Ada Saos Inggris di Burung Dara

Burung dara saos Inggris, Mie Tokyo, Nginden, Surabaya.

Saban kali saya cari resep burung dara di internet, pasti yang ketemunya adalah burung dara saos mentega. Nggak pernah saya nemu varian saos-saos lainnya, paling saya nemu burung dara saos jeruk, tapi kebanyakan selalu aja burung dara saos mentega.

Jadi sewaktu saya ke sebuah restoran Cina di kawasan Nginden semalem, saya disodori pilihan antara burung dara saos mentega atau saos Inggris. Saya milih saos Inggris, karena kalau saos mentega kan sudah banyak fotonya di internet, jadi saya mau potret sesuatu yang berbeda. (Oke, alasan saya milih menu makanan adalah karena saya berharap tampang makanannya cukup eye-catching untuk dipotret).

Maka keluarlah burung daranya, dan ternyata nampaknya burung dara saos Inggris nggak beda-beda jauh tampangnya dengan saos mentega. Lagian setelah saya baca dengan teliti lagi, resep-resep burung dara saos mentega menggunakan kecap Inggris sebagai bumbunya. Maka terbitlah pertanyaan saya sebagai mahasiswa kost yang jarang banget masak, apa bedanya kecap Inggris sama kecap biasa? Kenapa saya susah nemu kecap Inggris di minimarket sebelah apartemen saya?

P.S. Ada yang seneng makan burung dara kayak saya? Kita kencan yuuk.. 😉

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

31 comments

  1. mawi wijna says:

    Burung Dara dan Merpati itu serupa ya mbak? Hmmm… kok buat saya unggas itu lebih nikmat dengan kecap manis ya? Masalahnya saya sering gagal masak ayam dengan kecap inggris, rasanya jadi asin aneh gitu. Kecap inggris itu dari apa pula…

  2. Serius Vic, seumur idup gw belom pernah loh nyobain burung dara. Ga tega boo mo makan makhluk berjenis burung hehehe

    Btw kencannya di Miri ajah gimana?? Dikau kapan atuh maen kemari nengokin ponakan cantik2 Princess Double Zee???

  3. Arman says:

    waaa gua penggemar berat burung dara!!!

    kalo gua sih taunya ya kalo di surabaya emang kita biasa nyebutnya saos inggris. tapi kalo di jakarta, masakan yang pake saos inggris tuh disebutnya goreng mentega… 😀

  4. Ninda Rahadi says:

    rrrmmm… kecapnya merk inggris?
    atau burung daranya nembak di Jalan Inggris alamat Indonesia?

    saya suka burung dara mbak… tapi sudah lama banget gak makan. itu rantang harganya berapaan ya mbak?

  5. vany says:

    ah, saia suka makan burung dara, mbk…gurih sih rasanya..mau dong dtraktir mbak vicky.. 😀
    btw, ini resto mie tokyo yg mana, mbk? coz setahu saia d nginden ada 2 mie tokyo yg lokasinya berdekatan…hehehe

  6. Kevin says:

    wah kalau itu aku gak tahu mbak.
    mungkin karena dulu Tiongkok dijajah sama Inggris kali yah? #ngaco

    kalau mau makan burung dara supaya nggak belepotan ya mungkin harus nyari masakan burung dara saos mentega yang di presto.

    #sampe sekarang belum pernah nemu sih…

  7. Rangga, kencan sama saya nggak enak. Soalnya saya tukang majakin makanan tetangga..

    Mas Eko, memang Mas Eko ini nggak banyak mikir, yang penting makan jalan terus.. :p

    Kevin, kenapa kaum Tionghoa lebih suka pakai kecap Inggris? Apakah kecapnya Tionghoa kurang enak?.. *ngeyel*
    Terus, gimana caranya makan burung dara supaya nggak belepotan? Kan susah tuh menggerogotin kulit dan daging dari tulangnya yang kecil-kecil itu?

    Mbak Anggie, di mana tuh burung dara yang terkenal di Semarang? Kakaknya pacarku tinggal di Semarang, mungkin bisa aku titip dia. Apakah burung daranya tahan lama kalo dibawa ke Surabaya? Nggak basi?

  8. Kevin says:

    o ya waktu pesta nikah dulu, saya juga kalau makan burung dara belepotan, suka dimarahin sama mami :D.

    tapi yah mau gimana namanya masih kecil 😛

    #jadi kangen masa2 kecil

  9. Kevin says:

    mbak Vicky:

    kalau di pesta nikah ya waktu udah duduk dong mbak. waktu standing party kan cuma toast doang waktu pengantinnya berjalan masuk gedung.

    kalau di pesta nikah, setahu saya saos mentega (la tulisannya gitu). saya belum pernah makan yang saos inggris mbak.
    tapi emang masakan Tionghoa banyak pakai kecap Inggris (gak tahu kenapa).

    lha wong saya cuma tahu jadi terus makan 🙂

  10. Rawins says:

    aku kalo makan bener bener manut sama ibue
    makanya ga pernah tau itu saos inggris apa kunci inggris
    asal dicicipin enak langsung embat
    kaya kalo makan sifud ditanya saus tiram apa asam manis
    aku cuma bisa bilang yang kayak di sana itu loh…
    hehe katrok

  11. Dan sekarang aku tambah bingung kenapa harus dinamain kecap Inggris. Jelas sekali kalau masakan-masakan selama ini tidak pakai kecap yang kudu diimpor dari Inggris. Kenapa nggak dinamain saos sesuai nama alamat pabrik kecapnya aja sih? Misalnya kecap Kudus, kecap Bogor, kecap Palembang, toh pabrik kecap memang ada di sana.. Oh iya, apakah kecap "Inggris" di burung dara ini juga menggunakan ikan sebagai bahan kecapnya? Mungkin akan lebih efisien kalau menu ini dinamain "burung dara saos ikan" aja..

  12. BabyBeluga says:

    Disini gga ada tuh kecap Inggris. Yg disebut ketchup disini adalah saus tomat disana. Bingung kan….. yg namanya kecap, kayaknya disini orang2 gga pake kecuali orang Asia atau bule yg masak makanan Asia. Yg ada, sih worcestershire sauce. Yg menurut aku sih kayaknya kecap Inggris. Kalau bukan, yah mungkin mirip2 deh. Bedanya ama kecap Indonesia, rasanya gga sepeliket kecap Indo dan salahsatu ingredientsnya adalah anchovy (ikan kecil2 macem ikan teri).

  13. Saya pingin tahu, Kevin, kalau burung dara disajikan di pesta nikah, gimana cara makannya? Apakah dalam keadaan standing party atau bisa pakai pisau-garpu? Mengingat tangan saya selalu belepotan kalau menggerogoti burung dara..

    Oh ya, apakah disajikannya pakai saos inggris atau saos mentega? Apa bedanya? Kan saos mentega pakai kecap inggris juga..

  14. nique says:

    sudah tau lama tentang keberadaan kecap inggris, cuma blom njajal rasanya, sehingga blom bisa mbandingin rasanya dengan kecap biasa.
    kira2 di minimarket depan rumahku jual kecap inggris ga ya? *tkp*

  15. Kevin says:

    wahhh..
    burung dara…
    mau… 😀
    jadi teringat waktu kecil tiap ada pesta nikah pasti menu burung dara yang paling saya nantikan. 🙂

    #saya penggemar Chinese Cuisine , terutama burung dara saos mentega sama nasi goreng Hongkong.

  16. adooooooooooo..kok di coret mba..gak ada cara laen apa???heheheh

    ada sih kecap..tapi cukup untuk penyedap aja..gak sampe full kuechap smua…contohnya yg kaya di foto mba..klo burung dara di daerah saya di juice mba *hhahahah bcanda..

  17. langsung tunjuk jari…
    saya suka makan burung dara,
    tp sm cuma yang saos mentega,,
    hhahaha…

    memang mbak Vicky apartemen nya dmna, langsung ajak kencan..*looh.. (anak kecil bercanda) :p

    salam kenal, first visit,:D
    salam dr bogor

  18. hahahahaha….klo di daerah saya mba justru jrg makanan di laburin KECAP dan saya juga kurang suka dengan budar, coba klo saya juga suka makn burung dara..pasti uda bisa kencan sama mbak vicky..hehehehehe
    😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *