Aturan Penggunaan HP di Tempat Umum yang Wajib Dipahami Anak

Pernah melihat anak kecil yang tak bisa lepas dari HP ketika berada di tempat umum?

Bagi sebagian besar orang, pemandangan tersebut tentu cukup menjengkelkan. Apalagi jika hal tersebut Anda alami sendiri. Anak-anak yang terlanjur asyik dengan HP kesayangannya akan mengabaikan keadaan di sekitarnya bahkan mengabaikan orang tuanya.

kids-with-cell-phones

Mendapatkan HP berkualitas dengan harga mudah memang tak sulit. Kredit HP Samsung murah murah pun menjadi solusi untuk HP anak. Tentu saja anak Anda boleh menggunakan HP secara leluasa. Asalkan Anda sudah memberi pengertian tentang aturan HP di tempat umum seperti beberapa poin penting ini :

Jangan Menggunakan HP Ketika Sedang Berjalan

Sudah banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan HP ketika berjalan di tempat umum. Mulai dari kecelakaan kecil seperti tersandung hingga kecelakaan parah yang melibatkan kendaraan bermotor. Jadi, beri tahu anak supaya tidak menggunakan HP-nya ketika sedang berjalan di tempat umum. Karena selain meningkatkan risiko kecelakaan, hal ini juga berpotensi menimbulkan tindak kriminalitas berupa pencopetan.

Ketika Sedang Berbicara dengan Orang Lain

Ketika sedang berbicara orang lain, ajarkan pula pada anak untuk menyimpan HP-nya terlebih dahulu. Sebab anak harus fokus terhadap hal yang sedang dibicarakan. Menggunakan HP saat berbicara dengan orang lain tentu menimbulkan kesan kurang sopan.

Berhenti Menggunakan HP Saat Berada di Restoran

Hal yang satu ini juga kerap terjadi pada anak-anak masa kini. Sering kali anak-anak dibiarkan asyik menggunakan HP hingga mengabaikan anggota keluarga dan makananyang sudah dipesan.

Momen makan bersama keluarga adalah waktu berkualitas untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga. Jadi, usahakan agar Anda dan anak-anak punya waktu untuk mengobrol dan bercengkerama di sela-sela aktivitas makan bersama.

Menyimpan HP dengan Benar

Anak-anak juga harus diajarkan untuk menyimpan HP dengan benar selama berada di tempat umum. Selain untuk menghindari tindak pencurian, menyimpan HP dengan benar juga membuat HP tidak mudah jatuh atau tergores. Jika anak sudah belajar teliti merawat HP sejak kecil, tentu saja kebiasaan baik ini akan terbawa hingga anak beranjak dewasa.

Melatih anak untuk disiplin tak hanya dalam hal belajar di sekolah atau membantu pekerjaan rumah saja. kini mengatur penggunaan HP pada anak juga bisa menjadi bagian dari penerapan sikap disiplin sejak usia dini.

Gambar diambil dari sini

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

2 comments

  1. Dhani says:

    Biasanya anak “hanya” meniru orang2 sekitarnya tmsk dlm menggunakan gadget dan salahsatu diantaranya adl orgtua. Jgn sampai saat ortu menegur, si anak mlh ngejawab “ayah/bunda jg gitu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *