Hijab Syar’i Itu Mahal?

Salah satu kendala bisnis pakaian hijab syar’i itu adalah bagaimana meyakinkan konsumen bahwa hijab syar’i itu nggak mahal.

Saya mendengarkan curhat kawan-kawan yang berhijab, terutama mereka yang tinggal di luar Jawa, dan mereka mengeluh bahwa hijab syar’i itu mahal. Sebagai ilustrasi, selembar kerudung yang panjangnya sampai menutupi dada saja dihargai minimal Rp 50k. Padahal sang cewek yang membelinya masih ingin membeli selembar gamis yang panjangnya sampai menutupi mata kaki dan gamis ini bisa sampai Rp 500k harganya. Berarti sekali jalan sudah Rp 550k untuk pakaian. Heran, mau menjalankan keyakinan saja kok mahal amat.

baju muslim gamis
Hijab syar’i sebetulnya tidak selalu harus mahal.
Gambar diambil dari sini.

Beberapa desainer baju muslim pun konfirmasi ke saya bahwa memang harga pakaian hijab syar’i itu memang tinggi dalam beberapa tahun belakangan. Alasannya apa lagi kalau bukan material. Sebetulnya nggak cuma harga baju muslim syar’i yang tinggi, tetapi semua pakaian memang mahal sekarang, karena harga bahan baju kain yang nggak stabil dari pabriknya, memaksa para desainer berspekulasi dengan harga pakaian yang sudah jadi.

Di daerah-daerah luar Jawa, harga pakaian menjadi lebih mahal lagi karena toko yang menjual harus berhitung dengan ongkos kirim produk dari Jawa. Anda mungkin ngeh bahwa sampai saat ini pabrik kain masih baru tersebar di Jawa, dan industri pakaian jadi masih baru ada di Jawa juga. Memang di luar Jawa banyak UKM yang menjual kain tradisional daerahnya masing-masing, tetapi masih sedikit yang menjadikannya pakaian jadi, dan lebih sedikit lagi yang memanfaatkannya untuk dijahitkan menjadi baju muslim yang syar’i.

Maka kawan-kawan yang ingin berbisnis baju muslim syar’i, wajar jika masih harus bergantung kepada pasokan dari para desainer Jawa, seperti yang saya bilang di sini. Jadi berdoalah supaya pada jaman pemerintahan Jokowi ini pabrik-pabrik kain akan bermunculan di luar Jawa, sehingga para desainer baju muslim di luar Jawa bisa bereksplorasi merancang pakaian untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya untuk berhijab syar’i yang sekarang menjadi pilihan gaya fashion terkini.

Problem yang juga cukup menonjol dirasakan para pengusaha baju muslim adalah selera para konsumen hijab syar’i ini. Sebagian konsumen merasa fine-fine saja dengan menggunakan pakaian apapun asalkan menutupi seluruh badannya. Tetapi sebagian lagi lebih kritis terhadap bahan yang dipakai untuk baju hijab ini, karena mereka ingin bahan yang tidak menerawang supaya bentuk lengan dan lekuk badan mereka tertutupi. Padahal, menurut para pengusaha baju, semakin kita berusaha membuat bahan pakaian yang tidak menerawang, maka semakin tebal pula bahan pakaian yang diperlukan, sehingga semakin besar harga bahan baku kain untuk menjahit pakaian tersebut, dan pada akhirnya berimbas pada harga jual pakaiannya. Ini yang membuat baju muslim syar’i terkesan mahal (meskipun sebetulnya tidak selalu mahal, contohnya Anda bisa mendapatkan baju muslim syar’i yang terjangkau di sini)

Tetapi meskipun menurut teorinya hijab syar’i terdengar mahal, tidak menyurutkan peluang bisnis baju muslim aliran yang satu ini. Inri, 33, seorang ibu rumah tangga beranak satu di Batam yang sudah malang-melintang berhijab syar’i selama sekitar lima tahun, mengaku kepada saya bahwa ia senang belanja online untuk memenuhi lemarinya dengan pakaian hijab syar’i. Sekali belanja, ia bisa membeli sampai tiga potong pakaian dengan total transaksi sampai sekitar Rp 1-2 juta rupiah. (Padahal kalau ia beli di sini, ia bisa dapet komisi sampai 5% :-p)

Harga bahan baku fashion terkini tidak bisa dikendalikan, kecuali kita sendiri yang menjadi juragan pabrik kain. Kepingin pakaian yang sesuai keinginan tapi bisa menekan harga beli? Jahit saja. Mau tahu di mana bisa pesan pakaian syar’i yang customized secara online? Lihat tulisan saya selanjutnya di sini.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

2 comments

  1. Hijab syar’i mahal, lha yang ditutup (bagian tubuhnya) kan juga berharga hehe.
    Tapi emang sih materialnya masih mahal, tapi sebenarnya msh bisa disiasati dgn membeli baju sesuai kemampuannya, kalau emang niatnya kuat ingin berhijab syar’i 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *