DIY: Aneka Resep Masakan Enak a la Restoran

Seperti Anda, saya juga senang makan-makan di restoran. Saya termasuk foodie penyembah makanan enak yang sangat menikmati prosesi di restoran seperti ritual unik: motret makanannya dulu sebelum dimakan, menikmati suap demi suap, dan menutup suapan terakhir sambil mengeluh sedih kenapa kok masakan enak yang barusan saya makan itu cepat habis.

Tapi nggak selalu saya bisa menikmati makanan enak di restoran semau saya. Kalau lagi tanggal tua, saya terpaksa ekstra ngirit lantaran income dari suami saya juga cenderung mepet (suami saya wiraswasta yang dapat rejeki dengan ngerjain proyek-proyek pesanan mitranya). Padahal, saya kan juga kepingin tetap makan yang lezat-lezat?

Saya tahu yang problem begini punya nggak cuman saya. Mungkin Anda juga. Entah bagaimana, tanggal tua selalu identik dengan bokek.

Persoalannya, saya ini smart. *ngetik gini sambil nepuk dada*. *terus batuk-batuk*. Saya nggak rela dipaksa ngirit cuman gara-gara ini tanggal tua. Tanggal itu hanya sebuah angka, kenapa saya harus dipusingkan  olehnya? Jadi saya pun putar otak.

A-ha! Tanggal tua ini adalah kesempatan buat berburu aneka resep masakan! Daripada saya craving buat menyantap makanan enak di restoran tapi budget lagi terbatas, kenapa saya nggak bikin aja menu masakan restoran itu di rumah sendiri? Paling-paling bedanya saya cuman kudu masak sendiri, cuci piring sendiri, hehehe.. Tapi kan tetap aja jatuhnya biaya yang saya keluarin buat acara makan-makan ini nggak sebanyak kalau makan di restoran (nggak seperti yang dikeluhkan teman saya pada komentar di artikel yang ini).

Saya nggak pilih-pilih, mau resep masakan Nusantara, atau menu masakan bangsa lain, semua saya hajar. Sebetulnya kuncinya cuman satu: Apapun menu yang mesti saya masak, usahakan tampangnya sama persis dengan penampakan menu itu kalau disajikan di restoran. Hah, kalau cuman urusan food styling sih, itu mah cemen buat saya.

Jadi , ini beberapa nukilan dari aneka resep masakan praktis andalan saya kalau lagi tanggal tua dan terpaksa masak di rumah:

  1. Ayam bakar Mediterania
Aneka resep masakan ayam bakar Vicky Laurentina
Masakan ayam bakar ini bisa pakai bumbu Italia yang langsung sudah jadi saja.

Resep ini sebetulnya resep ayam bakar dilumuri bumbu aja kok. Cara memasak:

  1. Bikin bumbunya dulu dari bawang putih + bawang bombay + oregano + bubuk paprika. Campurkan bumbu ini dengan minyak zaitun dan sedikit air.
  2. Lumurkan bumbunya ke dada ayam (saya biasa memilih dada yang tanpa tulang).
  3. Bakar ayamnya sampai empuk.
  4. Sajikan dengan side dish berupa mashed potato, potongan wortel, dan kacang polong.

 

  1. Bruschetta udang
Aneka resep masakan udang Vicky Laurentina
Roti untuk bruschetta ini bisa diganti dengan ciabatta. Pokoknya jangan diganti dengan roti tawar putih.

Ini adalah resep udang a la saya yang memasang udang sebagai topping di atas potongan roti Perancis. Cara memasak:

  1. Lumuri udang kupas dengan jeruk nipis sampai bau amisnya hilang, lalu rebus sampai matang.
  2. Sementara itu, potong-potong roti Perancis-nya, lalu lumuri dengan mentega dan panggang sampai crunchy.
  3. Bikin bumbunya dari bawang bombay + bawang putih, tumis dengan minyak zaitun. Campur dengan bubuk cabai dan saos tomat sampai mengental.
  4. Masukkan udang rebus tadi ke bumbu tumisan ini, lalu bubuhi merica. Maka jadilah topping udang.
  5. Tata roti panggang di atas piring yang sudah dialasi selada, lalu tata udangnya satu per satu di atas masing-masing roti. Bubuhkan mayonaise di atas udang, dan hias dengan peterseli.

Kadang-kadang , kalau saya lagi selo, sebelum dipanggang, rotinya saya tumpuk dengan udang mayonaise dan saya tindihi lagi dengan keju quick melt. Baru saya panggang sampai kejunya meleleh :-p

  1. Sate lilit
Aneka resep masakan sate ayam Eddy Fahmi
Sate lilit ini sebetulnya renyah jika tepung terigunya diganti dengan oatmeal.

Ini sebetulnya resep sate yang saya modifikasi pada batangnya. Kalau di Bali tempat asalnya, sate lilit ini menggunakan lidi khusus. Tapi karena lidinya sulit saya temukan, maka lidinya saya ganti dengan batang serai, hahaha.. Cara memasak:

  1. Bikin bumbu halus dulu dari bawang merah + bawang putih + terasi bakar + cabai merah + daun jeruk + santan bubuk, ulek dan campurkan dengan air jeruk nipis
  2. Di wadah lain, ayam cincang dicampur dengan tepung terigu + kaldu ayam + garam + gula + merica. Campurkan dengan bumbu halus tadi sehingga membentuk adonan.
  3. Adonan ini dibikin membentuk bola-bolaan pipih, lalu masing-masing bola dililitkan ke batang serai. Olesi masing-masing sate mentah ini dengan kecap manis, lalu bakar.

Saya sendiri masih bereksperimen dengan resep sate ini dan belum menemukan formula yang pas. Karena satenya saya bikin menggunakan batang serai, maka setelah dibakar, batang serai menjadi layu dan satenya terancam ambyar, hahaha.. Saya sendiri menyantapnya dengan memotong daging ayamnya dari batang serai dengan sendok dan garpu, bukan menggigitnya langsung dari batang serai. Nggak pa-pa deh, yang penting penampakannya masih Instagrammable. :-p

  1. Pasta sayur
aneka resep sayur Vicky Laurentina
Pasta paprika ini boleh memakai bentuk apapun dari makaroni, tapi paling bagus memakai makaroni bentuk kerang atau bentuk fusilli.

Menu masakan ini sebenarnya cuma resep sayur berupa makaroni tumisan yang diberi topping potongan sayur dan daging asap. Sayurnya berupa potongan paprika yang ditumis dengan bawang bombay + jagung + irisan cabai. Yang penting, paprikanya harus terdiri dari dua warna supaya nampak menarik. Daging asapnya pun fleksibel; kalau harganya sedang kemahalan, saya ganti dengan korned.

Resep Minuman

Suami saya juga pinter di dapur lho. Biasanya kalau lagi masak, saya kebagian tugas bikin makanan, sedangkan suami saya bikin minuman. Minumannya ya a la cafe juga. Favorit saya ya bangsa smoothies-smoothies-an atau frappe-frappe-an.

Resep minuman smoothies pisang Eddy Fahmi
Smoothies pisang vanilla dengan topping coklat
Resep minuman smoothies Eddy Fahmi
Smoothies anggur strawberry

Resep smoothies bikinan kami cukup sederhana: Potongan buah dicampur dengan yogurt dan susu bubuk, lalu diblender sampai halus banget. Setelah dituangkan ke gelas saji, taburkan bubuk cokelat di atasnya. Buahnya bisa dipilih tergantung selera kita.

Tanggal tua bukan berarti kita mesti jadi pemuja mie instant. Kreatif sedikit, dan kita masih tetap bisa makan-makan cantik seperti sedang berada di kafe. Karena, saya nggak mau kalau baru bisa menikmati makanan enak di tanggal tua setelah dapat diskon doang. 😀

Semua foto oleh Vicky Laurentina dan Eddy Fahmi

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

10 comments

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Pasta sayur itu memang bisa divariasikan macam-macam. Kalau nggak punya paprika warna-warni, bisa diganti sama tomat.

      Bruschetta itu juga banyak banget variasinya. Kalau saya lagi nggak punya udang, segala lauk lain pun jadi.

  1. Santi Dewi says:

    saya juga termasuk org yg senang menikmati makanan enak mba…
    emang lebih murah kalo masak sendiri, apalagi kalo pinter masak…. sementara saya, bisa masak cuma pas2an hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *