Seiprit Doang

Anak saya ternyata bersihan.
Berulang kali dia bikin saya gondok.

Ya know, saya udah cerita kan sebelomnya kalau saya ini empet banget sama ruam popok. Maka kalau dia nangis dikit aja, yang saya cek pertama kali bukanlah dia laper atau haus, melainkan apakah dia pipis atau pup. Kalau dia pup, buru-buru saya ganti clodinya dengan yang baru.Tapi, begitu dia pup lagi sedikit aja, Fidel langsung nangis. Saya semula mengira, kamu kok rajin banget pupnya, Nak? Belom setengah jam popok diganti, kok udah pup lagi? Ternyata begitu saya lihat isi popoknya, yaah emang dia pup sih, tapi yaa itu, pupnya cuman seiprit. Saya yang gondok. Yaah..clodi masih baru kok udah kudu diganti lagi sih?

Mana clodi yang dia punya itu rata-rata tipe yang pocket semua pula. Itu kan yang kalau bayinya pup, langsung pupnya langsung jatuh ke inner sehingga seluruh clodi kudu diganti.

Tadinya setan nongol di kepala saya. “Ayo laah..gak usah diganti dulu clodinya. Kan baru dikit ini pupnya. Ntar aja kalo pupnya udah banyak, baru diganti. Jadinya kamu ndak capek, Vic..” (Setannya pake logat Jawa)

Tapi terus malaikat nyamber, “Vickyyy..dasar pemalas! Mau anak kamu kena ruam popok kayak bayi-bayi di panti asuhan XXX yang di Sidoarjo yang fotonya berseliweran di FB itu??”

Kata setan: “Halah..diem lu malaikat gak usah banyak bacot!” (Sekarang setannya pake logat Betawi)

Kata malaikat: “Eh mingkem kowe setan!”

Terus saya jadi pusing tujuh keliling karena kedua makhluk itu berantem, jadi saya keplak aja dua awan berisi mereka itu (berasa kayak di komik-komik)

Dan akhirnya, saya menguap lebar-lebar mumpung nggak ada yang lihat. Lalu saya seret kaki saya yang pegel ini ke lemari pakaiannya Fidel, terus saya ambil clodi yang baru. Sambil saya ganti clodinya Fidel yang masih nangis-nangis, saya menggumam, “Ya Allah, males bener aku ini..”

Ajaibnya, begitu clodi lamanya yang udah basah itu saya angkat, Fidel langsung berhenti nangis. Dia ngeliatin saya, terus..senyum.

Lho, nangisnya ke mana?

“Hadeuh, Nak..” Saya garuk-garuk kepala. “Kamu nggak suka kalo bokongmu basah biarpun cuman basah sedikit ya?”

Selesai ganti clodinya, saya peluk dia dan bersyukur, ternyata anak saya bersihan.

Gitu aja terus. Tiap hari. Saking seringnya dia (nangis karena) pup (baru dikit), saya bisa ganti clodi dia sampai delapan kali sehari. Pegel laundry-nya? Emang.

clodi untuk mencegah ruam popok
Clodi anti ruam popok. Gambar diambil dari sini

Ya syukur deh. Kalau dia ogah becek gini, sepertinya kecil kemungkinan seumur hidupnya dia bakalan kena infeksi saluran kemih. Atau tinea pubis. Soalnya laki-laki jorok itu baru kerasa nistanya kalau udah punya istri. Kasihan kan Fidel nanti kalau udah married dan di malam pertamanya istrinya tertegun dan bilang, “Sayang, itu kamu ternyata panuan ya..?”

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *