Ternyata Memang Indonesia Hebat!

Tahun 2013, dalam gelaran International Conference of Youth Scientists, Mariska Grace berhasil menyabet medali emas atas penelitiannya memanfaatkan kulit kacang untuk mereduksi kadar tembaga di air. Pada saat yang sama, Melody Natalie (berkacamata) juga mendapatkan emas untuk penelitiannya yang mengeksploitasi lensa cumi-cumi sebagai sunblock untuk melindungi nelayan dari kanker kulit ketika bekerja. Satu perak dan dua perunggu juga diraih oleh Indonesia pada tahun ini. Ini adalah kesekian kalinya Indonesia memboyong emas dalam kompetisi ini, karena pada tahun 2010 bahkan pelajar-pelajar Indonesia membawa sampai tujuh medali emas dalam kompetisi yang sama. Gambar diambil dari sini.

Indonesia masih disegani di lapangan bulutangkis internasional bahkan hingga saat ini. Tahun 2008, Hendra Setiawan dan Markis Kido memenangkan medali emas pada olimpiade untuk kategori ganda putra. Atlet-atlet badminton Indonesia yang juga pernah membawa pulang medali emas olimpiade antara lain Susi Susanti dan Alan Budikusuma (1992), Rexy Mainaky dan Ricky Subagja (1996), Tony Gunawan dan Candra Wijaya (2000), dan Taufik Hidayat (2004). Gambar diambil dari sini.
Menurut World Airline Awards, Garuda Indonesia memenangkan penghargaan maskapai sebagai World’s Best Economy Class untuk tahun 2013. Dalam urusan kelas ekonomi penerbangan, Garuda bahkan lebih baik ketimbang Asiana Airlines asal Korea Selatan ataupun Singapore Airlines. Gambar diambil dari sini
Gamal Albinsaid, diganjar penghargaan Unilever Sustainable Living Young Entrepeneur Awards dan mengalahkan finalis-finalis dari negara lainnya, atas upayanya mendirikan klinik di Malang, Jawa Timur. Klinik ini menyedot perhatian karena warga yang berobat dapat membayar dengan menyetorkan sampah. Gamal dianggap sebagai dokter pengusaha yang mampu meningkatkan perekonomian rakyat dan kiprahnya dalam membuat asuransi sampah akan dicontoh kota-kota lain di dunia. Gambar diambil dari sini.

Seven Sumitteers adalah sebutan untuk pendaki-pendaki yang telah berhasil mendaki sampai ke tujuh puncak tertinggi di seluruh dunia. Indonesia mentahbiskan Sofyan Fesa, Xaverius Frans, Broery Sihombing, dan Janatan Ginting (2011) sebagai Seven Summiteers pertama negeri ini karena telah berhasil mendaki puncak Everest (Nepal), Carstenz Pyramid (Papua), Kilimanjaro (Tanzania), Denali (Amerika Utara), Elbrus (Rusia), Aconcagua (Argentina), dan Vinson Massif (Antartika). Gambar diambil dari sini.

Masih banyak bukti-bukti Indonesia Hebat yang lain, dan prestasi warga Indonesia dalam bidang sains, olahraga, transportasi, kewirausahaan, dan adventurial, yang saya tuliskan  di atas hanya segelintir. Apakah Anda juga salah satu dari orang-orang Indonesia Hebat lainnya? Pasti!

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

15 comments

  1. PR Fisika says:

    Terharu kalau melihat ada orang bisa buat penelitian fisika atau kimia karena biasanya lebih banyak yang berteori . Apalagi di paling atas itu the sisters .

  2. zachflazz says:

    saya malah bingung sama partai yang ngomong dia hebat. lha nyatanya nggak punya prestasi apa-apa je. kalah sama jago2 fisika yang masih anak2 itu, sedikit bicara, banyak karya nyata.

  3. nyonyakecil says:

    wah keren ya, trutama yg dua cewe paling atas. kok bisa kepikiran dan meneliti seperti itu ya..
    pas jaman sy SMA, kerjaannya cuma ujian n kerjain PR doank (plus maen2 hihihi)

    1. Biasanya pemenang-pemenang kontes sains itu udah ada pembimbingnya, Teph. Jadi gurunya nawar-nawarin topik penelitian sambil ngiming-ngimingin nilai tambahan. Muridnya terangsang karena kepingin nilai ekstra, sedangkan gurunya memandang ini sebagai peluang buat naik pangkat untuk sertifikasi.

      Jaman saya dulu juga nggak ada ginian. Kalau urusan sains saya dodol, saya justru jagoan kalo bikin essay di pelajaran bahasa, hihihihi..

  4. Mugniar says:

    Aaah dokter "sampah" itu ide keren. Mudah2an ditiru di daerah2 lain. Benar mbak Indonesia hebat.

    Maaf baru main ke mari ya.. kapan hari sudah niat ke sini tapi kelupaan lagi … btw komen mbak Vicky di blog saya bikin saya ngakak yg ttg "kursi presiden" itu .. duh ingat itu geli lagi 😀

  5. Asep Haryono says:

    Wah wah saya telat nih ikut kontesnya. Hheihiehiehiee, Sampai tanggal 6 atau 7 April ya batas terakhirnya? Kalau dilihat dari situs aselinya sih berakhir pada tanggal 7 April 2014. Whuch one is correct?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *