Raup Komisi Toko Online Terbesar di Indonesia bersama Kudo

Kalau Anda ingin ikutan mendirikan online shop di Indonesia dan kepingin meraup pangsa pasar yang besar, Anda mungkin sudah melihat bahwa ceruk pasar di Indonesia ini cukup sempit. Penduduk Indonesia yang doyan belanja online nggak sampai 10%, situs jualan online yang besar-besar dikuasai nama itu-itu saja, padahal menurut artikel ini, minat untuk beli barang di internet terus meningkat 20% setiap tahunnya.

Kita mungkin kepingin bisa jualan di Lazada Indonesia misalnya, tetapi terhambat biaya tertentu. Karena seperti halnya aneka situs jualan online besar lainnya di Indonesia, Lazada memasang syarat agar kita membayar sejumlah tertentu supaya boleh berjualan di sana. Padahal situs-situs semacam itu (seperti contohnya fashion online shop Indonesia macam Berrybenka, Hijabenka, Sociolla, dan lain-lain) sudah punya nama yang terkemuka, sehingga telah menjadi penjual terpercaya di kalangan konsumen belanja online di Indonesia.

Mungkin Bukalapak yang sama bekennya pun lebih mudah, karena untuk berjualan di situs jualan online yang satu itu gratis. Tetapi jika kita nggak punya produk yang unik, kita juga sama saja dengan para kompetitor yang sudah berjualan duluan di situs penjualan online terpercaya itu.

Jadi, gimana caranya supaya bisa berwiraswasta dengan menjadi penjual terpercaya, tapi dengan sumber daya yang cukup minim?

Aplikasi Kudo

Perkenalkan, Kudo. Aplikasi Android yang satu ini bisa mewujudkan keinginan kita yang kepingin menjangkau konsumen belanja online dengan cepat, tanpa harus keluarkan banyak modal, kecuali mungkin bermodal sedikit sinyal internet. Malah, kita nggak perlu menyetok produk apapun untuk dijual. Nggak perlu bikin situa jualan online khusus juga. Yang kita perlukan tentu cuma konsumen untuk membeli produknya, itu saja.

Saya membuka aplikasi Kudo ini beberapa hari yang lalu. Saya download aplikasi Kudo ini dari Play Store, lalu memasukkan identitas dan memasukkan foto KTP. Dalam tempo lima menit pun saya langsung dapat pemberitahuan via SMS bahwa saya sekarang sudah resmi jadi agen Kudo, that’s it. Dengan resminya saya menjadi agen Kudo ini, saya mendapatkan username, password, dan PIN. Soal apa kegunaan PIN ini, nanti saya jelaskan.

Saya pun log in ke aplikasi Kudo setelah memasukkan username dan password yang diberikan, dan saya mendarat di deretan etalase Kudo. Etalase Kudo disusun seperti online shop di Indonesia umumnya, dengan kategori seperti elektronik, fashion, emas, peralatan rumah tangga, perlengkapan beauty, barang-barang supermarket, alat-alat otomotif, stationery, kebutuhan anak, sampai peralatan hobi. Pada masing-masing produk tertera harganya, berikut pula komisinya. Ealaah..jadi kalau saya menjual produk ini kepada pembeli, maka sebagai penghargaan menjadi agen Kudo (karena saya bosan mendengar kata reward), saya akan dapat komisi sekitar 3% dari harga produk yang dijual. A-ha.

Yang sedikit lebih menarik lagi, ternyata di dalam etalase Kudo juga ada kategori khusus bernama kategori Semua Penjual. Di sini kita bisa berjualan macam-macam produk Lazada Indonesia dan Bukalapak. Banyak banget barang yang bisa kita jual dari kedua nama situa jualan online itu, yang jika kita jual sebagai agen Kudo, maka kita akan dapat komisi sebesar 3-5%. Malah nggak cuman Lazada dan Bukalapak. Di Kudo ini kita juga bisa menemukan nama-nama situs online shop di Indonesia lainnya yang bergabung, antara lain Berrybenka dan Hijabenka (tempat kita bisa menemukan item-item fashion terkini), VIP Plaza, Sociolla (halo, siapa yang nggak kenal website pasar make up yang barang-barangnya sering kali chic ini?), dan bahkan Pesona Nusantara tempat jual oleh-oleh online. Semua mengandung komisi 3%. A-ha lagi.

Bahkan, kalau kita nggak berminat jualan produk barang fisik yang dikirim ke rumah pun, sektor jasa masih bisa kita lirik sebagai agen Kudo. Ingat beberapa minggu lalu saya mengoceh tentang asyiknya main jet ski di Bali? Tiketnya bisa dibeli di Kudo. Mau main banana boat, atau kepingin macam-macam objek wisata water park, atau mau yang main indoor saja seperti nge-gym atau sekedar karaoke? Semua voucher-nya ada di Kudo. Bahkan untuk vendor-vendor pernikahan macam wedding band, fotografer, sampai jasa juru rias pun ada juga dijual di Kudo. Semuanya bisa kita jual, dan ada komisinya 3%. A-HA!

Cara menjualnya pun bisa sambil merem. Pertama-tama, kita mesti mengisi Saldo Kudo dulu via bank (nggak usah banyak-banyak, Rp 50k pun sudah cukup. Pilihan banknya antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank CIMB Niaga, atau melalui virtual account-nya Permata). Lalu mulailah berjualan. Kalau sudah tahu mau beli jualan produk yang mana, input saja nama pembeli bareng alamatnya, masukkan PIN dan bayarkan, dan kita tinggal tidur sambil menunggu produknya dikirim ke pembeli. Dan, biarkan komisi pun masuk ke tangan kita. Sesimpel itu. Dan semuanya cukup dilakukan dari tangan kita yang cuman megang HP ini.

Cara menjual barang sebagai agen Kudo saya deskripsikan dalam bentuk gambar berikut ini:

Kudo produk Lazada Indonesia

1. Membuka halaman aplikasi Kudo.
Di sini tampak deretan etalase dari berbagai kategori produk yang dijual melalui Kudo.
Saya mencari kategori Kupon dan Voucher dengan scroll layar ke bawah. Kategori Kupon dan Voucher ini berisi voucher dari berbagai merchant yang bekerja sama dengan Kudo.

 

 

 

 

 

 

Kudo pantai pink2. Membuka etalase Kupon & Voucher, lalu menemukan kategori Travel.
Saya memilih produk voucher untuk Car Rental Lombok.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kudo lakupon3. Membuka icon Car Rental Lombok. Membaca deskripsi voucher yang diberikan beserta harganya.
Menekan icon Beli.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kudo agen Kudo situs jualan online4. Memasukkan nomor handphone dan Alamat email orang yang akan membeli voucher Car Rental Lombok itu dari saya.
Petunjuk tentang cara pembayaran akan dikirimkan ke e-mail orang tersebut.
Voucher produknya juga akan dikirimkan ke alamat email tersebut.

 

 

 

 

 

 

Kudo situs jualan online5. Memasukkan PIN Kudo sebagai pertanda bahwa transaksi ini dilakukan melalui keagenan saya.
Sehingga Komisi yang timbul dari transaksi ini akan dikirim ke account saya.
Sampai di sini, tugas saya selesai.

 

 

 

 

 

Prospek Agen Kudo

Setelah ini Anda mungkin bertanya-tanya, kalau sesimpel itu doang jadi agen Kudo, semua orang bisa jadi agen kan? Lha kalau semua orang bisa jadi agen Kudo, terus siapa yang mau beli?

Hohoho..Justru Kudo ini dibikin lantaran jumlah pembelanja online shop di Indonesia ini masih sedikiit banget. Menurut tulisan di sini, dari sekian banyak orang di Indonesia yang punya HP, cuman 7% yang berani beli barang secara online. Artinya ada 93% yang nggak berani beli barang di situs e-commerce, bahkan di Lazada Indonesia sekalipun yang after sales-nya jarang mengecewakan. Hoh, banyak banget, siapa aja tuh 93%-nya? Anda boleh sebut: ibu Anda (yang masih keukeuh cuma mau beli emas di toko yang jelas ketemu sama penjualnya dan nggak mau beli barang dari manusia yang nggak kelihatan), tetangga Anda (yang mungkin boro-boro punya kartu kredit, transfer bank saja masih maunya datang ke gedung bank langsung), atau kerabat Anda di desa-desa (yang mungkin jangankan pernah belanja online, punya rekening bank saja belum tentu). Mereka butuh barang juga kan? Mereka pasti juga kepingin bisa pergi ke Bali buat main parasailing kan? Lha tapi mereka belum punya cukup energi buat langsung pergi ke toko untuk belanja atau pergi ke biro travel untuk bikin appointment kan? Jadi siapa yang bisa tampil di hadapan mereka sebagai penjual terpercaya untuk mereka pasrahkan dana demi membelikan mereka ini-itu? Anda. Dan siapa yang punya sumber daya berupa HP dan koneksi internet untuk melakukan itu semua? Jelas, Anda.

Kudo, Menurut Saya

Tentu saja masih banyak printilan yang saya anggap kurang dari aplikasi baru ini. Semisal, aplikasi ini rada ge-je kalau kita nggak memahami baik-baik apa itu Kudo, karena baru download aplikasi dan kepingin buka saja sudah langsung ditodongi foto KTP. Jadi, kalau Anda nggak ngerti apa manfaat Kudo ini, silakan baca ulang lagi artikel ini dari paragraf awal. Sepertinya aplikasi ini memang bukan untuk orang yang awam banget, karena begitu masuk,  penggunanya sudah langsung diarahkan untuk menjadi agen, bukan menjadi konsumen. Ya sesuailah dengan tagline-nya Kudo, semua bisa jadi pengusaha.

Oh, ada beberapa produk yang belum dijual di Kudo, terutama barang-barang investasi. Selain emas Antam dari Bukalapak, Kudo ini belum jualan reksadana. Kudo ini belum jualan polis asuransi. Padahal mata penggila pasar modal seperti saya sering banget jadi hijau kalau lihat reksadana didiskon. Dan perlu diingat bahwa instrumen investasi dan polis asuransi itu barang yang cocok banget dipromosikan kalau kepingin masyarakatnya lebih sejahtera di masa depan.

Dan ada lagi yang belum dijual di Kudo, antara lain jasa tukang kebun. Jasa service AC. Jasa pengasuh untuk manula. Masyarakat butuh banget dengan produk-produk beginian. Kok di Kudo belum ada yang jual?

Dan..apa lagi? Oh ya, kenapa sih komisi produk-produknya yang saya temukan paling banter cuma 6%? Mbok dinaikin gitu komisinya, jadi 20%.. *terus saya diketawain sama para founder-nya Kudo*

Dan selalu ada kabar gembira kalau baca tulisan saya. Sebagai akibat saya mendaftar jadi agen Kudo, saya bisa memperoleh harga diskon sampai 100%. Caranya, setelah saya mendapat nomor PIN dan password, saya akan dapat kode voucher senilai Rp 50k. Kode ini bisa saya pakai untuk mendapatkan diskon senilai Rp 50k, jika saya sudah mengisi saldo senilai Rp 50k dan nilai belanja maksimal Rp 200k. Asyik kan?

Dengan berjamurnya online shop di Indonesia, e-commerce sudah makin meriah lho.  Sayang banget kalau kita cuman mau jadi penonton, atau lebih parah lagi, cuman jadi konsumen. Ternyata ceruk pasar masih luas nih,  banyak jalan buat mendulang komisi dari toko online yang besar-besar. Mau jadi pengusaha dari modal yang kecil banget? Ya ikutan jadi agen Kudo sajaa..

P.S. Kalau menggunakan kode referral Kudo dari saya, yakni “ALI4FLG” untuk registrasi dan bertransaksi, saldo Anda bisa terisi tambahan sebanyak Rp 30k. Cukup untuk beli paket data Internet selama seminggu kan? 🙂

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

  1. budiono says:

    luar biasa peluang untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan online ini semakin banyak pilihan. maka sungguh aneh jika masih ada pengangguran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *