Dominasi Menu Vegetarian di Madame Chang

Restoran ini kalau saya bilang termasuk tempat nongkrong di Surabaya yang sukses menembak kalangan geng makan dari mana aja. Mau golongan emak-emak yang susah ngajarin anaknya makan sayur? Beres. Mau kelompok ibu-ibu sosialita yang kepingin cari tempat hits buat nego party-party dengan event organizer? Hayuk. Mau golongan nerdy bermodal minim yang cuman kepingin duduk minum es teh sambil main leptop? Monggo. Atau pasangan yang cuman lagi kepingin lunch bareng sembari mendiskusikan rencana pernikahan? Okeh. Atau bahkan orang-orang pemalas yang nggak mau keluar rumah dan cuman kepingin beli makan pakai delivery dengan harga reasonable? Siyaap.

Tapi, sepertinya yang paling kepingin dibidik oleh Madame Chang adalah golongan pecinta makanan sehat, alias pecinta makanan dari tumbuh-tumbuhan, alias fans berat menu vegetarian.

Mengklaim dirinya sebagai restoran di Surabaya yang menyediakan makanan dari bahan-bahan alami dan segar, buku menu Madame Chang penuh dengan foto-foto makanan menu vegetarian yang didominasi lobak, wortel, selada, dan sayur-sayuran lainnya. Bahkan dessert-nya adalah esgrim rumahan (bahasa halusnya: homemade) dari bahan buah-buahan.

Saya lagi neliti harga makanan di buku menu Madame Chang
Saya lagi neliti harga makanan di buku menu Madame Chang

Interior tempat nongkrong di Surabaya yang satu ini didominasi warna ijo dengan icon emak-emak bermata sipit yang sibuk menyajikan makanan dan mengantar makanan pesanan pake scooter-nya (Madame Chang melayani delivery order sampai ke Jakarta dan Bali via 087752600086, dan waktu saya ke sini, segerombolan driver Gojek nongkrong di depan gedungnya menanti berebut pesanan). Saya ke sini persis pas jam makan siang dan tempat parkirnya penuh. Musik di dalam restorannya berisik, sama berisiknya dengan pengunjungnya yang rame.

Madame Chang's Roll, Rp 31k
Madame Chang’s Roll, Rp 31k

Saya dan my hunk mengawali makan siang kami dengan Madame Chang’s Roll. Ini sejenis lumpia yang mana kulitnya bukan kulit lumpia seperti yang biasa kita beli di Semarang, tapi kulitnya berupa kulit transparan yang tetap bisa dimakan biarpun tampilannya mirip kertas roti. Isinya adalah wortel parut, selada, daun ketumbar, bihun, daun mint, ketimun, dan ekor-ekor udang (Anda bisa menggantinya dengan potongan daging ayam kalau Anda mau, karena ternyata tempat ini bukan restoran vegetarian murni). Maemnya dicocol dengan saos berwarna cokelat (saya nggak ngerti ini saos apa, tapi rasanya enak).

Makan Tofu Sandwich di Surabaya Barat
Tofu Sandwich, Rp 31k

Saya milih Tofu Sandwich untuk menu utamanya. Jika Anda sering makan sandwich berupa isian yang dikekep dengan roti, maka di Madame Chang ini, juru kekepnya adalah tahu! Isinya ya sama aja, wortel parut, selada, lobak, dan daging ayam. Dan tentu saja pakai saos cokelat lagi. Jika Anda memesan ini, mintalah pisau makan. Karena lebih enak memakan komponen sandwich-nya sekaligus alih-alih menyocol komponennya satu per satu ke dalam saos.

Makan di Surabaya Barat
Classic Es Puter, Rp 22k

Saya sebetulnya kepingin es grim buahnya, tapi apa daya sandwich-nya sudah bikin kenyang. My hunk pesan Classic Es Puter dan pelayannya dateng bawa tiga scoop esgrim vanilla dengan topping mutiara, tape ketan, dan potongan roti tawar. Seger! Saya menutup makan siang dengan menenggak es Barley Wintermelon (Rp 15k), sejenis juice buah dengan potongan agar-agar di dalamnya.

Kalau Anda lagi selo, coba Anda foto-fotoan di restoran di Surabaya ini, lalu unggah fotonya ke Instagram sambil ngetag account IG-nya Madame Chang, siapa tahu dapet iPhone 6 🙂

Foto-foto: Eddy Fahmi

MatahariMall_300X250_BCA Disc 100k_Ends_31July

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

8 comments

  1. Una says:

    Baca ini, aku sampai googling, apakah Madame Chang ini sama dengan yang di Jalan Surabaya Menteng, tahunya bedaaa… ternyata yang di Jalan Surabaya, namanya Madame Ching, tempat makan Vietnam tapi. Mana ituuu spring rollnya Madame Chang, ala ala Vietnamese gitu…

  2. ninda says:

    wah aku penggemar menu sehat rebusan gini
    fidel anteng ya mbak… gapapa itu ditidurin goleran di kursi yang gak gitu lebar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *