Memperkenalkan Cara SEO pada Blogger Pemula

Kenapa saya bilang “memperkenalkan”, karena ternyata yang dateng ke acara ini mostly masih blogger ala-ala.

#RoadBlog10Cities akhirnya masuk Surabaya juga. Acara yang dihelat oleh perusahaan periklanan online Excite Indonesia ini memang sekarang sedang menyebar di 10 kota di Indonesia, terutama menyasar para blogger. Kota-kota yang kebagian jadi organizer antara lain Makassar, Banjarmasin, Bangkalan, Medan, Banda Aceh, Bojonegoro, Jogja, Bandung, Jakarta, dan tentu saja Surabaya. (Hm..sampai di sini sudah mulai kelihatan kota-kota mana di Indonesia yang banyak populasi blogger-nya.)

Acara Road Blog 10 Cities ini sebetulnya punya tujuan standar-standar aja, yaitu mengajari para blogger amatiran buat bikin konten yang bagus dan kasih sedikit kuliah tentang cara SEO yang mudah untuk pemula. Untuk menarik perhatian penonton, Road Blog 10 Cities juga ditunggangi sponsor-sponsor yang kasih kuliah product knowledge sembari kasih gimmick door prize. Di Surabaya ini, sponsornya antara lain Traveloka, Lembaga Sensor Film, Pegadaian, dan Genflix.

RoadBlog10Cities RoadblogSurabaya
Kuliah promo di Road Blog Surabaya oleh para sponsor yang dimoderasi Budiono (@deteksi, paling kiri). Berturut-turut sebelahnya ke kanan adalah Hakim Setiawan (Deputi Bisnis Pegadaian), Ahmad Yani (Lembaga Sensor Film), dan Hary Afriandi (digital marketing strategist Traveloka).

Rahmah (@amma_chemist), salah satu pembicara dalam acara ini bilang bahwa menulis di blog sebaiknya tentang tema yang dikuasai oleh blogger-nya sendiri. Upayakan juga kalau pengguna internet cari sebuah informasi di Google Search, maka mereka akan menemukannya di blog. Tantangannya tentu adalah bikin konten seunik mungkin di blog, yang nggak bisa ditemukan di blog lain.

Ini menarik perhatian sekitar 100 blogger yang hadir, lantaran sebagian besar blogger tamu di sini masih ala-ala, alias belum jelas blognya mau dibawa ke mana. Sebagian besar blog yang mereka bangun memang masih berupa blog curhat yang kontennya tentu masih “just another same old content”. Nampak dari beberapa pertanyaan yang keluar seperti “Gimana cara bikin paragraf pembuka dan penutup yang menarik perhatian” dan “Gimana cara supaya cara SEO yang kita pakai sama dengan cara SEO yang dipakai oleh juri lomba blog”. Memang kiblat tujuan ngeblog sebagian besar peserta masih berusaha menjadikan ngeblog sebagai hobi yang menguntungkan, dan definisi menguntungkan bagi mereka masih berupa “kudu menang lomba”.

Firmansyah, blogger yang ditugasi jadi pembicara untuk kasih kuliah tentang cara SEO, membeberkan SEO tools yang bisa dipakai oleh para blogger supaya blog mereka bisa nongol di halaman satu hasil pencarian Google Search. Dasar nasib tema tentang SEO, bahasan tentang teknik membuat para blogger hadirin terengah-engah mengikuti penjelasan Firmansyah. Meskipun saya sendiri dengan subjektif menilai bahwa pembicaranya telah menyediakan materi yang paling simpel yang bisa diterima audiens. Oh by the way, kalau Anda kepingin ngintip-ngintip dikit tentang isi kuliahnya, silakan like tweet saya sepanjang hari ini yang pakai hashtag #RoadBlog10Cities dan #RoadblogSurabaya.

Acara Road Blog 10 Cities cabang kota Surabaya yang dihelat sebagai hashtag #RoadBlogSurabaya ini kelamaan. Digelar dari jam 10 sampai jam 4, acara begitu dominant dengan kuliah promo dari masing-masing sponsor, sementara gizi pengetahuan yang paling dibutuhkan tamu justru ditaruh di acara paling belakangan. Praktis mood audiens yang sudah tinggi-tingginya di awal acara, menurun setelah jam makan siang. Padahal masih banyak blogger yang ingin pulang sambil bawa renungan tentang cara bikin konten yang lebih baik seraya mendandani cara menulisnya supaya lebih SEO friendly (tapi nggak pa-pa, soal itu bisa dilihat lebih dalam di artikel yang ini).

Sertifikat buat para hadirin dibagikan ke masing-masing meja. Saya juga dapet dong. Ternyata tiap sertifikat itu sama, pesertanya dipersilakan menulis namanya sendiri. Saya ketawa. Oh iya, tamu yang hadir sebetulnya sudah mendaftarkan namanya jauh-jauh hari via Google Forms.

Bagian terbaik dari acara ini mungkin adalah tiap audiens dapet voucher dari Traveloka. Berupa discount 10 persen. Ini mah saya udah dapet hampir tiap minggu kalau mau beli karcis pesawat atau lagi pingin bobok di hotel. *ngakak guling-guling*

Setidaknya, misi Excite Indo untuk memperkenalkan branding perusahaannya kepada blogger di Surabaya sudah berhasil. Memang bikin workshop gratisan sehari itu tidak mudah. Dan itu bikin saya jadi kepingin nulis tentang cara membuat seminar yang berkualitas dan menyenangkan.

MatahariMall_300X250_BCA Disc 100k_Ends_31July

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

16 comments

  1. Mugniar says:

    Owh Excite Indo ya sponsornya. Di Makassar, tanggal 30 nanti. Jadi berasa kebayang, kira2 di Makassar nanti seperti apa acaranya. Terima kasih sharingnya, Mbak Vicky 🙂

  2. Masak nggak di cetakin sekalian namanya mbak? Mungkin panitia sudah lelah. Hehehe
    Di Jogja juga bakal digelar road blog besok Sabtu, pembicaranya sih keren2, semoga banyak ilmu yg didapat disana nanti.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, 100 orang blogger. Meskipun saya skeptis semuanya memahami SEO.
      SEO yang diajarkan di sini basic banget. Ada sekilas-kilas saya tulis di Twitter pakai hashtag #RoadBlogSurabaya beberapa hari yang lalu.
      Mungkin kalau ada waktu, nanti saya tuliskan lagi di blog ya.

  3. Adriana Dian says:

    SEO tuh emang njlimet banget ya, apalagi khususnya unuk blogger ala-ala kaya aku. Tapi tergantung juga sih, kalo emang nulis mau sekedar sharing dan ngga ngejer lomba-lomba, ngga perlu mikirin SEO yaaaa. Hihi

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Wah, ada permintaan rupanya.

      Semoga didengar ya.

      Saya menduga ExciteIndo milih Bojonegoro dan Surabaya selalu kota penyelenggara karena basis bloggernya yang serius cukup banyak, sehingga kalau bikin acara pun benefitnya juga akan terasa. Kalau Rudi bisa menggalang massa blogger serius yang cukup signifikan, saya yakin Tuban akan dilirik juga untuk jadi tempat penyelenggara workshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *