Event Prenagen, Komitmen Susu Hamil untuk Anak Sehat

Susu hamil mana yang paling sering jadi pilihan para ibu ketika mereka belanja di supermarket? Jawabannya bisa bermacam-macam merk, dan bisa dipengaruhi beragam faktor. Terutama variabel merk susu yang mana yang sedang promo. Atau susu mana yang rasa coklatnya legit. Sahabat saya, yang sewaktu hamil menjadi ahli muntah, bahkan tahu ada merk yang bikin eneg dan mana merk yang nggak bikin eneg, meskipun sama-sama mengandung rasa vanilla.

Prenagen Pregnancy Educational Journey Surabaya 2016

Kalbe Farma sepertinya menyadari persaingan susu hamil di pasaran semakin sengit, jadi mereka menggelar event ini, Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016. Saya yang datang ke acara ini tadi pagi, semula mengira bahwa ini hanya promosi susu hamil berbalut seminar. Tetapi ternyata, event sehari ini nggak cuma buat ibu hamil. Ada booth penyuluhan untuk ibu yang belum punya anak dan ingin hamil. Ada booth masak-memasak menu untuk ibu hamil. Ada booth demo tentang cara menyusui. All-in?

Saya belum selesai. Malah event ini ditutup dengan kuliah tentang cara stimulasi kecerdasan anak. Pulang-pulang, audiens pun nggak cuma dibekali makan siang dan sampel susu hamil Prenagen. Tapi juga dapat souvenir berupa buku menu resep untuk ibu yang ingin hamil, untuk ibu hamil, dan untuk ibu menyusui yang ingin ASI-nya lancar. Plus, DVD tentang cara stimulasi keterampilan anak.

Pertanyaan saya lagi-lagi, why bother? Kenapa Prenagen sampai mau repot-repot mengurusi kosumen bahkan ketika kehamilan sudah berakhir?

Prenagen Pregnancy Educational Journey konferensi pers Vicky Laurentina
Acara konferensi pers yang disertai tanya jawab antara para pengisi acara Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 dengan media.
Nampak duduk kiri-ke-kanan: Juru bicara Prenagen, Mona Ratuliu, Irene Mongkar, Roslina Verauli, Boy Abidin, Greg Agung

Juru bicara Prenagen menjawab kepada saya di konferensi persnya, bahwa Prenagen punya agenda #IbuSehatIndonesiaSehat. Ini bukan slogan yang mereka karang-karang sendiri, tetapi Prenagen percaya pada konsep 1.000 hari pertama kehidupan anak memegang peran penting tentang mau jadi apa anak ini kelak. 1.000 hari pertama kehidupan anak ini bukan dimulai sejak ketika anak ini lahir, tapi sudah dimulai sejak anak ini mulai hidup dalam kandungan ibunya. Ibu yang selama kehamilannya sehat dan punya janin yang sehat, akan melahirkan dengan nyaman. Ketika dia bisa melahirkan dengan sehat, dia bebas dari depresi pasca melahirkan, sehingga dia bisa merawat bayinya dengan nyaman. Kalau bayinya terawat, tentu bayinya akan tumbuh sehat. Plus bonusnya, ibu yang sehat akan sanggup mendidik anaknya, terutama merangsang keterampilan si anak. Anak sehat dan cerdas, akan jadi generasi yang sehat dan cerdas pula, dan generasi itu yang diharapkan menjadi punggung masa depan Indonesia. Jadi dengan mendidik ibu-ibu untuk membesarkan anaknya sejak masih dalam kandungan hingga masa kanak-kanak, #PRENAGENPeduli berharap bisa memberi andil untuk munculnya generasi yang sehat untuk Indonesia.

Prenagen PPEJ2016Sby belly dance
Belly dance yang menghias acara

Prenagen tidak main-main dengan konsepnya itu. Dalam acara โ€œ#PPEJ2016SBYโ€yang cuman digelar sehari ini, selain menggelar booth yang menjual beragam produk Prenagen dan merilis varian teranyarnya yaitu Prenagen Prenapro (susu hamil juga yang dilengkapi vitamin E dan asam folat), Prenagen juga bikin booth Kehamilan yang berisi penyuluhan tentang cara menjaga kesehatan selama hamil. Selain itu, Prenagen juga membuat booth Pra-Kehamilan untuk bikin penyuluhan bagi ibu yang ingin hamil. Tujuan penyuluhannya, supaya (calon) ibu bisa mengantisipasi kalau-kalau dirinya hamil, sehingga ia menjaga dirinya dari makanan-makanan yang sekiranya bisa bikin cacat janin (cacat janin terjadi ketika janin berumur empat minggu, biasanya karena intervensi nggak sengaja oleh ibunya sendiri, dan ibunya tidak tahu bahwa dirinya hamil).

Prenagen susu hamil PPEJ 2016 Vicky Laurentina
Dari kiri-ke-kanan: Vivit, Greg Agung, Mona Ratuliu, dan Boy Abidin mndiskusikan perubahan yang terjadi pada ibu ketika hamil

Seminar yang diadakan Prenagen pun padat. Selain berisi penyuluhan oleh para ginekolog Boy Abidin dan Greg Agung tentang cara menjaga kesehatan selama hamil, panggungnya juga dihadiri psikolog Roslina Verauli yang memberi kuliah singkat tentang cara mengatasi masalah-masalah psikis yang seringkali timbul ketika ibu sedang hamil maupun baru melahirkan, termasuk relaksasi untuk meredakan stress pada ibu-ibu ini.

Prenagen susu hamil Roslina Vicky Laurentina
Roslina Verauli menerangkan dalam Prenagen Pregnancy Educational Journey bahwa semua stress yang terjadi pada ibu ketika hamil disebabkan oleh perubahan hormonal.

Verauli kasih highlight bahwa 80% ibu ternyata stress setelah melahirkan, dan stress ini berlanjut menjadi sebuah penyakit yang disebut post-partum depression. Depresi yang tidak diatasi dengan baik, bisa menimbulkan beragam efek, mulai dari kehilangan kesempatan si ibu untuk merangsang keterampilan bayinya (karena dia sibuk memikirkan kegalauan dirinya sendiri) sampai yang paling parah, ibu membunuh bayinya sendiri karena stress. (Padahal sebetulnya cara menghilangkan stress kan banyak ya. Mulai dari pijat sampai menghirup harum-haruman kan bisa.)

Prenagen Prenagram Irene Vicky Laurentina
Irene Mongkar mendemokan cara stimulasi keterampilan motorik pada anak

Sebagai bonus, acara ini juga dilengkapi dengan kuliah cara stimulasi keterampilan anak. Kuliah yang sebagian besar berupa pertunjukan video dari Irene Mongkar ini, menunjukkan cara-cara yang bisa dilakukan orang tua untuk merangsang kecerdasan bicara, plus keterampilan motorik kasar maupun halus dari sang bayi. Audiens berebutan menggambil HP masing-masing untuk menyuting layar yang memainkan video, tapi Mongkar buru-buru menenangkan hadirin dengan mengatakan bahwa video yang ditampilkan itu sudah ada dalam DVD yang terselip dalam goodie bag masing-masing penonton.

Prenagen anak sehat booth menyusui Vicky Laurentina
Evita mendemokan cara pijat bayi pada booth Menyusui.

 

Prenagen susu hamil booth Nutrisi Sehat Vicky Laurentina
Eddrian Tjhia menggawangi booth Nutrisi Sehat Prenagen Pregnancy Educational Journey Surabaya 2016 dengan mendemokan cara membuat menu makanan untuk ibu hamil.

Segmen favorit saya jelas adalah booth Nutrisi Sehat. Di sini ada Eddrian Tjhia, chef yang didaulat buat bikin demo memasak menu-menu makanan yang cocok untuk meningkatkan kesuburan, menu untuk ibu hamil, dan menu untuk melancarkan ASI pada waktu menyusui. Saya pun semangat nontonin Eddrian mendemokan cara bikin smoothies pisang coklat yang diblender dengan susu Prenagen.

Sekitar 700-an pengunjung memadati acara yang digelar di Dyandra Expo ini dan pulang sambil menggembol goodie bag. Suami-suami ayng menemani mereka pun puas karena ternyata acaranya juga menyelipkan banyak pesan untuk para calon ayah. Verauli, dalam konferensi pers, juga menyebutkan bahwa penting banget buat para ayah untuk menghadiri acara seminar parenting beginian. Selain untuk belajar mendampingi istrinya yang sedang memulai stimulasi anak mereka di dalam rahim, ayah ternyata juga punya peran yang sama pentingnya dalam merawat dan mendidik anak baik ketika anak masih dalam kandungan maupun ketika sudah lahir.

Prenagen susu hamil photo booth Vicky Laurentina
Nampak Avy Ch dan Nurul Rahmawati berpose pada photobooth yang diminati para pengunjung.
Yang kenal siapa kedua orang ini, silakan jawab di kolom komentar. ๐Ÿ™‚

Masih Banyak yang Perlu Dibenahi

Meskipun Prenagen Pregnancy Educational Journey ini bukan yang pertama kali digelar, tetapi sepertinya Kalbe masih perlu belajar lagi tentang bagaimana membuat event supaya tujuan acara sampai ke sasaran. Di luar seminar, saking semangatnya membagi-bagikan pengetahuan dalam bentuk booth-booth penyuluhan yang dipadati penonton, suara dari masing-masing pembicara di tiap booth pun saling balapan karena tiap booth lupa diberi sekat. Saya yang lagi dengerin Eddrian di booth ย Nutrisi Sehat mengoceh tentang cara bikin menu makanan untuk merangsang kesuburan, terusik suara dari booth sebelah yang pembicaranya sedang mengoceh tentang preeklampsia dalam kehamilan.

Saya menyikut ibu-ibu di sebelah saya dan berbisik, โ€œDia (Eddrian) ngomong apa sih?โ€

Tetangga saya pun menggeleng, โ€œDuh, ndak tau. Ndak kedengeran nih!โ€ Ternyata penonton lain juga kesulitan menyimak penyuluhan lantaran masing-masing booth pada berisik.

Anda Bisa Berpartisipasi

Surabaya bukan satu-satunya kota yang menggelar event Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 ini. Prenagen masih akan menggelar road show-nya di kota-kota kecil di seluruh Indonesia dalam bentuk seminar-seminar kecil di rumah-rumah sakit. Termasuk pembelian tiket online untuk chapter lain dari Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 yang akan digelar di Hotel Grand Clarion, Makassar, bisa dilakukan di sini.

Anda yang kepingin tahu segala informasi tentang acara Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 ini bisa menyimak dengan stalking di Twitter dengan hashtag #PRENAGRAM.

Prenagen saat ini memegang market share lebih dari 50% untuk susu hamil di Indonesia. Dan dengan acara Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 ini, sepertinya bakalan masih lama Prenagen memegang tampuk sebagai susu hamil paling laris di Indonesia.

Semua foto oleh Vicky Laurentina

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

13 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *