Gampang Belanja Beras Online di Bukalapak

Hidup belanja online! Thanx to Bukalapak, belanja sekarang bisa mengirit waktu dan mengirit bensin mobil. Apa aja bisa dibeli di Bukalapak, mulai dari sisir, sepatu, handphone, bahkan batu akik sampai sepeda motor. Ajaibnya, sering banget barang-barang di Bukalapak dijual lebih murah ketimbang di toko sungguhan. Mana belanja di Bukalapak tuh aman pula, coz uang yang kita bayarkan untuk membeli barang baru akan ditransfer ke penjualnya kalau produknya sudah kita terima. Cara pembayarannya pun gampang banget, tinggal pencet-pencet form kartu kredit di laptop, beres dah.

Kalau Anda belum pernah belanja online dan kepingin nyobain, well..Bukalapak suits for you, newbies! Caranya gampang banget, nget, nget! Coba contek pengalaman saya beli barang premium di Bukalapak berikut ini ya..

Hari ini saya kepingin beliin beras basmati buat sepupu saya, soalnya dia lagi kepingin masak nasi kebuli di rumah. Di kota tempat dos-q tinggal, supermarket pada nggak jual beras basmati ini, karena ini memang produk yang jarang ditemukan. Nah, supaya dos-q nggak usah pergi jauh-jauh buat dapet berasnya (dan supaya saya nggak usah capek-capek nganterin oleh-oleh beras ini ke rumahnya yang jauh itu), saya beli aja pakai Bukalapak. Apalagi sekarang Bukalapak punya aplikasi di Android maupun iOS, jadi loading-nya nggak lama kayak buka di website deh.

Belanja online di Bukalapak 1
1) Lihat gambar kaca pembesar di atas kanan itu? Saya tekan, lalu di situ saya tuliskan produk yang saya cari: “beras basmati”
Belanja online di Bukalapak 2
2) Nah, sekarang nampak produk-produk beras basmati yang dijual di Bukalapak. Semuanya nampak menarik ya, tapi pilih yang mana? Hohoo..saya pilih Malika aja, soalnya dari semua beras basmati yang pernah saya incipin, merk Malika adalah yang kualitasnya paling bagus. Jadi saya tekan gambar Beras Basmati Malika di sebelah kanan tengah itu.
Belanja online di Bukalapak 3
3) Di kolom “jumlah barang” saya tuliskan 2 karena saya mau belinya sekalian banyak. Lalu saya tekan “OK”
Belanja online di Bukalapak 4
4) Di sini tertulis bahwa harga barang yang saya beli adalah Rp 280.000, dengan perhitungan saya beli sebanyak 2 bungkus beras. Harga sebungkus beras basmati merk Malika Gold ini adalah Rp 140.000,00 seberat dua kilogram. Kemudian saya tekan icon “Bayar transaksi ini” yang berwarna hijau. Lalu kita tekan icon “Lanjut” yang berwarna hijau itu ya.
Belanja online di Bukalapak 5
5) Di sini saya tuliskan alamat pengirimannya. Karena saya ingin tim Bukalapak mengirimkan barangnya langsung ke rumah sepupu saya, maka saya tuliskan nama, alamat dan nomor telepon sepupu saya di sini. Sepupu saya bernama Alexis Morgan, ia tinggal di kota Mimika, Provinsi Papua. (Yes, belanja online bisa menjangkau seluruh Indonesia lho!).  Di kolom “Catatan untuk penjual” saya tuliskan “Mohon bungkus dengan plastik hitam”. Siapa tahu kalau barangnya mendarat di kargo bandara, nggak ada tangan-tangan iseng yang kepingin bolongin bungkusnya cuman gara-gara ketahuan dari luar bahwa isinya beras, hihihi.. Di sini kita juga diberi tahu ongkos kirim untuk barang yang kita kirimkan. Kebetulan penjualnya sanggup kirimkan barangnya via JNE. Lalu kita tekan icon “Lanjut” yang berwarna hijau itu ya.

(Di Bukalapak saya sering nemu banyak penjual bisa kirimkan produknya memakai kurir-kurir lain, misalnya Pos Indonesia, Wahana, atau Tiki. Ini berguna banget sekiranya kita ingin cari kurir yang tarifnya lebih murah).

Belanja online di Bukalapak 6
6) Di sini kita dihadapkan macam-macam metode pembayaran yang bisa kita pilih untuk bayar belanjaan kita, termasuk ongkos kirimnya. Belanja di Bukalapak bisa dengan BukaDompet (metode untuk taruh deposit di website Bukalapak) , atau pakai cara primitif bernama Transfer Bank (cocok buat Saudara-saudara yang nggak suka buka rekening bank), atau dengan cara debet langsung dari rekening bank kita (ada pilihan Mandiri Clikpay, CIMB Clicks, atau pilihan saya: BCA Klikpay). Perhatikan bahwa di sini sudah tertera jumlah yang harus saya bayar, yaitu sebanyak Rp 840.000. Terdiri atas harga barangnya (Rp 280.000,-) + ongkos kirim dari lokasi penjual berasnya ke Papua (Rp 560.000,-). Selesai? Tekan icon “Lanjut” berwarna hijau lagi..

 

Belanja online di Bukalapak 7
7) Bukalapak langsung mengarahkan saya ke metode pilihan saya, BCA Klikpay. Di sini saya tinggal masukin alamat e-mail BCA Klikpay saya berikut password-nya. BCA akan langsung transfer uang dari rekening bank saya ke Bukalapak, sebanyak Rp 840.000 yang harus saya bayar.

Nah, Bukalapak akan kirimkan e-mail ke saya bahwa mereka sudah terima uangnya. Mereka juga sudah memberi tahu penjual berasnya bahwa saya memesan dua bungkus beras basmati untuk dikirimkan ke Papua. Nanti penjualnya sendiri yang akan kirimkan beras itu via JNE sesuai pesanan saya. Begitu sepupu saya si Alexis itu nerima berasnya, JNE akan langsung memberi tahu Bukalapak. Dan selanjutnya, Bukalapak akan langsung memberi tahu saya bahwa beras yang saya belikan sudah sampai dengan selamat ke tangan penerima. Selesai daah..

Asyik kan belanja online di Bukalapak? Selain aman dan hemat waktu, baik vendor maupun kurirnya sama-sama komunikatif sehingga kita nggak perlu waswas buat jual-beli barang di tempat yang jauh-jauh. Yuk buruan download aplikasi Bukalapak di gadget Android dan iOS yuk!

Psst..kalau mau dapat komisi dengan menjual barang-barang dari Bukalapak, coba lihat artikel ini ya..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *