Tips Praktis dan Efektif Merawat Kompor Gas

servis kompor gas membersihkan kompor gas
Dengan service kompor gas yang teratur, kejadian kompor gas tidak mau menyala akan dapat diminimalisasi.

Hari gini siapa masih pakai kompor minyak tanah? Hampir semua rumah sudah bilang dadah kepada kompor minyak tanah dan sekarang memasak dengan kompor gas. Pasalnya, kompor gas jelas jauh lebih praktis dan memakainya pun lebih bersih, daripada kompor minyak tanah yang meninggalkan jelaga di mana-mana (duh, jelaga..berasa seperti puisinya Dian Sastro di AADC..)

Tapi pernah tuh saya mengalami kejadian kompor gas tidak menyala. Atau, pernah juga saya menyalakan kompor gas, yang keluar malah api merah. Ya gelisah dong saya dibikinnya. Makanya, saya berusaha rajin merawat kompor gas, dan kalau pun kompor saya rusak, saya berusaha mencari perbaikan yang optimal. Begini nih tips yang saya kerjakan untuk merawat dan perbaiki berbagai bagian kompor gas:

1. Bersihkan tungku kompor gas

Tungku alias dudukan kompor gas itu adalah bagian kompor gas yang paling penting. Makanya, kalau sedang membersihkan kompor gas, saya juga membersihkan bagian tungku ini. Cara membersihkan tungku kompor gas biasa saya kerjakan dengan melepas penutup besinya, lalu saya lap dengan kain yang lembab sampai bersih. Kebetulan kompor saya terbuat dari stainless steel, jadi saya bersihkan tungkunya dengan lap kering. Supaya nggak berkarat, gitu. Dan saya berusaha rajin membersihkannya sebelum kotorannya telanjur mengeras. Sebab kalau kotorannya sudah mengeras, api jadi merah, Sodara-sodara..

2. Perhatikan selang dan regulator kompor gas

Sering dengar kompor gas bikin masalah macam ledakan, atau bahkan kebakaran? Biasanya itu karena gas yang bocor terperangkap di ruangan dan terakumulasi menjadi panas, sehingga pun meledak (nasib nih buat teman-teman yang dapurnya nggak punya ventilasi). Pasalnya, pemiliknya pun nggak mempraktekkan cara memasang selang gas dan cara memasang regulator kompor gas yang betul. Ciri-ciri kebocoran gas itu, biasanya terdengar bunyi regulator mendesis, dan tercium bau gas yang menyengat. Makanya, pas mau beli kompor gas, usahakan cari selang kompor gas yang paling bagus. Selang gas, dan juga regulator gas, adalah bagian kompor gas yang sangat gampang rusak, betul tidak?

3. Bersihkan corong api (burner)

Kenapa corong api atau burner gampang banget menghitam dan berkarat? Sebab bagian kompor gas yang satu ini biasanya dibikin dari tembaga atau kuningan. Makanya, burner ini mesti dibersihkan supaya kompor gas tetap bisa berfungsi. Untuk membersihkannya, saya melepaskan kawat pengikat burner dari kompor, lalu saya rendam ke larutan asam sitrat (bagaimana cara bikin larutan ini? Campurkan satu sendok makan asam sitrat dengan segelas air panas. Beli asam sitratnya di toko bahan kimia). Lalu saya sikat corong api sampai berubah menjadi warnanya yang asli, baru saya bilas dengan air yang bersih.

4. Merawat secara rutin

Ribet? A-ha-ha-ha..saya sih lebih sering merawat kebersihan kompor gas ini dengan panggil provider jasa service kompor gas saja. Ada kayaknya minimal tiga bulan sekali orang-orang pembersih kompor ini saya panggil, dan saya selalu pilih provider yang terpercaya dong. Lumayan, selama saya rutin memanggil service kompor gas ini, masalah-masalah macam kompor gas tidak menyala, atau bocornya gas et causa error-nya regulator kompor gas pun, hampir nggak pernah saya alami. Apalagi kompor rusak, wah..saya sudah lupa kapan terakhir kali itu terjadi, saking terawatnya kompor saya.

Salah satu provider yang menyediakan layanan penyedia jasa untuk perawatan dan service kompor gas ini ada di Sejasa.com. Sebab para provider di sini sudah diverifikasi semua. Masing-masing provier pun tersedia halaman business profile-nya, lengkap termasuk portofolio hasil pekerjaan mereka dan review yang sudah ditulis oleh customer yang menggunakan jasa mereka. Dengan Sejasa.com, saya pun gampang mendapatkan penyedia jasa yang sesuai kebutuhan dan budget, dan mendapatkannya pun cepat pula. Yakin deh pakai jasa dari Sejasa.com!

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *