Melamun Itu Lebih Sip!

Pemerintah daerah Surabaya nampaknya gerah kalau rakyatnya nggak bisa baca. Karena itu mereka bikin perpustakaan kecil-kecilan di tempat-tempat umum. Salah satunya ya di Rumah Sakit Suwandhi ini, di ruang tunggu poli rawat jalannya, di sudut kecil ini disediakan Sudut Baca. Lemari kecil empat rak ditaruh di sana berisi buku-buku untuk dibaca selama pasien menunggu giliran untuk diperiksa dokternya.

Tapi nampaknya nggak banyak yang memanfaatkan sudut baca ini. Pengunjung poli yang sebenarnya bejibun nampaknya lebih seneng duduk-duduk diam sembari menguap kebosanan daripada minjem buku di perpustakaan mungil situ. Padahal buku yang dipajang di situ juga nggak tebel-tebel amat, cukup ringan sebetulnya. Dan minjemnya pun nggak dipajekin, alias gratis.

Kemaren saya baca berita bagaimana Carla Bruni sang mantan model XXX yang kini jadi bininya presiden itu berang gara-gara masih ada rakyat Perancis yang buta huruf. Sehingga dos-q sekarang sibuk dengan yayasan yang kerjaannya menyisir Perancis untuk sweeping rakyat yang masih buta huruf. Sebegitu tabunya suatu bangsa kalau ada rakyatnya yang masih nggak bisa membaca.

Tapi bukan itu masalahnya Surabaya. Masalah Surabaya adalah rakyatnya nggak senang baca buku, tapi lebih senang duduk-duduk sambil melamun saja. Dan ini bukan masalah yang cuman menimpa Surabaya. Tapi juga di kota-kota lainnya di Indonesia.

Mengajari orang supaya bisa membaca itu gampang. Tapi mengajari orang supaya nggak cuman nganggur doang, itu susah.

www.laurentginekologi.wordpress.com

www.laurentina.wordpress.com

www.georgetterox.blogspot.com

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

18 comments

  1. Mungkin promo dan bannernya kurang gede, sama gak ada bonus permen atau nasi bungkusnya mbak vick :p orang indonesia kan suka yg berbau gratisan (tapi untuk keuntungan pribadi, mengenyangkan atau nambah duit maksudnya, bukan nambah pengetahuan) 😀

    1. Ini sebenarnya mau minjemin buku gratis atau mau jualan nasi bungkus siih??

      Tapi setelah ta' pikir-pikir, kayaknya lebih laris menjual nasi bungkus ketimbang sedia buku bacaan gratis..

  2. iya aneh juga ya. Kalo ane sih suka banget baca buku. Asal pergi ke manapun, di dalam tas pasti selalu ada buku haha. Bahkan, saking banyaknya buku ane di rumah, ane sampe jual-jualin deh di blog hehehe.

  3. Mila Said says:

    Jangan underestimate org melamun loh, konon gaya gravitasi ditemukan itu gara2 si penemu nya lagi melamun di bawah pohon apel bwahahahaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *