5 Item dari Lazada untuk Usaha Cafe Minimalis

Kalau saya punya cukup modal, saya ingin salurkan modal saya untuk bikin usaha cafe. Sebuah coffee shop yang minimalis saja, tidak butuh banyak-banyak ornamen, asal yang penting bisa mendatangkan pebisnis-pebisnis untuk mampir ke cafe saya sekedar untuk berbincang-bincang dengan partner mereka sambil menyesap kopi seduhan barista saya. Kenapa saya pilih cafe, karena kebetulan suami saya penggila kopi, dan dia mengoleksi macam-macam biji dan serbuk kopi dari berbagai daerah, sayang rasanya kalau kopi itu cuma dia nikmati sendiri dan tidak dijadikan sumber penghasilan. Sedangkan saya punya cita-cita ingin bisa memberi nafkah kepada orang lain, jadi rasanya senang seandainya saya bisa mempekerjakan beberapa mahasiswa paruh waktu untuk menjadi barista.

usaha cafe minimalis
Ingin saya punya usaha cafe yang bisa membuat minuman kopi seperti ini.
Gambar diambil dari sini

Membangun cafe mungkin butuh modal, minimal lahan, dan itu membuat saya kepingin merombak garasi rumah mertua saya menjadi cafe kecil, mengingat daerah tempat mertua saya tinggal ini tempat berkumpulnya para pengusaha retail (rumah saya berada di belakang mall). Sebagai istri seorang pengusaha, saya melihat kebutuhan yang tinggi akan tempat meeting yang relaks, tidak kaku seperti kantor, tapi juga tidak berisik seperti restoran cepat saji. Saya juga merasakan sendiri bahwa saya ogah meeting di tempat yang tidak ada wi-fi-nya, karena untuk meeting butuh presentasi, untuk presentasi yang interaktif pun butuh internet, jadi memasang wi-fi di cafe itu hukumnya mutlak. Saya juga mengerti kaum eksekutif umumnya punya selera yang cukup rumit terhadap kopi, jadi saya ingin cafe saya bisa melayani selera kopi favorit mereka yang beragam.

Jadi karena saya tidak ingin cita-cita saya hanya berhenti di level angan-angan, saya pun sudah mulai bikin rencana tentang apa saja yang ingin saya dapatkan sebagai modal untuk membuat cafe. Lahan, tentu. Merekrut barista, jelas. Termasuk baca beragam sumber ilmu tentang per-cafe-an dan pengetahuan tentang bisnis kopi itu sendiri.

Dan juga mengetahui item apa saja yang kira-kira saya butuhkan untuk mendirikan cafe:

usaha cafe minimalis Lazada
Krups GVX2 Santa Fe Mesin Penggiling Kopi

1. Krups GVX2 Santa Fe Mesin Penggiling Kopi
Karena saya ingin memenuhi beragam selera pelanggan, termasuk tentang seberapa halus hasil gilingan kopinya, maka saya memilih mesin kopi yang satu ini. Mesin ini punya 17 macam hasil penghalusan, asyik buat saya dan suami saya yang senang kreatif bereksperimen dengan hasil grinding kopi. Saya malah lebih senang lagi karena grinder-nya bisa dicopot, sehingga lebih gampang dicuci, artinya perawatannya juga lebih nyaman dan sepertinya mesin ini akan bertahan lama di cafe saya.

usaha cafe minimalis Lazada
Yami Cream Whipper

2. Yami Cream Whipper
Memasang whip cream mungkin akan merusak selera dari seorang pecinta kopi sejati, tetapi pada setiap cafe selalu ada pengunjung yang memesan minuman hanya untuk memotretnya dengan alasan bahwa minuman itu Instagram-able. Dan jenis pengunjung yang satu ini populasinya banyak, jadi saya ingin mengakomodasi. Whip cream membuat sebuah minuman menjadi nampak cantik, sehingga pengunjung akan bangga memotretnya dan mengunggah fotonya ke sosial media. Jika foto minuman cafe saya di-like banyak orang, pasti akan lebih banyak yang mengunjungi cafe saya, kan?

usaha cafe minimalis
3. Sharp SCH 210PS Kulkas Pendingin Display Kaca

3. Sharp SCH 210PS Kulkas Pendingin Display Kaca
Sengaja saya pilih jenis kulkas showcase karena menurut saya lemari es pun bisa dijadikan tempat untuk memajang beragam minuman yang dijual. Jika saya bisa menata kulkas showcase ini dengan menarik, tentu pengunjung pun akan tertarik untuk membeli dessert yang dijual oleh cafe saya. Dayanya cuma 200 watt, berarti hemat listrik dan lebih signifikan untuk mempromosikan menu cafe-nya.

usaha cafe minimalis
Sigmatic SPC 1EC Induction Cooker

4. Sigmatic SPC 1EC Induction Cooker
Saya ingin orang datang ke cafe saya untuk berbincang-bincang dalam waktu yang lama, jadi saya ingin mereka betah. Mereka mungkin hanya akan pesan satu cangkir minuman, tapi mereka pasti tidak akan menolak untuk memesan makanan meskipun hanya sekedar pesan lumpia bakar. Kompor ini saya sediakan untuk memasak pesanan makanan para pelanggan. Kenapa butuhnya kompor induksi? Karena kompor induksi lebih ramah lingkungan (cuma butuh 80-90 watt dan makanan pun sudah cepat panas), lebih aman dari bahaya kebakaran, plus lebih sedikit makan tempat. Dan ngomong-ngomong kalau beli kompor ini, katanya gratis panci, benarkah?

usaha cafe minimalis
5. Linksys EA2700 N600 Dual-Band Smart Wi-fi

5. Linksys EA2700 N600 Dual-Band Smart Wi-fi
Dan inilah alat wajib para pemilik cafe untuk membuat semua pengunjungnya betah. Sengaja saya pilih merk ini karena bisa menghasilkan kecepatan hingga 300 Mb/detik, sehingga pengunjungnya akan menyukai browsing di cafe saya. Saya percaya nilai tambah yang mereka rasakan bisa meningkatkan engagement pengunjung di cafe saya dan membuat cuan mengalir deras.
Dan tahu yang paling menyenangkan dari semua ini? Semua barang ini bisa dibeli di Lazada. Tinggal buka aplikasinya di smartphone kita, klak-klik sana-sini, dan barang akan muncul di depan rumah kita dalam keadaan sudah tersegel rapi.
Apakah Anda juga ingin membuat usaha cafe seperti saya? Yuk, kita ngobrol, yuk..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *