilih diatas.

  4. Ditter says:

    Mungkin kita memang nggak boleh makan di depan orang yg berpuasa demi menghormati orang yg puasa. Tapi, ane yakin kita lebih nggak boleh menganiaya orang yg kita anggap nggak menghormati kita dlm berpuasa.

    Lagian masak puasa kita bisa terganggu banget kalo ngeliat orang makan. Kalau iya, mari kita tanyakan lagi sama diri kita sendiri, puasa yg kita lakukan lillahi ta'ala atau nggak, hehe….

  5. Mamisinga says:

    Alesan menghormati orang yang puasa bener-bener mengada-ada dan nggak nyambung.. Mungkin lebih tepatnya "minta dihormati", ya. Kasihan donk buat misalnya yang pada sakit jadi ikutan nggak makan..

    Yang puasa minta dihormati, gimana kalau dibalik yang puasa menghargai orang yang nggak puasa? No offense.

  6. REYGHA's mum says:

    jadi inget Reyhan waktu nemu acara masak di TV "ganti ah bu, puasa2 acaranya masak makanan enak godain aja…" iya ya pagi2 udah nayangin makanan enak..beuh mending bisa nyontek resepnya..hehehe

  7. Beta says:

    Iya nih liat acara masak2 ketika puasa bikin ngiler, tapi sebenarnya gak masalah kita aja yang harus pandai milih2 acara yang cocok buat kita.

  8. Saya rasa, membredel warung yang sudah sengaja menutupi jendelanya dengna tirai hanya karena dirasa tidak menghormati orang puasa adalah alasan yang sangat mengada-ngada. Acaranya Farah Quinn dan Bondan jelas jauh lebih provokatif ketimbang warung-warung pinggir jalan itu. Tapi saya jelas nggak suka kalau baik cara tivi maupun warung kaki lima sama-sama dibredel cuman gara-gara bulan puasa. Nggak dewasa banget.

  9. @zizydmk says:

    Bener banget Vick! Kemarin pagi tuh, kulinernya pak bondan ada, terus lanjut si farah quin. Alasannya masak utk buka puasa… masak kok pagi2 ….
    Kasihan warung2 yg dipaksa tutup itu, kan mereka cari makannya dari situ.

  10. ria haya says:

    kalau saya kurang suka, kalau cara menegurnya sudah memakai cara anarkis.
    ya semoga hal yang tujuannya baik dilakukan dengan cara yang baik pula 🙂
    peace…

  11. Nah, saya juga curiga, jangan-jangan orang-orang yang memerintahkan razia itu hanya orang-orang yang sebel lantaran nggak tahan liat rumah makan sementara dirinya sendiri ditahan nggak boleh makan.. :p

  12. mawi says:

    Yang merasa terganggu sebenarnya kan mereka, saya tidak, dan menurut saya hanya anak kecil yang bakal tergoda puasanya kalau melihat orang sedang bersantap.

    Jadi,mnurut saya mereka tak ubahnya seperti anak kecil…

  13. zan says:

    saya kadang juga sedih dan bingung ngelihat saudara2 kita yg katanya pembela islam, tp kok kelakuannya seperti mencoreng muka mereka sendiri pake ngerusak lapak orang jualan di bulan ramadhan…

  14. Bu Devi, jika Bu Devi ingin saya mempelajari agama Islam dengan sebenar-benarnya, mohon beri tahu saya hadis mana yang melarang membuka tempat makan selama bulan puasa padahal tempat makan tersebut sudah menutupi jendelanya dengan tirai demi menghormati orang yang puasa. Terima kasih.

  15. Anonymous says:

    bukan karena godaan buu,tapi lebih untuk menghormati orang yang berpuasa,kan dalam syariat islam itu tidak boleh makan didepan orang yang berpuasa demi menghormati yang puasa begitu,sedangkan acara tivi itu kan menampilkan resep2 toh,justru membantu tuh buat mempersiapkan buka puasa 🙂 jadi pelajarilah agama islam ini dengan sebenar2nya.devi.

  16. Arman says:

    iya bingung ya… namanya puasa bukannya untuk menahan godaan ya? kalo godaannya ditutup, berarti gak ada yang ditahan dong? hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *