Ubah Selai Nutella Menjadi Peluang Usaha Rumahan

Sebotol selai ternyata bisa disulap jadi duit. Ambil selai hazelnut (saya sih pilihnya, Nutella) di lemari es, balurkan ke seluruh kulit pizza, lalu tutupi dengan marshmallow. Panggang di kompor sekitar 5-10 menit sampai marshmallow-nya lumer, jadi deh. Taruh dalam wadah yang sudah dilapisi aluminium foil, bungkus rapat pakai plastik supaya lumeran marshmallow dan selainya tetap di dalam area foil. Bawa ke arena car free day, jajakan ke orang-orang yang lagi mejeng di situ, dan lihat berapa banyak orang yang tanyakan harganya. Cuss..pulang ke rumah sambil kibas-kibas duit deh.

peluang usaha Pizza Nutella
Pizza Nutella dengan topping marshmallow, gambar diambil dari sini

 

Nutella untuk peluang usaha
Sebotol Nutella untuk modal usaha kuliner.
Klik gambar ini untuk mendapatkannya

Nggak sempat keluar rumah buat ngejual pizza? Coba jual pakai internet. Fotoin, taruh di Instagram, tawarkan ke semua penggila kuliner unyu-unyu. Bilang kalau kita nawarin ongkos kirimnya gratis, dan pesanan dilayanin asalkan pelanggannya nelfon tiga jam sebelumnya. Dan extra discount pada pesanan berikutnya kalau si pelanggan mau mention pizza Nutella kita di Instagram sembari ngetag lima orang temannya. What a good idea for money, isn’t it?

Nutella covers Great Wall
Saking larisnya, jumlah Nutella yang diproduksi tiap tahun sama dengan keliling Great Wall of China sebanyak delapan kali.
Gambar diambil dari sini
Nutella frappucino
Blender kopi susu + Nutella, masukkan ke gelas, tindih dengan whipped cream dan saos karamel, jadilah Nutella frappucino.
Resep aslinya ada di balik gambar ini.

Nutella memang selai yang asyik buat digarap jadi kuliner apa saja. Coba tengok website-website di internet, Anda akan menemukan resep-resep selai lain yang memprovokasi air liur (plus Instagrammable tentunya) menggunakan Nutella. Mulai dari dadar gulung isi Nutella sampai donat ber-topping Nutella, hingga Nutella yang dicampurkan ke susu kocok, kopi frappucino, atau bahkan smoothies pisang. Karena selai kacang hazelnut asal Italia ini serbaguna banget, nggak heran Nutella menjadi best seller di semua website retail Indonesia. Pabrik Ferrero sendiri mengklaim bahwa kalau kepingin tahu berapa banyak Nutella yang laris terjual tiap tahunnya, jejerkan saja botol-botol Nutella di sepanjang Tembok Besar Cina..sebanyak delapan keliling. Wow..

Asyiknya, kalau saya kepingin Nutella, saya lebih senang pesan di Blanja.com (1 botol Nutella 200 gram = Rp 27,3k). Website retail milik eBay dan Telkom ini punya reputasi cuma mau menjual barang dari para distributor yang sudah punya izin usaha resmi di Indonesia. Artinya, nggak ada ceritanya ada lapak abal-abal di Blanja.com, dan efeknya adalah semua barang yang dijual (bahkan barang elektronik sekalipun) punya kualitas bagus dengan legalitas yang bisa dipercaya. Beli-beli apapun di Blanja.com pun bisa dengan cara pembayaran apapun, termasuk via ATM, internet banking, dan bahkan T-cash. Plusnya lagi, di Blanja.com, setiap hari adalah discount. Kalau bayarnya nyicil pakai kartu kredit, juga discount. Apakah Anda adalah discount freak yang senang mondar-mandir browsing buat bandingin discount yang satu dengan discount yang lain? Discount dari Blanja.com bisa bikin mata Anda siwer.

E-commerce pada hari gini sudah jadi gaya hidup buat banyak orang Indonesia. Usaha online dengan berjualan produk maupun jasa di internet sudah jadi pilihan yang lebih menghemat ongkos ketimbang memasang-masang iklan di koran atau majalah, apalagi cara tradisional semacam menjajakannya dari rumah ke rumah. Membeli produk bahkan bisa dilakukan secara online, tinggal browse aneka ragam website dari smartphone, lalu bayar dan produk pun langsung dikirim ke rumah. Jangankan barang yang harganya tinggi macam electronic goods, bahkan pesan makan siang pun bisa juga secara online. Contohnya ya seperti ide beli pizza Nutella yang saya tuliskan di atas.

Kenapa belanja via internet begitu massif di negeri kita, bahkan meskipun hanya sekedar beli jajanan yang diolesin Nutella? Alasan simpel, menurut riset tentang pasar e-commerce dari lembaga Accenture di sini, penduduk negeri kita (termasuk di kota Anda juga) kebanyakan berusia muda. Usia muda ini identik dengan pengguna gadget. Dengan makin canggihnya gadget belakangan ini yang dimiliki oleh orang Indonesia, bikin orang cenderung melakukan apapun dengan gadgetnya, termasuk belanja pun via internet. Nggak heran kan kalau kini kebanyakan orang makin sering belanja online, termasuk beli bahan selai Nutella untuk jadi bahan buat bisnis kuliner?

Dan Anda juga bisa ikut masuk ke dunia e-commerce seperti ini, baik itu sebagai pembeli maupun penjual. Tinggal buka smartphone Anda, masuk ke Blanja.com, pesan Nutella-nya untuk dikirim ke rumah. Tiba di rumah, oleskan Nutella-nya ke pizza, donat, pancake, dan bahkan campurkan ke kopi dan es krim. Potret makanan dan minumannya, taruh di social media, dan tunggu sampai smartphone berdering dari orang yang mau beli. Jadi cuan deh..

Hidup sungguh menyenangkan ketika sebotol selai bisa membuat kita jadi kaya.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

3 comments

  1. Ernin Hasyim says:

    Jadi pengen nyobain nutella nih. Kebetulan di rumah juga ada usaha kue kecil-kecilan, kali aja cocok diolesin nutella. Untuk ongkir ke Semarang berapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *