Telat Haid? Jangan Kuatir

Seorang teman yang waswas curhat ke saya bahwa dos-q telat mens sekitar seminggu. Dos-q sudah beli test pack dan hasilnya negatif. Jika dia nggak hamil, ke manakah mensnya?

Ini sebenarnya sering dijumpai, kita telat mens dan kita langsung bertanya-tanya apakah kita hamil. Lebih gampang menerima jika test pack-nya positif, kalo hamil paling-paling ya tinggal dilanjutin. Tapi gimana kalo test pack-nya negatif dan kita nggak mens-mens jua, bukankah mens nggak teratur itu merupakan pertanda ketidaksuburan? Dan bagian yang penting, hampir 90 persen perempuan di dunia ini ternyata siklus haidnya nggak teratur (meskipun jumlah perempuan mandul di dunia ini nggak sampek 10 persen). Dan nampaknya, perempuan jaman sekarang, meskipun mereka nggak kepingin hamil pada saat yang tidak mereka inginkan, mereka lebih takut mandul.

Mari kita mikir pelan-pelan. Pertama-tama, harus disadari konsep bahwa yang namanya mens itu harus teratur. Definisi teratur, sekali siklus berlangsung antara 18-45 hari. Artinya, kalau saya mulai mens hari ini, maka saya harus mendapatkan mens lagi paling telat adalah 45 hari dari hari ini. Misalnya saya mens mulai tanggal 1 Januari, maka paling banter tanggal 14 Februari harus mens lagi.

Lha kalau sudah lewat 45 hari dari mens terakhir, tapi nggak mens-mens lagi, gimana? Kemungkinannya dua: 1) memang hamil. 2) siklus mensnya kacau, karena ovulasinya telat. Kalau ingin tahu apakah hamil atau enggak, cara paling gampang ya dengan alat-alat tes kencing yang bisa diperoleh di supermarket. Tapi harus diinget bahwa jika hasilnya negatif pun belum tentu juga si cewek itu sungguhan nggak hamil. Karena masih ada kemungkinan alat tes itu punya error 1%, maka jika si cewek yakin dirinya hamil, boleh ulang tes lagi bulan kemudian.

Tapi gimana kalau sudah di-USG pun ternyata memang nggak hamil, dan mens belum datang-datang jua? Maka dalam hal ini bisa dibilang bahwa memang si cewek punya kesulitan buat mens, dan penyebabnya bisa macam-macam. Jika ditengarai bahwa si cewek itu pernah mens 1-2 bulan sebelumnya, maka bisa dibilang bahwa siklus mensnya nggak teratur. Tapi kalau si cewek sudah nggak mens sama sekali sampai enam bulan, maka bisa dipastikan bahwa si cewek memang nggak bisa mens sama sekali (istilah latinnya: Amenorrhea).

Mengapa siklus mens bisa nggak teratur? Untuk sebagian besar cewek yang memang badannya sehat-sehat aja (nggak punya penyakit diabetes, penyakit gondok, dan lain-lainnya yang serius), sebetulnya penyebabnya memang murni karena stress. Soalnya, stress di pikiran bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan ovarium untuk “mogok”, sehingga hormon-hormon yang bertugas mengatur pengeluaran menstruasi pun tidak akan berjalan dengan lancar.

Bisa aja sih hormon ini diatur dengan obat-obatan, tetapi konsekuensinya si cewek akan tergantung pada obat-obatan pengatur mens ini seumur hidup. Padahal penjahat utama dari penyakitnya kan stress-nya, bukan hormonnya yang nggak mau jalan. Jadi supaya mensnya teratur, kuncinya ya stressnya harus hilang dulu dong.

Bagaimana kalau sudah ditunggu sampek enam bulan nggak mens-mens juga dan nggak hamil pula? Dalam hal ini dokter akan mulai pemeriksaan menyeluruh, mulai dari memastikan bahwa si cewek itu memang memproduksi hormon-hormon yang dibutuhkan supaya bisa mens sendiri, sampek memeriksa apakah ada kelainan di dalam kandung telur, rahim, dan bahkan otak, yang membuat si cewek nggak bisa mens. Beberapa contoh kecil: Kegemukan bisa bikin kandung telur punya benjolan kecil-kecil yang menghalangi pengeluaran sel telur yang matang. Cewek yang pernah dikuret akibat dulunya keguguran, ada kemungkinan kecil bisa mengalami kerusakan di rahimnya sehingga rahim nggak bisa ngeluarin darah mens. Penyakit TBC yang dulunya dikira cuman masalah batuk-batuk, kalau menjalar ke rahim bisa bikin nggak mens juga lho.

Tentu saja kemungkinan solusi untuk membuat kita-kita yang nggak hamil ini untuk menjadi mens lagi beragam, tergantung pada kondisi badan kita yang berbeda-beda. Tapi kabar baiknya, sebagian besar acara terlambat haid yang terjadi pada kita-kita yang masih muda dan tidak hamil ini, adalah memang karena stress, sedangkan penyakit-penyakit yang saya sebutkan terakhir itu kejadiannya jarang-jarang. Jadi sudah tahu sendirilah obatnya kan.. 🙂

Satu hal yang harus dicari, kenapa kita begitu panik kalau terlambat haid? Apakah kita takut hamil atau takut mandul? Kalau takut hamil, nampaknya nggak ada yang bisa dilakukan selain test pack ulang beberapa minggu lagi, karena sebetulnya alat test pack itu paling akurat cuman pada kehamilan menginjak umur minggu ke-8 sampek ke-12. Tetapi kalau masalahnya adalah takut mandul, maka ada baiknya kita mengevaluasi apakah selama ini mens kita ini sudah teratur. Boleh juga potong kompas dengan pergi ke dokter kandungan untuk minta diperiksa USG, dalam hal ini dicari apakah jumlah sel telur kita cukup mumpuni untuk bisa dibuahin oleh suami. Periksa USG ini perlu diperiksa mungkin sampek berkali-kali dalam sebulan, karena memang untuk menilai kualitas dari siklus haid kita memang nggak bisa hanya dengan satu kali pemeriksaan.

Semoga mens Anda teratur, dan Anda bisa hamil pada saat Anda menginginkannya. 🙂

www.laurentina.wordpress.com
www.georgetterox.blogspot.com

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

72 comments

  1. Klo aku udh telat tetep berhubungan klo suami minta, dulu sebelum tau positif ya bawaannya kaya PMS tuh males buat HB, tp klo suami pas pulang ya masa sih kita cuekin kan gak tiap hari ketemu, cuma pas weekend itupun kadang gg sekali.

  2. Brilian says:

    dok..nama saya prilian..umur saya 25 tahun..saya merasa mens saya sangat tidak teratur. tinggi badan saya15enam, berat badan enam puluh kg. saya kesulitan mendapat haid kurang lebih sudah delapan bulan,kira-kira apa penyebabnya dok? saya sudah test kehamilan dan hasilnya negatif
    mohon info dan penjelasannya,..makasi

    1. Orang yang sudah pernah haid, kemudian tidak haid lagi selama lebih dari enam bulan, dan tidak hamil, bisa terjadi karena kelainan pada rahim (misalnya pernah dikuret atau dioperasi). Bisa juga terjadi karena TBC. Bisa juga karena tumor pada bagian-bagian tertentu di otak. Bisa juga karena kandung telur terlalu lelah untuk mengeluarkan sel telur.

  3. ratih says:

    Dok, saya mens teratur, stiap tgl 20an, bulan kmaren saya mens tgl 24 november, tgl 19 desember saya melakukan hubungan dgn suami saya tp tdk dikeluarkan didlm, apakah sperma bila dikeluarkan dekat mrs.v bisa menyebabkan hamil dok? Karena sampe skg saya blm mens.. sbenarnya masa hidup sperma diluar brp lama dok? Dan kapan ciri2 kehamilan dpt dirasakan? trims dok.. ditunggu jwbannya..

  4. mirza says:

    Dok saya sudah menikah 2 tahun tapi belum kunjung juga datang buah hati.
    Saya mens teratur trs dok,bulan kemarin tgl 6-10.tapi bulan ini tgl 9,padahal kami sudah menanti kedatangan buah hati!apakah mens yg terlambat itu faktor setres juga dok?trims

  5. Anonymous says:

    dok,saya lula…mau cerita nih,,,saya baru menikah kmrin tgl 10 oktober 2013,,terakhir datang bulan tgl 16 oktober 2013 terus sampai sekarang blm datang bulan juga dok…sudah di tespact hasilnya negatif terus

  6. ers says:

    dok, 9 september sya haid. Kmdian 8 oktober sya flek coklat. Tp hanya shari. Dan stlah itu smp skrg sy g haid. Tp saya TP hasilnya negatif. Mau usg tp suami blg nunggu TP positif. Menurut dktr gmn? Biasanya siklus haid sy 30 hari. ap sy hamil?

  7. yola says:

    Dok sdkit sharing ne.
    Ak mens terakhr tgl 5 okt ( awal mens ak lupa) .nah tgl 16 okt ak keputihan dan ke dokter kulit dan kelamin di rs.kt dkter ak kenaa jmur.keputihanya wrna putih susu dan kdang flek slma bbrpa hari.tp stlh mnum obat dan tgl 22 ak kontrol lg kt dkter sudh bagus.nah tapiiii smpe skg sy blm mens lg.bysnya toket sakit tp ini cma kram2 perut bawah aja.ampe skg blm kluar jg.kmren ak ke dkter di kebidanan rs.sruh di testpack dl.ufa testpack 2x hsilny nrgatif.apa bsa krn stres? Tp stres yg bagaimana yg bsa bkun telat.sy dksh obat primulot 5 mg.2 hari sy mnum msh blm jg kluar.
    Tolong di analis y dok.kira2 ak knpa?

    1. Segala macam stress bisa bikin telat menstruasi. Jadi jika Mbak Yola ingin menstruasi lagi, silakan bekonsultasi dengan ahli kebidanan sampai pengobatannya selesai dan perbaiki kesehatan jiwa Mbak Yola supaya stresnya hilang.

  8. jeane says:

    Dok, siklus mensturasi saya kadang tidak teratur.
    saya terakhir mens 23 September – 28 September lalu
    tapi kok sampe sekarang (hari ini – 07 Nov) saya blom mens lagi ya dok.. apakah ini normal dok? apakah ada solusinya dok? :'(
    Mohon bantuannya. Terimakasih

  9. magdalena says:

    dok, siklus menstruasi saya memang tidak teratur bahkan bisa sampai 48 hari.. terakhir mens tanggal 3-9 september lalu.. tapi kok sampai sekarang akhir oktober belum mens lagi padahal sudah lewat 48 hari.. yang mau saya tanyakan, apakah ini normal dok? belakangan ini memang saya sedang stress.

  10. Jessy Lia says:

    Mlm,, sy haid jarang dr umur 13thn sdh haid tp 1thn cuma 2x haid,,, paling banyak 1thn 4x haid,, sy mnikah umur 3thn yg lalu & haid tetep jarang,,, sy blm hamil jg,,, sdh tes USG di ksih obat tp blm hamil jg,,,, apa mungkin mandul,,,? :'( makasih,,,,

  11. vykim-kai says:

    Dok, tanggal 11-15 september lalu saya haid dan siklus haid saya 20hr sekali, tiap bulan juga saya haid nya teratur, tp utk bulan sekarang saya blm haid harusnya tanggal 5 sudah haid. Saya emang kefikiran terus ko belum haid. Apa ini bisa dikatakan stress? Saya juga belum nikah. Mohon jawabannya dok. Terima kasih.

  12. Anonymous says:

    dok,saya lia usia 19 blum menikah,saya trakhir haid 18 juni sampai sekarang blm haid.solusinya gimana ya dok?

  13. dok, haid terakhir saya bulan Juni 2013, sampai saat ini belum haid lagi. kemarin sudah diberi resep dokter primolut, sudah dihabiskan, dan sudah 6 hari sejak obat terakhir diminum belum juga datang haidnya, sebelumnya tidak pernah selama ini, paling 2 bulan ngga mens, dan Sept 2012 lalu saya dikuret krn janin tidak berkembang, apa yg hrs sy lakukan dok ? terima kasih sblmnya

  14. andromeda says:

    malam dok, istri sy sudah 2 bulan ini telat mens padahal siklus sebelumnya juga telah selama 3 bulan, apakah ini yg dimaksud kelainan dok? karena istri sy sebelum nya emng siklus mens nya tidak teratur,

    dulu pernah di usg luar dan hasilnya rahimnya bersih g ada apa2, jadi tindakan apa yg sebaiknya kami lakukan dok memgingat pernikahan kami sdh memasuki 1 tahun

  15. Dikhawatirkan ada kesalahan pada TP dok seperti istilah 'negatif palsu' pada TP.

    oh iya dok, Saya kemarin baru saja TP lagi dan ternyata negatif lagi.
    Tapi pertanyaan saya, kenapa sampai sekarang saya masih belum haid, ini sudah telat 16 hari.
    apakah saya sakit dok?

    Oh, begitu ya dok. maaf kalo saya terlihat sok tau.
    *referensi internet 🙂
    Tapi lebih akurat mana antara test darah atau USG untuk mendeteksi kehamilan di usia dini, dok?

    1. Dengan mempertimbangkan bahwa menstruasi terakhir Anda 27 Juli, dan test pack Anda tiga kali negatif, jadi mungkin Anda punya masalah kesuburan.
      Boleh kok Anda pergi ke dokter kandungan dan memohon USG untuk pengecekan fungsi sel telur.

      Test darah tidak bisa mendeteksi adanya janin di dalam tubuh kita ya.

  16. langsung aja dok,saya mustika.
    bulan kemarin saya mens tgl 27juli, sekitar tanggal 18-20 Agustus saya berhubungan badan sama suami saya tapi tidak keluar di dalam, dan sampai sekarang tanggal 7 september belum dateng bulan, kemudian saya coba TP 2 kali (selang siminggu) tp hasilnya negatif.
    yang mau saya tanya kan:
    1.apakah tanggal 18agustus itu waktu subur saya?
    2.apakah saya hamil?
    3.kapan waktu yang tepat buat meriksain ke dokter / TP kembali?

    1. 🙂 Anda toh belum tentu hamil. Dan telat haid tidak selalu berarti hamil. Jadi silakan test pack dulu.

      Oh ya, USG tidak hanya untuk usia kandungan yang sudah berumur lama. USG berfungsi juga untuk mencari informasi apakah rahim itu mengandung janin atau tidak. Dan itu bisa untuk usia kandungan berapapun.

    2. Sebaiknya test melalui cek darah atau kah USG dok? Untuk telat datang bulan seperti saya ini (telat 12hari)?
      setau saya, bukannya USG diperuntukan jika usia kandungan yang sudah berumur agak lama (tua) ya dok.

    3. Bisa jadi tanggal 18 itu waktu subur Anda, bisa juga bukan.
      Belum bisa dibilang hamil jika test pack-nya negatif dan belum ada tanda kehamilan pada USG.
      Coba tes pack lagi bulan depan.

  17. anatasia says:

    bu dokter, saya terakhir mens tgl 10 mei lalu. Sampai skrg blm mens jga. Saya gak pernah brhubungan sex. Itu gmana dok?

  18. Selamat sore bu dokter, saya bulan juli lalu haid , tetapi bulan ini saya belum dapat haid , saya sudah terlambat satu minggu , apakah saya di katakan hamil tetapi selama bulan juli sampai dengan agustus saya tidak pernah berhubungan intim dan pola tidur saya dua bulan ini memang kacau tidak teratur. Apakah terlambat haid saya di sebabkan stres ? Apakah saya memang hamil, Terimakasih dok , semoga cepat di balas 🙂

  19. el ninoe says:

    Pagi bu dokter,saya prnh keguguran HPHT 25feb,maret tdk haid,15april haid,saya testpack negatif,setelah haid saya cek ke dokter,ternyata saya keguguran,sya terlambat cek ke dokter krna berpatokan dg testpack, skrg saya sdh telat haid 3hari,tapi msh negatif juga,kira" kpn wktu yg baik untuk saya memeriksakan kondisi saya? Thanks atas pencerahan nya.. Salam 'elninoe"

  20. Malam bu vicky.. bulan lalu saya haid tgl 5 juli. Dan hari ni 7 agustus saya belum haid. Td test pack hasilnya negatif. Kira kira saya hamil ga ya?

  21. dian manika says:

    malam bu dokter.. saya trkhir mens tgl 2 juni 2013, bulan juli ini sy ga mens, smpe skrg tgl 3 agstus saya juga blum mens..kira" bagaimana ya??

  22. bila tabita says:

    Pagi mba…

    mba, tggal 4-10 juni saya mens..dan tggl 26-3 juli mens lagi..berarti dlm 1 bulan saya 2x mens..biasanya tidak pernah seperti itu…dan sampai saat ini tggl 30 juli mens saya belum dtg..kira2 apa penyebabnya y mba ? mohon penjelasannya..
    Trimakasih.

  23. Info yang bagus,,
    kalo misal,stres.nya gra2 mikirin terlambat bulan,,bisa jadi salah satu kriteria stressnya bkan ??
    apa mungkin cuma stres di awal yang menjadi faktor mens gag lancar dok ??

  24. Yuri Tulus says:

    gimana kalo siklus haidnya ga tratur, trus brhub intim.. gmna cranya bisa tau kalau udah telat atau blum nya ya?? apa pnjlasan yg di atas ttap brlaku utk haid smpai 45 hri???

  25. mikhael says:

    Informasi yg bermanfaat…
    biasanya kalau dapat pasien telat haid, pertanyaan yg pertama kali saya ajukan "Anda masih Nona apa sudah Nyonya?". Kalau jawabannya masih Nona, ini yang bikin saya ekstra waspada (heheh..). Pernah juga sy dapat pasien Nyonya, telat haid 3-4 bulan… Saat hampir putus asa mewawancara (karena tidak jelas kelainannya), saya tanyakan "Apakah ibu saat ini ada beban pikiran saat ini?" Pasien tsb menangis di depan kami. Psikosomatis.

  26. Milo says:

    boleh OOT gak?

    kalo nge-flek selama satu atau dua hari di antara dua waktu mens (sekitar dua minggu setelah mens pertama selesai dan dua minggu sebelum mens kedua) itu akibat stress juga nggak? soalnya nggak ada accident juga sih.

  27. untungnya aku tipe orang yang selalu nyoretin waktu mens ya, jadi sadar kapan telat dan kapan enggak, waktu terakhir mens ya emang merasa aneh aja, gak pernah telat sampe seminggu kok ini telat dan badan kaya' ditinju suami #eh, ternyata emang hamil :p

  28. nice post.. setahun terakhir aku ikut program kehamilan krn aku blm pny anak.. setahun lalu aku pernah gak mens 2 bln padahal siklusnya selama ini teratur.. kemungkinannya krn: 1. stress pekerjaan/pikiran 2. faktor umur. Aku dikasih obat2an spy mens dan seminggu kemudian mens datang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *