Anti Telat Bayar BPJS dengan Solusi Pembayaran Keluarga Online

Saya ketawa waktu iseng ngobrol sama seorang teman yang nggak mau ikutan jadi anggota BPJS Kesehatan. Sudah disediakan asuransi murah-meriah, kok masih nggak mau ikut?

“Males ah, bayarnya ribet,” begitu alasannya.

Teman saya bukan seperti orang mainstream yang mau berbondong-bondong ikut BPJS Kesehatan lantaran senang dibayari kalau harus menginap di rumah sakit. Teman saya nggak suka BPJS Kesehatan karena nggak suka ide harus datang ke ATM pada tanggal-tanggal tertentu hanya demi bayar asuransi. Plus dia nggak suka konsekuensi BPJS Kesehatan yang memblokir nasabahnya jika telat bayar iuran BPJS selama tiga bulan berturut-turut plus denda BPJS segala. Sepertinya menyebalkan gitu asuransinya buyar cuma gara-gara menunggak preminya, dan alasan menunggak premi hanya karena nggak ada waktu untuk datang ke ATM, atau lebih tepatnya, nggak mau bela-belain singgah di ATM hanya demi membayar sesuatu. “Bayar via internet banking saja, kenapa sih?” begitu pikirnya.

Tapi yang lebih tidak disukainya adalah bahwa kalau sampai jadi anggota BPJS Kesehatan, dia harus memasang sistem reminder di smartphone-nya, untuk mengingatkan bahwa tanggal sekian ia harus bayar BPJS. Sudah cukup sulit ia harus mengingat bahwa tanggal ini ia harus bayar kartu kredit, tanggal ini ia harus bayar tv kabel, tanggal ini ia harus isi token PLN, malas pula ia kalau harus menambah-nambah jadwal bayar BPJS. Too much to do and so little times setiap bulannya, repot kalau ia harus mengingat semuanya seorang diri.

 

Membayar tagihan rutin setiap bulan sangat merepotkan. Solusi pembayaran online bisa membantu kita menghemat tenaga dan waktu untuk membayarnya. Gambar diambil dari sini.
Membayar tagihan rutin setiap bulan sangat merepotkan.
Solusi pembayaran online bisa membantu kita menghemat tenaga dan waktu untuk membayarnya.
Gambar diambil dari sini.

“Makanya tho, kamu pekerjakan Siri sana,” gurau saya.

“Ogah ah, Siri upgrade melulu tiap dua tahun,” tukasnya.

Kata saya kemudian, “Kalau nggak mau Siri, pakai Cortana aja.”

Dia seloroh, “Bilang aja kamu pingin aku ganti HP. Bentar lagi kamu mau suruh aku beli HP di toko suamimu, kan?”

Saya ketawa ngakak. Marketing MODE : ON

***

Problem banyak orang saat ini sebetulnya bukan kesulitan keuangan, tapi lebih tepatnya kesulitan manajemen waktu. Coba pikir, berapa banyak kewajiban yang mesti kita lakukan setiap bulannya? Bayar cicilan mobil, bayar premi asuransi, bayar pajak, bayar PDAM, bayar tv kabel, dan semuanya harus dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu. Duit sih ada untuk bayar, tapi memangnya kita punya waktu untuk bayar itu semua? Berapa banyak dari Anda yang setiap bulannya harus menyelenggarakan Hari Perbankan Nasional, atau setidaknya Hari ATM Nasional, alias bela-belain pergi ke ATM hanya untuk membayar-bayar? Kalau begitu caranya saya kepingin beli tanah sedikit saja untuk dibangun jaringan ATM. Nanti akan ada banyak orang datang ke situ hanya demi berdiri lama di depan mesin ATM untuk bayar-bayar. Pendapatannya akan saya tarik dari parkir. Kalau satu motor saja saya tarik parkir seharga Rp 3k, padahal banyak orang bela-belain datang ke sana hanya demi bayar tagihan di ATM, dan tiap orang datang berkali-kali ke ATM tiap bulannya hanya demi bayar tagihan yang berbeda-beda, saya bisa cepat tajir sebagai pemilik lahan.

Padahal, daripada membuang waktu berulang-ulang ke ATM atau memasang setumpuk reminder untuk membayar aneka tagihan, lebih baik pakai jasa perusahaan yang menyediakan solusi pembayaran online yang bisa membayar macam-macam tagihan. Kita tinggal daftar jadi anggota service-nya secara online, lalu dengan klak-klik smartphone kita saja, kita bisa bayar apapun yang jadi kewajiban bulanan kita: asuransi kesehatan, asuransi kebakaran, cicilan mobil, pajak bumi bangunan, sampai tv kabel.

Bebasbayar.com, misalnya, menyediakan solusi pembayaran untuk tagihan-tagihan yang biasa menjadi beban setiap keluarga di negeri ini, seperti tagihan air/PLN, cicilan mobil, dan lain-lain. Malah Anda mau bayar BPJS atau macam-macam asuransinya secara online di sini? Beres. Tahun ini Anda mau beli sapi untuk kurban Idul Adha di  Bebasbayar? Bungkus. Atau Anda pengusaha yang ingin memasang iklan baris dan membayarnya melalui Bebasbayar? Yuk, mari!

Langkah-langkahnya juga gampang banget. Kalau Anda menjadi anggota Bebasbayar, Anda cuma perlu masukkan deposit minimal Rp 10k ke rekening Bebasbayar, lalu masukkan di menu keanggotaannya tentang tagihan-tagihan apa saja yang ia ingin bayar melalui Bebasbayar. Setelah itu biarkan robot-robot komputer Bebasbayar membayarkan semuanya. Dan Anda tinggal konsentrasi mengurusi pekerjaan bisnis Anda sendiri tanpa khawatir listrik/air, apalagi asuransi BPJS Anda atau entah apa lagi itu,  diblokir cuma gara-gara telat bayar.

Dan jika Anda heran, kenapa saya menulis tentang Bebasbayar, bukan provider-provider solusi pembayaran yang lain? Karena, kalau membayar apapun via Bebasbayar, kita bisa dapat cashback! *ketawa ngakak

Anda bisa coba mulai membeli pulsa dengan memasang deposit di dashboard-nya Bebasbayar. Nggak usah banyak-banyak, minimal Rp 10k saja. Murah? Iya.

Biarkan Siri dan Cortana mengerjakan tugas Anda yang lain. Urusan bayar-bayaran, serahkan kepada Bebasbayar saja.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

16 comments

  1. Dwi Wahyudi says:

    Saya merupakan salah satu pengguna aplikasi FastPay sejak tahun 2012, BebasBayar adalah aplikasi terbarunya yang bisa diakses melalui website atau aplikasi android/iOS. Alhamdulillah sejak menggunakan kedua aplikasi ini tidak pernah mengalami kendala terlalu lama. Mantab tim FastPay… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *