Review Asuspro B8230

Sore ini saya beruntung banget karena saya ditanggap untuk mencoba laptop Asus terbaru, yakni Asuspro B8230. Sebagai informasi, Asuspro ini merupakan lini khusus dari Asus berupa produk komputer yang didesain spesial untuk segmen korporat. Cocok nih untuk saya dan kawan-kawan yang berusaha sendiri menjadi wiraswasta, punya bisnis sendiri baik dalam level SOHO, UMKM, maupun yang sudah besar seperti PT dan bentuk enterprise.

Preambulenya, sebetulnya secara garis besar notebook Asuspro tersedia dalam dua serial, yaitu seri B dan seri P. Seri B Asuspro didesain untuk digunakan oleh konsumen segmen enterprise, konsumen pemerintahan, dan semacamnya yang memerlukan support IT secara penuh. Sedangkan seri P merupakan level budget dari Asuspro, cocok untuk konsumen yang menjalankan small medium business (atau lebih umum kita sebut sebagai Usaha Kecil Menengah alias UKM) dan pebisnis level SOHO.

Notebook seri B sendiri tersedia dalam beragam varian, yang sebetulnya hanya dibedakan menurut ukuran layarnya saja. Asuspro seri B diproduksi dengan beragam layar, antara lain layar 12 hingga 15 inci. Kali ini saya akan membahas salah satu produk Asuspro yang merupakan notebook seri B layar terkecil, yaitu B8230.

Baterai yang Tahan Lama

Asuspro B8230 ini menjadi istimewa karena merupakan laptop kecil yang punya baterai dengan daya tahan lama. Baterai B8230 merupakan baterai polimer 3-cells 49 Whrs, tahan untuk menyalakan notebook ini seharian, cocok untuk pegawai perusahaan besar yang seringkali harus kerja lembur.

Bahkan untuk pegawai yang harus mobile ke sana kemari dan mesti sanggup menyalakan notebooknya di mana saja, baterainya ini membuat B8230 ini akan menjadi partner yang selalu siap “on” setiap saat.

Lagipula, baterai yang kapasitasnya sedikit pun seharusnya tidak menjadi problem yang mengerikan. Cukup dicharge satu kali, maka baterai akan tetap bertahan untuk waktu yang lama. Dan baterainya sendiri bisa dilepas kok.

Material Premium Tahan Lama

Warna hitam klasik memancarkan kesan profesional dari Asuspro B8230.
Warna hitam klasik memancarkan kesan profesional dari Asuspro B8230.

Tidak cuma menjadi laptop dengan baterai yang tahan lama, material B8230 ini nampak premium dan anti baret. Dengan layar dibuat dari karbon fiber dengan cover bahan metal yang mumpuni, kesan berkelas dari warna hitamnya pun terasa ketika saya memegang notebook ini.

Konon, B8230 ini sudah melewati beragam tes dalam proses pembuatannya untuk membuktikan betapa kuatnya notebook yang satu ini. Salah satu tag dari Asuspro adalah Proven, yang mana berarti Asuspro sudah terbukti mampu bekerja pada daerah di ketinggian (pabriknya menguji notebook ini di Gunung Everest), daerah yang ekstrem dingin (misalnya di Kutub Selatan), dan bahkan di pesawat luar angkasa.

Asuspro sendiri bahkan lulus impact test. Laptop ini sudah menghadapi tes jatuh, tes goncangan, dan tes akustik, dan tetap bekerja dengan baik.

Keyboard chiclet yang cantik pada Asuspro B8230
Keyboard chiclet yang cantik pada Asuspro B8230U

Saya bahkan sempat ditantang oleh kawan saya untuk iseng menumpahkan minuman saya di atas keyboardnya. Coba Anda iseng mengingat, berapa kali Anda mendengar kolega lain di kantor menumpahkan kopi tanpa sengaja di atas keyboard komputernya ketika sedang hectic dikejar deadline? Nah, keyboard B8230 ini tahan air. Tumpahkan minuman di atasnya, cukup keringkan keyboard dengan hairdryer, dan sang notebook tetap selamat. Teman lembur yang sangat tangguh, bukan?

Desain yang Mobile

Berat Asuspro B8230 ini hanya 1,37 kg. Cukup ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Layar Asuspro B8230 Anti glare
Layar Asuspro B8230 Anti glare

Presentasi dengan laptop kecil ini pun didukung dengan layar yang anti-glare. Saya sendiri mungkin akan memerlukan layar seperti ini jika harus presentasi dengan klien secara eye-to-eye pada area outdoor atau bahkan dalam ruangan yang penuh jendela bermandikan sinar matahari.

Dan saya siap bila mesti bertukar data secara cepat dengan kolega lain menggunakan laptop ini. Port USB-nya sendiri sampai tiga biji, cocok untuk ditancapi dua flash disk dan satu hard disk eksternal sekaligus.

Keamanan Data yang Terjamin

Seringkali perusahaan menghadapi masalah keamanan dengan laptop, contohnya menghadapi pencurian laptop. Banyaknya data penting yang tersimpan di laptop menuntut perusahaan berinvestasi pada laptop yang aman, bahkan meskipun laptop itu hilang.

B8230 ternyata memiliki banyak feature keamanan penting, misalnya Fingerprint Reader, di mana laptop ini hanya bisa digunakan oleh orang yang sidik jarinya telah terekam dalam laptop ini.

B8230 juga memiliki feature Smart Card Reader, umum digunakan pada perusahaan-perusahaan minyak, di mana mereka melakukan transaksi dengan nilai yang cukup besar dan identitas penggunanya terbaca dengan menggunakan kartu kredit masing-masing yang dipindai pada laptop ini.

Dan, untuk produk B8230 yang menggunakan processor Core i5 dan i7, kita bisa memilih untuk mengganti processornya dengan Intel vPro. Keunggulan processor Intel vPro ini antara lain ialah feature perlindungan keamanan pengguna dengan Intel Identity Protection. Kalau kebetulan kita ingin mengendalikan laptop ini dari jarak jauh, Intel vPro memberi manfaat dengan feature Intel Active Management Technology. Dan jika laptop ini dicuri, kita dapat mengunci laptop secara otomatis dengan feature Anti Theft 4.0 Technology oleh Intel vPro.

Penggunaan Windows 10

Dan bagian kerennya, Asuspro B8230 ini sudah menggunakan Windows 10 sebagai operating system-nya. Dengan dikembalikannya tombol Start sebagai menu utama untuk membuka menu berikutnya, Cortana sebagai asisten pribadi yang beroperasi hanya dengan perintah suara (“Cortana, di mana saya bisa beli B8230?”,  dan task view yang bekerja efisien, membuat perusahaan mana pun percaya diri ketika bekerja dengan laptop ini.

Menggunakan Asuspro dengan Windows 10 original tentu lebih aman untuk investasi IT perusahaan kita, karena bebas dari aneka malware yang bisa mengganggu kerja kita.

Berikut ini adalah video yang saya buat ketika membuka Asuspro B8230:

 

 

Bagaimana Asuspro tampil sebagai gadget yang handal bagi sebuah komputer bisnis, bisa kita lihat pada tayangan video berikut ini:

 

Dengan sederetan spesifikasi terbaik yang diusungnya, Asuspro mantap menapak jalurnya sebagai produk komputer dengan kualitas terbaik untuk segmen bisnis masa kini. Tidak hanya mendapatkan performa yang handal dan teknologi yang luar biasa, perusahaan kita akan memperoleh user experience yang terbaik bersama lini komputer bisnis dari Asus ini.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *