5 Hal Penting Ini Wajib Dilakukan Setelah Berolahraga

Sudah mulai rajin berolahraga?

Wah, olahraga tentu penting sekali ya bagi kebugaran tubuh kita. Kalau kita rajin berolahraga, pasti tubuh akan lebih bersemangat dan tak mudah sakit. Bonusnya, olahraga juga membuat bentuk tubuh kita jadi lebih proporsional. Sehingga kita tidak khawatir lagi dengan jarum timbangan badan yang terus-terusan bergerak ke kanan.

Kalau mau berolahraga secara teratur, maka kita patut mempelajari hal-hal penting seputar olahraga. Bukan hanya semangat olahraga aja yang harus senantiasa dijaga. Lima hal penting ini juga wajib kita lakukan setelah berolahraga lo.

Menjalani Sesi Pendinginan

Sesi pendinginan rupanya masih belum familiar bagi kaum awam. Padahal sesi ini tidak kalah penting daripada sesi pemanasan lo. Dengan menjalani sesi pendinginan, seluruh otot dan sendi tubuh akan kembali rileks dan tidak mudah cidera akibat aktivitas fisik. Di sampin itu, tekanan darah dan metabolisme tubuh pun akan kembali pada keadaan normal.

Agar tidak terburu-buru saat menjalani sesi pendinginan, cobalah untuk melakukannya sembari mendengarkan lagu bernuansa ballad. Lagu mellow berjudul A Copy of You sangat cocok untuk menemani sesi pendinginan. Irama lagunya yang menenangkan dan disempurnakan oleh suara emas Chilla Kiana bikin kita jadi merasa lebih rileks.

Chilla KianaLantunan suara milik penyanyi muda yang satu ini memang gak perlu diragukan lagi, deh. Kini kita bisa mengakses video dan info tentang A Copy of You melalui :

Youtube                      : https://youtu.be/GE64qLi1lqk

Website                        : http://chillakiana.com/

Fanpage Facebook      : https://www.facebook.com/ChillaKianaOfficial

Gak hanya sukses bikin baper, A Copy of You akan bikin manfaat sesi pendinginanmu semakin maksimal.

Mengonsumsi Air Dalam Jumlah Cukup

Kekurangan asupan air setelah berolahraga akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi tergangggu. Akibatnya, kita rentan mengalami gangguan kesehatan seperti susah buang air besar, kelelahan, dan sulit konsentrasi. Oleh sebab itu, konsumsi air dalam jumlah cukup setelah berolahraga sangat penting. Namun jangan sampai jumlahnya terlalu berlebihan hingga menyebabkan kita jadi kembung dan merasa tidak nyaman, ya.

Luangkan Waktu untuk Beristirahat Sejenak

Usai menjalani sesi olahraga, berikan waktu pada tubuh kita untuk beristirahat sejenak. Kita bisa duduk selama 20 hingga 30 menit sebelum mandi atau melakukan aktivitas lainnya. Hal ini membuat otot-otot dan sendi tubuh kembali rileks setelah kita melakukan aktivitas fisik.

Mandi dan Segera Ganti Baju

Keringat serta kotoran yang menempel di baju setelah berolahraga berpotensi mengundang kuman dan perkembangbiakan jamur. Kalau kamu ingin kulitmu senantiasa sehat dan bersih, jangan malas mandi dan ganti baju usai beristirahat sejenak. Kamu pun akan merasa lebih segar dan siap melakukan ragam aktivitasmu selanjutnya.

Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Porsi Seimbang

Kalau sudah selesai berolahraga dan istirahat, kamu bisa memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Tanpa harus menikmati makanan berat, penganan yang terbuat dari sayuran dan buah-buahn pun bisa membuatmu kenyang. Aneka sayur dan buah yang mengandung kalori membuatmu cepat kenyang tanpa menimbun kalori berlebihan dalam tubuh.

Kini kita pasti lebih cermat menjalani rutinitas olahraga agar manfaatnya semakin maksimal. Tubuh bugar dan penampilan senantiasa awet muda bisa diperoleh secara murah dan praktis melalui olahraga.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

8 comments

  1. Ranny says:

    Olahragaku sementara ini gendong anak sambil naik turun tangga *hiks *emak banget ya hehehhe
    Biasanya mbak, abis olahraga emang lapeerr dan ya itu makan apa aja yang dilihat 😀 emang harus diubah cara buruk itu ya, makan makanan yang sehat :d

  2. Mas FIkr says:

    Berolahraga itu menyehatkan, tapi setelah olahraganya itu yang sering tidak menyehatkan. Kadang abis olahraga tidak ada sesi pendinginan. Kadang kalo abis futsal malah langsung keluyuran tidak mandi dulu, bahkan banyak yang merokok 😀
    Ijin share ya mbak artikelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *