Si Pink Centil Penghias Dapur

Apakah Anda berada dalam keluarga kecil yang kalau memasak hanya dengan porsi sedikit-sedikit? Atau malah dapur di rumah Anda jarang berasap karena Anda memang jarang memasak? Nah, berarti Bright Gas ini cocok banget untuk Anda.

Seminggu ini ayah saya sibuk cari-cari SPBU di Bandung yang menjual Bright Gas. Sebab minggu ini, gas LPG Pertamina yang dikemas dalam tabung gas warna fuchsia mentereng itu sedang promo. Dibanderol dengan harga tukar tambah, tinggal tukar dengan tabung gas melon saja bisa dapat gas LPG dengan harga miring.

Ayah saya sekarang cuma hidup berdua bareng ibu saya. Anak-anaknya, saya dan adik saya sudah hidup di luar kota bersama suami kami masing-masing. Di rumah orang tua saya masih ada asisten sih, tapi porsi memasak sudah jauh berkurang daripada ketika saya masih tinggal di sana dulu. Jadi pikir ayah saya, mengganti tabung gas elpiji ke ukuran yang lebih kecil adalah tindakan yang efisien.

Gas LPG Pertamina Varian Bright Gas 5,5 Kg

Jadi Bright Gas itu apa? Bright Gas ini adalah produk gas LPG Pertamina yang sengaja didesain untuk keperluan rumah tangga ukuran kecil. Untuk dapur yang jarang masak. Atau dapur yang masaknya hanya sedikit-sedikit. Cocok buat segmen target utama Pertamina, yaitu ibu-ibu yang memang nggak boleh angkat-angkat barang berat, wanita-wanita karier yang maunya serba cepat tanpa harus merepotkan orang lain.

(Pertamina memang berpikir panjang untuk mendesain LPG untuk segmen ini. Semenjak awalnya Pertamina sudah bersikukuh bahwa Pertamina cuma sudi bikin gas yang emisi hasil pembakarannya rendah dengan nilai kalori yang stabil, makanya Pertamina selalu menjadi solusi untuk menyediakan bahan bakar yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Dan dengan Bright Gas ini, tercipta nilai plus bagaimana Pertamina ingin konsumennya hidup dengan lebih efisien, bisa memasak dengan nyaman tanpa mesti panggil-panggil orang untuk mengangkat-angkat tabung gas yang berat.)

Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan
Bright Gas warna fuchsia nampak mentereng di antara tabung gas LPG warna biru, warna merah, dan Bright Gas warna ungu, di SPBU kota Surabaya.
Foto oleh saya sendiri.

Bright Gas ini bisa ditemukan dalam ukuran tabung gas 5,5 kg maupun 12 kg. Khusus dalam artikel ini, saya akan review tentang Bright Gas 5,5 kg, sesuai buat segmen pengunjung blog ini yang rerata masih jenis eksmud-eksmud yang lebih sering mengisi perut di luar rumah ketimbang memasak sendiri.

Karena beratnya cuma 5,5 kg, Bright Gas ini jelas lebih enteng dan lebih praktis ketimbang tabung gas konvensional yang selama ini sudah berberat 12 kg dan ngegotongnya bisa bikin sakit punggung itu. Ayah saya akhirnya membelinya di distributor gas Elpiji terdekat, tanpa perlu minta mas-mas pelayannya untuk menggotongnya ke bagasi mobil. Bright Gas ini bisa digotong pakai satu tangan saja, dan nggak bikin keringetan. Masih lebih gempor ngegendong anak saya yang berumur 1 tahun dan badannya goyang ke sana kemari.

Lha apa bedanya dengan tabung gas elpiji melon 3 kg kalau ini hanya masalah timbangan? Bukan, ini bukan sekedar problem timbangan, Saudara-saudara. Bright Gas ini lebih aman dibeli karena kita nggak perlu takut tertipu bahwa gas LPG yang kita beli seolah dioplos dengan gas abal-abal oleh distributor nakal.

Kepala tutup Bright Gas di-cover oleh segel hologram khusus. Segel ini berwarna dari segala arah cahaya (mereka para insinyur Pertamina itu menyebutnya Optical Color Switch), dan cuma Pertamina yang memiliki segel ini.

Segel hologramnya juga mengandung kode QR tertentu. Isi kode QR ini ialah informasi tentang lokasi di mana tabung LPG ini diisi. Kalau kita kepingin tahu Bright Gas yang kita beli ini diisi di mana, tinggal download aplikasi Pertamina di smartphone kita. Lalu scan kode QR ini dengan aplikasi itu, maka kita akan tahu di stasiun mana Bright Gas ini diisi. Transparan kan?

Termasuk kalau pun kita ini termasuk golongan gapgas alias gagap gas, pun bisa lancar jaya kalau mau memasang Bright Gas ini pada kompor apartemen kita. Tinggal baca stiker safety di manual penggunaan tabungnya, jadi kita bisa memakai tabung gas LPG ini dengan betul.

Plusnya lagi tabung LPG ini nggak akan sampai bocor, apalagi sampai bikin kebakaran yang sering banget terjadi lantaran gas terperangkap dalam dapur rumah masa kini yang kecil-kecil itu. Pertamina mengusung Bright Gas ini dengan katup Double Spindle Valve System. Atau dalam bahasa simpelnya, katup LPG ini dibikin dobel, sehingga sulit kalau gas ini mau melesak bocor keluar.

Kalau mau paham lebih lanjut tentang Bright Gas 5,5 kg ini, coba simak video berikut ini ya:


Harga LPG Bright Gas Hemat

Kan sudah ada gas elpiji melon 3 kg, ngapain beli yang 5,5 kg?

Harga tabung LPG Bright Gas 5,5 kg yang baru ialah Rp 317.500,- di agen elpiji. Sedangkan di SPBU maupun di Indomaret, harga LPG ini Rp 321.500,-. Harga isi ulangnya sendiri cuma Rp 61.500,-/tabung.

Memang harga LPG Bright Gas 5,5 kg ini lebih mahal daripada elpiji melon 3 kg. Tapi beda target konsumen, beda juga kemasan LPG-nya dong ah. Elpiji melon 3 kg itu ialah gas elpiji yang disubsidi Pemerintah untuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah. Adapun Bright Gas 5,5 kg ini tidak disubsidi Pemerintah, sebab memang ditujukan buat golongan masyarakat berpenghasilan menengah ke atas (seperti Anda yang suka baca blog saya ini).

Mesti diingat bahwa Bright Gas 5,5 kg ini ialah produk LPG aman keluaran Pertamina yang punya feature katup khusus. Katup yang dilengkapi segel spesial ini bikin Bright Gas jauh lebih aman ketimbang LPG lainnya (dan sayangnya keamanan ini nggak dimiliki elpiji melon). Ada kualitas, ya ada harga.

Lagipula kita kan mampu beli barang yang lebih baik, sedangkan jumlah masyarakat yang cuma mampu beli gas melon pun jauh lebih banyak. Mosok kita masih mau memburu barang yang lebih pantas jatuh ke tangan orang yang lebih membutuhkan?

Tapi.. sekarang Pertamina sedang getol-getolnya mengajak publik untuk tukar tambah tabung LPG mereka dengan Bright Gas 5,5 kg. Kita bisa memilih paket tukar tambah Bright Gas 5,5 kg berikut ini:

Paket A: Mendapatkan 1 tabung Bright Gas 5,5 kg dengan menukarkan 2 tabung elpiji 3 kg + Rp 104.000,-

Paket B: Mendapatkan 1 tabung Bright Gas 5,5 kg dengan menukarkan 1 tabung elpiji 3 kg + Rp 213.000,-

Paket C: Mendapatkan 1 tabung Bright Gas 5,5 kg dengan menukarkan 1 tabung Ease gas 9 kg + Rp 100.000,-

Paket D: Mendapatkan 1 tabung Bright Gas 5,5 kh dengan menukarkan 1 tabung Joy Cook + Rp 100.000,-

Dan paket tukar tambah itu bisa kita dapatkan di lokasi penjualan Bright Gas berikut ini.

Lokasi Beli Bright Gas 5,5 Kg

Bright Gas sudah bisa kita temukan di berbagai SPBU di Jabodetabek, Bandung, dan Jogja. Anda yang tinggal di Samarinda dan Makassar juga bisa menemukan agen yang jual tabung gas warna fuchsia ini. Malah Bright Gas sudah bisa dibeli di Indomaret dan agen-agen bisnis gas elpiji lainnya yang ditunjuk. Tinggal lihat daftar distributor tabung gas Bright Gas ya..

Bahkan kalau nggak sempat menjemput tabung LPG warna fuchsia gonjreng ini, tinggal telepon call center Pertamina di nomor (kode area lokal) 500-000 untuk minta delivery melalui servis Bright Gas Layan Antar.

Sekarang Pertamina sedang menggodok manajemennya supaya Bright Gas 5,5 kg bisa dijual di seluruh pelosok Jawa. Bahkan sebisa mungkin dijual di seluruh Indonesia.

Asyik kan kalau dapur jadi semarak dengan LPG tabung warna fuchsia di sebelah kompor kita? Memasak pun jadi lebih semangat deh 🙂

Apakah tabung gas di rumah Anda sudah mulai berwarna pink juga? Gimana rasanya?

Atau Anda masih pakai warna biru bahkan hijau? Cerita dong, kenapa belum mau pakai gas warna pink?

 

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

29 comments

  1. Tri Sapta says:

    3 kg juga dijamin keamanannya kan. Kualitasnya juga bagus. Nah kalau yang 5,5 ini alternatif. Untuk yang tidak mau cepat habis gasnya, bolak-balik beli gas kan repot. Sedang membeli gas ukuran 12 kg dapur berukuran kecil.
    Juga tidak enak beli yang bersubsidi

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, memang LPG 5,5 kg ini ditujukan untuk ibu-ibu yang jarang masak hard core. Supaya mereka nggak bolak-balik beli gas gitu, kan capek.
      Dan dibikin yang nggak terlalu berat juga, jadi nggak terlalu membebani gitu kalaupun harus angkat sendiri.

  2. Dina Edriani says:

    Wuaaa, yang varian ini ternyata ada 12 kg juga ya. Bulan ini suami tukar tambahnya yang varian warna ungu tua, ukuran 12 kg. Yang warna Fuchsia ini menggoda sekali warnanyaaa.

  3. ibu sapta says:

    Semenjak pake bright gas tentu saja saya lebih merasa nyaman , bisa mengangkat sendiri ,bagian kop nya tdk rewel

  4. Nathalia DP says:

    Tadinya ga terlalu tertarik, tp setelah baca ini jd kepingin ganti jg sm yg 5,5 kg… Soalnya repot kalau gas (12 kg) di rumah habis pas suami lg di luar kota…

  5. Keke Naima says:

    berarti ini yang ukuran kecil, ya? Kayaknya saya belum pernah lihat kalau di dekat rumah. Sering lihat yang ukuran besar. Coba nanti saya cari, deh 🙂

  6. Hairi Yanti says:

    Di rumah pakai yang biru 12 kg. Itu bisa ditukerin juga ga mbak? Suka sama warnanya ini. Lebih semarak deh dapur kalau tabung gasnya warna itu. Hehehe… Iya sih mbak. Yg 12 kg itu beraaat. Enakan yang ini ya.

  7. jon mulyadi says:

    Di rumah saya tiga tiga nya ada. Biru, pink, melon. Secara urutan pemakaiannya melon dulu, kalo sedang langka, pake pink (itu juga jarang bgt). Yg biru udah lama gak dipakai karena, sampai saat ini, masih relatif terakomodasi yg melon. Dan pink sesekali. Kesimpulannya, selama melon, masih mudah didapat di warung warung saya tetap gunakan, karena harganya murah dan “sudah terbiasa” ,namun, pink selalu standby untuk situasi tertentu. Trims ^-^

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Wah, mantap. Dapur kamu jadi warna-warni dong, Jon 😀

      Boleh deh pakai yang melon, sing penting seisi rumah masih tetap bisa makan ya, Jon 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *