Cewek Jangan Pucat Dong Ah

Kemaren ada teman nge-twit bilang kalau dia sudah dicek darah dan ternyata hasilnya kena anemia. Nggak tau sebab anemianya apa, karena itu tidak diperiksa lebih lanjut. Kali ini saya akan kasih tahu tentang kesulitan yang bisa nongol gara-gara anemia pada seorang cewek muda seperti kita-kita ini.Penyebab anemia itu macem-macem, bisa karena cacingan, bisa karena kanker, bisa karena kekurangan asam folat. Untuk tau sebab pastinya, kudu periksa dulu ke dokter, orang awam nggak punya kompetensi untuk mengetahuinya sendiri. Tapi sebetulnya kita bisa menebak-nebak. Kalau bokong sering terasa gatel dan badan nampak kurus, bisa disinyalir itu sebetulnya cacingan di dalem perutnya, cacing itu mengisap zat besi yang ada di dalem usus sehingga manusia yang bersangkutan kekurangan zat besi untuk kepentingan gizinya. Adapun kalau malem-malem sering mengeluh badan panas dan berat badan susut sampek 10 kg dalam tiga bulan terakhir, bisa jadi ini anemia karena kanker. Sebenarnya ada macam-macam penyebab anemia lain, tapi karena saya murid sekolah dokter kandungan, saya akan menulis tentang anemia akibat kekurangan asam folat lantaran hal yang satu ini cukup berbahaya buat cewek-cewek yang masih menstruasi macam kita-kita.Asam folat itu sebetulnya gizi juga, tapi di dunia ini memang ada orang-orang yang makanannya kekurangan asam folat. Fungsi asam folat adalah pembentukan sel-sel untuk menciptakan tubuh manusia, dan ditengarai kekurangan asam folat adalah tersangka utama penyebab terjadinya bayi-bayi yang ketahuan mengalami cacat ketika dilahirkan. Jadi, pada cewek-cewek yang punya anemia akibat kekurangan asam folat, jika mereka sampek hamil, besar kemungkinan mereka akan melahirkan bayi yang cacat.Sekarang sudah banyak susu-susu yang diproduksi dengan menyelipkan asam folat di dalamnya. Maksudnya, cewek yang minum susu ini akan dapet pasokan asam folat, sehingga kalau dia sampek hamil, kemungkinan bayinya lahir cacat akan berkurang.Bisakah kita mengetahui apakah kita ini kekurangan asam folat, supaya kita bisa mencegah diri kita melahirkan anak yang cacat jika kita hamil suatu saat nanti? Jawabannya, saat ini belum bisa, karena alat untuk mengecek itu belum dipasarkan di Indonesia untuk kepentingan komersial. Tapi kita bisa mulai dengan mencari tahu apakah kita ini punya anemia atau tidak. Jika kita punya mata yang pucat, rona kulit yang nggak berseri-seri, bodi lemas dan sering kelelahan, sebaiknya pergilah ke laboratorium dan cek hemoglobin. Jika hemoglobin kurang dari 11, berarti kita memang anemia, dan bisa jadi kita memang kekurangan asam folat.Apakah kekurangan asam folat yang bikin anak cacat ini bisa diantisipasi dengan minum pil-pil suplemen zat besi macam ****bion yang saat ini banyak dijual di warung sebelah rumah? Hehehe..jawabnya, nggak bisa. Soalnya segala macem pil yang berakhiran -bion itu kan isinya asam folat, tapi isinya zat besi. Beda fungsinya dong ah..Menjadi cewek jangan sampek kurang asam folat ya, supaya anak-anaknya juga sehat. Milikilah darah dengan Hb cukup. Jadilah cewek dengan badan berseri-seri, jangan pucat kayak Bella Swan. Bella itu, belum jadi vampir aja udah pucat, apalagi kalau udah jadi vampir di Breaking Dawn part 2 nanti..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

24 comments

  1. JAdi inget Vic pas gw hamdun Zafira gw sempet kena anemia (yang gw curhat ke diaku sekalian konsultasi). Apa itu juga Say penyebabnya gw pendarahan dan jadi banyak komplikasi pasca berojolan??

  2. Ditter says:

    Waduuh.. Aku kurus, padahal makannya banyak. Juga cepet cape. Jangan-jangan cacingan. Harus minum obat cacing nih kayaknya….
    Btw, obat cacing yg dijual di apotek dan warung-warung itu ampuh untuk membasmi cacing-cacing di dalam perut nggak, ya? Maksudnya sampe sembuh total gitu….

  3. Dee Ayu says:

    Mba Vicky, berarti bener yah klo aku denger2, sebelum hamil sebaiknya mengkonsumsi asam folat?
    klo saat masa kehamilan, dulu sih emang dikasih tu vit asam folat 🙂

  4. Ancen Mbak Manda iki soro. Rela mati demi digigiti Edward Cullen :))

    Wijna, hemoglobin rendah alias anemia itu ada yang bawaan lahir, ada juga yang diakibatkan penyakit yang belum berusaha disembuhkan oleh penderitanya. Menaikkan kadar hemoglobin bisa dilakukan dengan konsumsi makanan-makanan tertentu, konsumsi suplemen tertentu, atau dengan transfusi darah, tergantung dari penyebab anemianya sendiri.

  5. mawi wijna says:

    hmmm, gadis saya itu kadar Hemoglobinnya tergolong rendah mbak dokter. Kalau sedang datang bulan dirinya gampang kena anemia dan ujung-ujungnya rentan terjangkit penyakit.

    Apa bisa ya menaikkan kadar Hemoglobin? Apa itu sudah bawaan dari lahir?

  6. Pitshu, Hb yang normal adalah antara 11 s/d 18.

    Mbak Inten, asam folat masih bermanfaat buat kita meskipun sudah nggak hamil lagi. Boleh beli sendiri. 🙂

    Mbak Monic, kalau kepingin tahu Hb-nya cukup atau tidak, kudu cek ke laboratorium dulu. Cek ini sebetulnya nggak rutin, hanya kalau disarankan dokter aja untuk keperluan-keperluan tertentu. Tapi kalau kepingin inisiatif cek sendiri ya boleh-boleh aja 😀

  7. inten says:

    Dulu waktu masih ke Dokter kandungan selalu diresepkan suplement asam folat. Trus udah lama nih gak ke dokter lagi, apakah boleh beli suplemen asam folat sendiri dan minum sendiri? Dulu dokter resepinnya 1 butir per hari.

  8. Mbak Latree, Mbak Yayan, Deppy, suplemen ****bion itu memang untuk anemia. Tapi hanya bermanfaat bagi anemia yang disebabkan kekurangan zat besi, tidak bermanfaat buat anemia yang disebabkan kekurangan asam folat.
    Asam folat bisa diperoleh dari konsumsi makanan-makanan tertentu, misalnya asparagus, ati, dan sayur bayem.

    Untuk yang sudah emak-emak seperti Mbak-Mbak ini, asam folat masih penting, terutama sebagai vitamin untuk mencegah sakit jantung dan stroke.

    Risda, kayaknya kamu ndak pucat deh, muka seger gitu, hahaha..

    Hani, kalau kepingin badan naik 10 kg ya makan yang banyak dong, hihihi..

    Elsa, memang Bella itu sama sekali bukan role model yang baik, wkwkwkwkwk..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *