Belajar Tata Cara Umroh Dulu Sebelum Bertamu ke Rumah Allah

Buat sebagian orang Indonesia, ibadah umroh dan haji masih dianggap jauh dari angan-angan. Kelihatannya sekilas kayak pergi jauh sekali ke Arab sana, masuk ke Mekkah, sholat di Masjidil Haram, lalu jalan keliling Ka’bah sambil pakai mukena atau sarung putih. Makanya pergi ibadah umroh dan haji masih identik dengan kata mahal, karena memang wawasan tentang ibadah ini ya sedikit. Boro-boro tahu tentang harga paket umroh dan haji yang rasional, paham tata cara umroh dan haji pun kadang-kadang masih setengah-setengah.

Tata Cara Umroh

Ibadah umroh dan haji sebetulnya hampir sama, hanya saja haji mengandung ibadah wukuf di Arafah, sedangkan umroh tidak meliputi wukuf. Pergi umroh sebetulnya bisa terjangkau oleh kita sekiranya kita mengerti dulu tentang bagaimana kita berniat untuk umroh. Untuk berniat, tentu kita perlu memahami umroh itu seperti apa dan bagaimana tata cara umroh yang benar. Tata cara umroh, seperti yang tergambar rapi di infografis ini, sebetulnya hanya terdiri dari empat tahap: 1) ihram, 2) tawaf, 3) sai, 4) cukur rambut.

Tata cara umroh infografisIhram, artinya memakai pakaian ihram (buat para pria) dan memakai pakaian yang menutup aurat tanpa perhiasan (buat para wanita) dengan didahului mandi besar dan dimulai di tempat miqat. Ketika memakai kain putih ini, badan kita sudah bersuci, berniat untuk ibadah umroh, membaca talbiyah, dan kita tidak melakukan hal-hal tertentu yang bisa membatalkan niat ihram.

Tawaf, artinya berjalan keliling Ka’bah tujuh kali sambil bertakbir dengan rute yang dimulai dan berakhir di Hajar Aswad. Sa’i, artinya berlari-lari kecil antara Bukit Safa dan Bukit Marwah sebanyak tujuh kali, dan mengucapkan tahmid setiap kali naik ke Safa. Memotong rambut, artinya memotong rambut sebanyak minimal 1 inci dari ujung rambut atau sekalian mencukurnya habis (jika panjang helai rambutnya < 1 inci).

Lebih jelasnya, tata cara umroh bisa dilihat di sini.

Mengapa Perlu Biro Travel Umroh

Setiap hari, ada ribuan umat muslim dari seluruh dunia yang melakukan tahap-tahap ibadah umroh ini di Mekkah. Jemaah muslim Indonesia hanya sebagian kecil di antara jemaah yang melakukan umroh ini. Kita yang melakukan umroh akan berinteraksi dengan para muslim dari berbagai bangsa, termasuk beribadah bersama, makan bersama, dan menghuni hotel bersama. Hidup di Mekkah dengan ribuan manusia dari beragam budaya itu tentu bukan perkara gampang, apalagi kalau orang lain belum tentu setertib kita. Jadi perlu adanya bimbingan untuk hidup di Mekkah, meskipun hanya beberapa hari, termasuk juga bimbingan tentang bagaimana caranya melakukan ibadah umroh yang langkah-langkahnya sesuai dengan tuntunan Rasululllah Muhammad saw. Mengetahui biro travel umroh yang mana yang dapat dipercaya, akan bisa membimbing kita selama melakukan umroh, supaya biaya yang kita telah keluarkan untuk ibadah ini nggak terbuang sia-sia.

Ada banyak tanda-tanda biro travel umroh yang bisa kita percayai, antara lain:

1. Punya surat ijin dari Kemenag. Mengantongi surat ijin dari Kementerian Agama, artinya biro perjalanan umroh ini mendapatkan akreditasi bahwa biro ini memberikan bimbingan untuk melakukan ibadah umroh secara sesuai tuntunan yang disyariatkan agama Islam, bukan berdasarkan pedoman yang dikarang-karang sendiri oleh imamnya.

2. Punya surat ijin dari Kemenperindag. Artinya biro ini merupakan badan usaha yang legal mengadakan usaha sebagai biro perjalanan. Sehingga biro ini tidak akan sampai menelantarkan pesertanya di negeri orang.

3. Jemaahnya berangkat semua 100%. Biro travel umroh yang baik akan membimbing segala-galanya, mulai dari cara mengurus paspor, cara mengurus visa, termasuk cara mendapatkan vaksin meningitis yang disyaratkan oleh pemerintah Saudi Arabia. Bila jemaah batal berangkat hanya karena tidak mendapatkan izin dari pemerintah Saudi, perlu diragukan komitmen biro untuk membimbing jemaahnya.

4. Punya gedung administrasi yang dimiliki sendiri, bukan mengontrak. Artinya biro ini merupakan perusahaan yang mapan. Alamatnya bisa ditemukan di Google, dan kantornya bisa didatangi langsung.

5. Pengurus travel bironya bisa dikenali.

6. Ada testimonial dari alumni jemaahnya. Jemaah yang bangga mengucapkan nama biro travel yang melayaninya selama umroh, menandakan bahwa biro ini bisa dipercaya.

 

Rabbani Tour sebagai Biro Travel Umroh Terpercaya

Rabbani Tour merupakan biro travel umroh sejak tahun 1996 yang memiliki reputasi bahwa 100% dari sekitar 2.000-an jemaahnya telah berangkat ke Mekkah. Biro ini dikenal punya kebiasaan memberikan bimbingan manasik ibadah umroh dulu kepada jemaahnya, minimal 2x kelas manasik dalam sebulan. Bahkan mereka juga memberikan manasik untuk khalayak umum secara periodik.

Tata cara umroh Mekkah
Jemaah Rabbani Tour sedang tawaf bersama di Masjidil Haram. Mereka selalu dalam bimbingan agar tetap tertib selama melakukan ibadah umroh.

Selama ibadah umroh, jemaah mereka dibimbing untuk beribadah sesuai sunnah Rasulullah, seperti cara mandi besar, mengaji, dan bahkan tahajud berjamaah. Sepulang dari umroh, mereka tidak melepas alumninya, tetapi alumni-alumni ini dikumpulkan kembali dalam komunitas yang dibimbing untuk menghafal melalui metode Camqan. Target biro travel ini, setiap jemaah bisa hafal satu juz dalam satu bulan.

 

Itinerary Umroh Rabbani Tour

Paket ibadah umroh Rabbani Tour secara reguler biasanya terdiri atas sembilan hari:

H1: Perjalanan Jakarta-Jeddah-Madinah

H2, H3: Ziarah di Madinah dan sekitarnya

H4: Perjalanan Madinah-Mekkah

H5, H6, H7: Umroh dan ziarah di Makkah dan sekitarnya

H8: Perjalanan Makkah-Jeddah dan wisata di Jeddah

H9: Perjalanan Jeddah-Indonesia

 

Paket Unggulan Rabbani Tour

Paket Umroh Ramadhan

Hadits Rasulullah saw: “Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku.” (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256)

Jadwal keberangkatan ibadah umroh Ramadhan Rabbani Tour untuk tahun 2016 ini adalah tanggal 1, 4, 19, dan 24 Juni, dengan biaya berkisar antara USD 1990-2590. Anda bisa mendaftar untuk ikut paket umroh Ramadhan dengan klik gambar di bawah ini.

Paket Umroh Plus Aqsa

Value lebih dari paket ibadah umroh plus Aqsa ini adalah kesempatan untuk shalat di Mesjid Aqsha. Dengan paket umroh plus ini, sebelum masuk Saudi Arabia selama  tujuh hari, jemaah diantar dulu ke Amman untuk ziarah di sekitar Jerusalem selama tiga hari dua malam. Tahun ini, jadwal keberangkatan terdekat untuk paket umroh plus Aqsha ini adalah 8 Juni.

Paket Umroh Desember 2016

Paket umroh ini menyenangkan karena diadakan pada bulan Desember, ketika cuaca di Saudi Arabia terasa lebih sejuk daripada bulan-bulan lain, bahkan kadang-kadang gerimis.

Biayanya pun cukup sekitar USD 1650-1900 saja.

 

 

Tata cara umroh Turki
Suasana mekarnya bunga tulip di Festival Tulip Emirgan yang dapat dikunjungi bareng Rabbani Tour

Paket Turki Tulip Tour

Paket ini cukup bikin saya ngiler karena membawa pesertanya keliling Turki selama 8 hari. Highlightnya adalah ke Festival Tulip Emirgan, di mana tulip baru bermekaran di seluruh kota. Paket ini hanya diadakan setahun sekali oleh Rabbani Tour setahun sekali, karena memang saat itulah festival tulip diadakan. Biayanya sendiri hanya USD 1599.

 

Cara Mendaftar Paket Umroh

Jadwal keberangkatan untuk paket umroh reguler maupun paket-paket umroh lainnya, termasuk paket umroh promo yang tarifnya jelas lebih murah, dapat diperoleh di sini.

Registrasi untuk ibadah umroh bareng Rabbani Tour gampang banget, cukup daftar dengan klik banner di bawah ini.

Menabung untuk Biaya Ibadah Umroh

Membangun dana untuk biaya ibadah umroh ini bisa dicicil sekarang dengan menabung. Rabbani Tour punya inisiatif bikin paket Tabungan Marur, yang merupakan hasil kerjasama antara Rabbani Tour dan BRI Syariah. Tabungan ini akan sulit bobol oleh sikap konsumtif kita sendiri, soalnya tabungan ini nggak punya kartu ATM. Dan nggak ada biaya administrator juga. Setoran awalnya pun ringan, cuman Rp 100k. Samalah dengan budget paket data internet kita-kita, hahahaha..

Main yuk ke rumah Allah. Allah tidak memanggil orang yang mampu, tetapi Allah memampukan orang yang terpanggil.

Semua gambar diambil dari www.rabbanitour.com dan www.umrohasyik.com.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

6 comments

  1. Novia says:

    Aduh,,,kalo ada postingan ttg haji dan umrah, saya suka sedih.
    Soalnya beberapa kali ketunda berangkat umrah. Mungkin niatnya harus kuat biar segera kesana. Aamiin.

    TFS, Mbak

  2. Ery Udya says:

    Murahnya, hanya 100K untuk tabungan awal..

    Semoga kita bisa beribadah ke tanah suci, makasih ya, Mbak, untuk infonya, jadi tahu ada cara yg mudah dan ringan untuk beribadah umroh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *