Manfaat Hebat Susu Kambing Etawa

Susu adalah bahan minuman yang sangat kita perlukan. Manfaat susu yang terbesar tentu saja berasal dari nilai gizi yang terkandung di dalam susu. Dan bahan gizi yang terkandung dalam susu ini cukup banyak, tidak hanya tidak hanya kalsium saja.

Tapi sayangnya, Saudara-saudara, selama ini kebanyakan susu yang diminum orang cuma berupa susu sapi. Padahal, susu kambing juga mengandung manfaat susu yang sama bagusnya dari susu sapi untuk kesehatan kita. Tentu saja susu kambing yang boleh kita minum tidak boleh sembarangan, melainkan susu kambing etawa asli, supaya kita bisa mendapatkan manfaatnya yang paling optimal.

Berikut ini saya ingin berbagi manfaat susu kambing etawa.

Kandungan Susu Kambing akan Gizi

Manfaat susu kambing yang terbesar berasal dari nutrisi yang dikandungnya. Ada banyak bahan nutrien di dalam susu kambing, tapi yang paling sering disebut-sebut di kalangan media nutrisi antara lain kalsium, sodium bio-organik, dan asam lemak.

Kalsium, contohnya, merupakan alasan bagus kenapa susu kambing untuk darah tinggi begitu populer. Ini karena kalsium dalam susu dapat memperbaiki regulasi tekanan darah, dan efeknya tentu saja mengurangi hipertensi. Kalsium sendiri juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga anak-anak akan beruntung sekali kalau bisa meminum susu kambing ini.

Nutrien lainnya, yaitu bio-organic sodium, merupakan nutrien penting dari susu kambing etawa yang berperan strategis untuk mengelola sistem otot dan rangka pada tubuh. Atau dalam bahada awamnya, menjaga kelenturan sendi-sendi pada tulang-tulang kita. Atau lebih singkat lagi: mencegah encok.

Asam lemak, dari susu kambing etawa, juga bagus sekali untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

Kegunaan Susu Kambing untuk Mengurangi Penyakit

Kandungan susu kambing etawa akan nutrisi di atas tentu saja membuat susu kambing ini menjadi manjur untuk mengurangi beragam gejala penyakit.

Anda punya asma? Susu kambing untuk asma bisa menjadi pengganti susu sapi, mengingat sebagian besar asma terjadi akibat alergi pada protein tertentu yang terkandung dalam susu sapi.

Susu kambing juga menjaga daya imunitas tubuh, sehingga mengurangi terjadinya kemungkinan terpapar penyakit-penyakit yang menyerang kekebalan tubuh ini, misalnya TBC.

Susu kambing juga memiliki molekul kasein yang lebih ringan ketimbang susu sapi. Urusan beratnya molekul ini penting untuk para penderita penyakit ginjal (seperti sindroma nefrotik, misalnya). Karena penderita penyakit ini perlu molekul yang lebih ringan untuk bisa diabsorpsi alias diserap, dan di sinilah sebabnya kenapa susu kambing lebih baik ketimbang susu sapi.

Karena jumlah kalsium dalam susu kambing ini cukup tinggi, praktis susu kambing menjadi pilihan yang bagus untuk mengurangi bibit osteoporosis.

Sodium bioorganik dalam susu kambing yang menjaga kelenturan sendi pun berguna untuk mengurangi rematik kalau kita sudah jadi oma atau opa nanti.

Banyak ya ternyata manfaat susu kambing untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit? 🙂

Khasiat Susu Kambing untuk Kecantikan

sabun-susu-kambing-etawa
Susu kambing etawa seringkali menjadi bahan baku sabun untuk memutihkan kulit, akibat kandungan susu kambing yang kaya akan nutrisi antioksidan.
Gambar diambil dari sini.

Senang kulit jadi bening seperti mutiara? Coba deh bahan kosmetik dari susu kambing. Lulur pemutih maupun sabun untuk memutihkan kulit merupakan produk yang sering menggunakan susu kambing etawa sebagai bahan utamanya. Inilah sebabnya kenapa susu kambing begitu laris menjadi bahan baku pada industri kecantikan.

Pasalnya, kandungan susu kambing akan vitamin dan antioksidan membuat susu ini seringkali dieksploitasi menjadi bahan pemutih kulit untuk wajah maupun tubuh. Wujud produk akhirnya pun bermacam-macam, bisa berupa lulur susu kambing, sabun susu kambing, cream susu kambing, dan bahkan kefir. Bagi wajah sendiri, asam laktat dalam susu kambing bubuk etawa dapat menyamarkan berbagai noda hitam yang ada pada wajah. Concealer alami!

Antioksidan itu sendiri mencegah penuaan dini dan mampu bekerja untuk meremajakan kulit. Cara kerjanya sendiri sebagai anti-aging ini antara lain dengan mengencangkan kulit dan sekaligus menghaluskannya.

Dan untuk kita-kita yang wajahnya mirip tambang minyak, susu kambing juga bisa menghilangkan jerawat dan mencegahnya datang kembali pada wajah. Cobalah bikin masker dari susu kambing etawa dan lihat hasilnya.

Kelebihan Minum Susu Kambing untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui jelas merupakan populasi yang diuntungkan dengan susu kambing etawa ini. Manfaat susu kambing bagi ibu menyusui tentu saja ialah meningkatkan kandungan gizi dalam air susu ibu. Nutrien dalam susu kambing akan terserap dalam ASI, lalu terminum oleh bayi, sehingga meningkatkan kecerdasan otak sang bayi.

Ya, dari kaum pencegah penyakit, beauty freaks, sampai ibu menyusui, semuanya bisa merasakan manfaat susu kambing etawa ini. Meminumnya secara rajin bisa membuat kita lebih sehat, dan memanfaatkan usia dengan lebih baik. Senangnya lagi, produk susu kambing bubuk etawa saat ini sudah tersedia dalam berbagai rasa, tidak melulu plain. Nggak heran kan, susu kambing etawa ini makin terasa enak ketika kita meminumnya.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Susu kambing memang lebih mahal daripada susu sapi. Karena produksi susu kambing juga lebih sulit. Tetapi untuk orang-orang yang kesulitan minum susu sapi dan tetap ingin mendapatkan manfaat dari susu, maka susu kambing adalah pilihan yang sangat murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *