Semua Tertolong Bersama PMI – dan Anda Bisa Ikut Serta

Jadi, Anda sudah mengalokasikan modal untuk menaikkan pamor bisnis Anda di mata publik, dengan melakukan kegiatan amal yang kira-kira manfaatnya langsung terasa oleh masyarakat. Persoalannya sekarang tinggallah, bagaimana kita akan mewujudkan amal ini? Ingin disalurkan untuk menolong korban bencana? Atau mau disumbangkan untuk sarana kesehatan masyarakat? Bagaimana kalau kita menyalurkan ke semua itu, sekaligus dalam satu cara?

Ada banyak lembaga nonprofit yang bisa jadi tempat kita menyalurkan dana, tetapi salah satu yang lembaga nonprofit yang terbesar dan sudah terbukti kredibilitasnya di Indonesia ini, adalah Palang Merah Indonesia.

Siapa yang tidak kenal PMI? Di masa kita sekolah dulu, PMI sudah disuguhkan kepada kita melalui kisah-kisah PMI mengobati korban bencana di buku-buku pelajaran sejarah, IPS, sampai biologi. Jadi tidak heran, ilustrasi kita tentang PMI di masa kanak-kanak ialah gambaran orang-orang yang mengenakan simbol “tanda tambah” sambil lalu lalang mengusung tandu, suntikan, dan kotak obat-obatan.

Tapi ternyata, PMI bukan cuma organisasi untuk urusan P3K di masa bencana alam atau jadi penghimpun donor darah. Tepatnya banyak sekali sebetulnya kegiatan PMI ini, antara lain:

Kampanye kewaspadaan bencana
Dengan program PERTAMA (Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat), PMI memberdayakan masyarakat supaya mampu menanggulangi bencana di Indonesia. Programnya sendiri bermacam-macam, misalnya di daerah yang rentan gempa bumi atau tanah longsor, PMI membangun perlindungan pada lahan pertanian yang menjadi tempat mata pencaharian penduduk, supaya jika terjadi gempa/longsor, tidak sampai membuat penduduk kehilangan nafkah. Demikian pula di daerah langganan bencana banjir atau berpotensi bencana tsunami, PMI pun mengajari rakyat untuk melindungi tambak dan pesisir tempat mata pencaharian mereka supaya siap bila sampai terkena bencana itu.
Bulan dana PMI bencana masker
Dalam bencana meletusnya Gunung Kelud (2014) yang mengakibatkan hujan abu vulkanik di berbagai propinsi sekitarnya, relawan PMI turun untuk tanggap bencana, antara lain dengan membagikan masker kepada penduduk dan mengajari mereka memakainya.
Gambar diambil dari sini.

Penanggulangan bencana

PMI selalu jadi organisasi terdepan yang menjadi sumber pertolongan setiap kali ada bencana apapun. Mereka menyediakan ambulans, mengevakuasi korban, memberikan pertolongan medis, mendirikan tempat pengungsian, membuat dapur umum, mendistribusikan bantuan, sampai menyediakan fasilitas air dan sanitasi.

Pemulihan bencana
PMI juga merehabilitasi para korban bencana yang mengalami trauma kejiwaan. Mulai dari memberikan program Psychosocial Support, mendirikan hunian sementara, sampai membuat program pemulihan hubungan keluarga.

 

bulan dana PMI helikopter helikopter-pmi-131114a
Ambulans milik PMI berupa helikopter ini sedang dipersiapkan untuk digunakan mengangkut logistik ke lokasi bencana topan haiyan di Filipina (2013).
Gambar diambil dari sini.

Pengadaan ambulans
Sering kali di sekitar markas PMI, terjadi masyarakat yang sakit dan harus segera dirujuk ke rumah sakit, namun terdapat kendala transportasi. PMI membantu mengerahkan ambulans untuk mengantar pasien rujukan ini, dan melengkapi ambulansnya dengan dokter dan perawat yang sudah terlatih menghadapi keadaan gawat darurat. Ambulans juga berfungsi untuk mengangkut korban manusia ketika bencana dan mengantarkan bantuan logistik ke tempat bencana.

Dalam bencana kekeringan yang melanda daerah pantai utara Jawa Barat (2012), PMI turun tangan mengerahkan bantuan dengan menyalurkan air bersih kepada penduduk. Gambar diambil dari sini.
Dalam bencana kekeringan yang melanda daerah pantai utara Jawa Barat (2012), PMI turun tangan mengerahkan bantuan dengan menyalurkan air bersih kepada penduduk.
Gambar diambil dari sini.

Air dan sanitasi
Selepas digunakan untuk menolong korban tsunami Aceh (2004), Palang Merah International menghibahkan mesin-mesin pengolah air bersih mereka kepada PMI agar digunakan bila sewaktu-waktu terjadi bencana kembali. PMI pun membuat institusi khusus bersama ahli hidrologi untuk mengelola instalasi tersebut, dan institusi yang bernama Pusat Air dan Sanitasi PMI ini berguna untuk menyalurkan air bersih dan fasilitas sanitasi ke daerah-daerah yang terkena bencana. Instalasi air bersih ini sudah banyak dimanfaatkan untuk sarana CSR oleh berbagai perusahaan di Indonesia, Anda bisa membacanya di sini.

HIV/AIDS
PMI bekerja memutus rantai penularan HIV dengan berbagai cara. Selain screening rutin untuk menyensor donor darah yang positif mengandung HIV, PMI melaporkan nama-nama pendonor yang positif HIV ke Komisi Penanggulangan AIDS agar mereka bisa diobati. PMI juga aktif melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah menengah untuk memotivasi remaja supaya tidak sampai mengonsumsi narkoba maupun melakukan seks bebas yang merupakan sarana penularan HIV.

Dari pengurusan bencana sampai pencegahan HIV, jelas sekali begitu banyaknya program kerja PMI dan Anda bisa ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di atas melalui program relawan dan program donasi. Program donasi ini sudah lama dijalankan oleh PMI melalui macam-macam cara, antara lain bekerja sama dengan perusahaan retailing (misalnya Indomaret), program air bersih, program unit mobil donor darah, dan program pertolongan pertama yang diadakan di perusahaan-perusahaan yang menjadi donatur potensial PMI (perusahaan-perusahaan tersebut dapat dilihat di sini). Namun cara yang paling praktis, yang dapat diikuti oleh Anda, baik secara individual maupun korporat, ialah berdonasi via rekening bank yang telah dirujuk PMI.

Saat ini merupakan waktu yang strategis untuk berdonasi, karena PMI sedang mengadakan program Bulan Dana PMI sebagai sarana menggalang dana. Untuk turut berdonasi, Anda tinggal buka saluran electronic banking Anda dan transfer ke salah satu rekening pilihan berikut:

  • Bank BCA, Kantor Cabang Utama Thamrin nomor rekening 206-38-1794-5, atas nama PMI DKI Jakarta Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta
  • Bank Mandiri, Kantor Cabang Kramat Raya nomor rekening 123-00-17091945, atas nama PMI DKI Jakarta Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta
  • Bank DKI, Kantor Cabang Utama Juanda nomor rekening 101-03-17094-7, atas nama PMI DKI Jakarta Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta

Mau transfer atas nama CSR perusahaan? Bisa. Atau mau transfer atas nama keluarga Anda sendiri? Boleh. Donasi Anda akan dimanfaatkan oleh PMI untuk membiayai kegiatan-kegiatan PMI seperti di atas, dan kegiatan ini bisa Anda akses ceritanya melalui website PMI http://pmi.or.id.

Ayo peduli bantu sesama dengan berdonasi dalam Bulan Dana PMI 🙂

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *